Download our available apps

Tips Meninggalkan Motor Injeksi dalam Waktu Lama Tanpa Digunakan

Pewarta - Prana Hikmat
Tips Meninggalkan Motor Injeksi dalam Waktu Lama Tanpa Digunakan
Ilustrasi : Tips Meninggalkan Motor Injeksi dalam Waktu Lama Tanpa Digunakan

BLOG OSCAS - Motor merupakan mode transportasi yang bernilai. Selain karena nominal harganya, alat transportasi ini juga rentan akan pencurian atau kerusakan saat ditinggal. Maka dari itu, sebagai pemilik motor juga harus tahu tips meninggalkan motor injeksi dalam waktu lama yang bisa dimanfaatkan.


Ada beberapa poin penting yang harus dilakukan. Hal ini berkaitan langsung dengan keamanan motor itu sendiri. Penasaran apa saja tips yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan motornya? Simak urutan tips beserta dengan penjabarannya berikut ini untuk memahami setiap detail pentingnya:


1. Lepas Aki


Tips yang paling dasar adalah melepas aki. Saat ditinggal lama, maka motor tidak akan dipakai. Apabila aki masih terhubung dengan motor, maka hal ini akan merugikan. Karena jika dibiarkan terpasang, tidak akan ada aliran listrik yang menuju aki. Hal ini akan membuat aki menjadi rusak secara berkala.


Meski tidak digunakan, perangkat lain dalam motor masih terhubung dengan aki. Jadi, hal ini akan membahayakan aki itu sendiri dan akan membuatnya rusak seiring waktu. Sebelum bepergian lama, pastikan untuk melepas saluran aki agar aki aman dan tidak mudah rusak dalam motor.


2. Kosongkan Tangki


Untuk tips yang kedua, pastikan untuk mengosongkan tangki. Tangki yang terisi bahan bakar tidak sampai full, bisa menyebabkan korosi pada komponen motor karena bahan bakarnya menguap. Hal ini tentu saja akan membahayakan jika tidak dipakai terlalu lama karena bisa merusak motor.


Lalu bagaimana jika diisi full? Maka hal ini juga tidak dianjurkan. Karena jika ada tindak pencurian dan motor dalam kondisi full bahan bakar, maka akan memudahkan pencuri. Tidak hanya itu, jika terjadi konsleting maka motor akan mudah terbakar hebat karena bahan bakarnya penuh.


Untuk solusi yang paling aman adalah mengosongkan tangki. Dengan mengosongkan tangki, maka kemungkinan untuk terbakar sangat sedikit. Jika dibawa oleh pencuri, maka akan kesulitan membawanya karena tidak ada bahan bakar. Tips ini juga bisa mengurangi risiko kerusakan tangki.


3. Manfaatkan Standar Tengah


Motor yang terlalu lama tidak dipakai juga bisa mempengaruhi kondisi ban. Apabila terlalu lama tidak dipakai, maka ban akan kempis seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, solusi yang bernilai tepat untuk dimanfaatkan adalah dengan memakai standar tengah untuk motor yang ditinggal lama.


Dengan memakai standar tengah, maka ban belakang tidak menumpu motor secara keseluruhan. Sedangkan untuk ban depan, bisa diganjal dengan kayu yang tipis atau menggunakan kardus. Dengan demikian, ban akan terjaga dari kerusakan selama masa motor ditinggalkan oleh pemilik.


Tidak hanya itu saja, jika memanfaatkan standar tengah maka motor bisa lebih stabil. Jika hanya memakai standar samping, bukan tidak mungkin akan roboh jika terjadi goncangan. Sedangkan jika memakai standar tengah akan lebih stabil dan seimbang selama motor dibiarkan dan tidak dipakai.


4. Tambah Kunci Pengaman


Tips meninggalkan motor injeksi dalam waktu lama lainnya adalah dengan menambah kunci atau gembok. Gembok ini bisa dipasang pada bagian ban. Fungsi dari gembok adalah untuk mengamankannya dari tindak pencurian yang terjadi. Dengan gembok, maka motor akan lebih aman.


Kalau perlu, pakai gembok yang memiliki alarm yang nyaring. Sehingga, jika ada oknum yang berusaha membuka paksa kuncinya suara alarm akan terdengar nyaring. Dengan demikian, tindak pencurian bisa diminimalisir dan motor yang tidak dipakai atau ditinggal bisa terjaga secara aman.


5. Pilih Tempat yang Pas


Terakhir, pastikan untuk memakai tempat yang pas dan aman untuk parkir motor. Pastikan untuk meletakkan motor di tempat yang teduh. Karena tempat yang panas akan mempengaruhi pudarnya warna motor. Selain itu, lantai yang dijadikan tempat parkir juga harus diperhatikan secara lebih.


Jika lantai tidak rata atau miring, maka akan membahayakan motor itu sendiri. Maka dari itu, pastikan untuk menyimpannya di sudut yang memiliki lantai yang rata. Pastikan juga untuk menutupi motor dengan cover motor. Sehingga kotoran yang berjatuhan tidak langsung mengenai motor.


Penjabaran mengenai tips meninggalkan motor injeksi dalam waktu lama di atas tentunya bisa diperhatikan lebih dalam. Setiap tips penting untuk dipraktikkan. Jika ingin kondisi motor tetap prima meski telah ditinggal lama, maka semua poin tersebut bisa mulai dipraktikkan sejak dini.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita