Download our available apps

5 Cara Agar Nomor Tidak Dikenal Tidak Bisa Chat Whatsapp Paling Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Agar Nomor Tidak Dikenal Tidak Bisa Chat Whatsapp Paling Mudah
Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Kecanggihan teknologi tidak lepas dari tangan-tangan jahil, salah satu sasarannya adalah pengguna aplikasi Whatsapp. Aplikasi ini sering dimanfaatkan untuk hal-hal iseng, contohnya dengan mengirimkan chat random. Chat dari nomor tidak dikenal memang cukup meresahkan. Agar tidak terganggu dengan chat dari nomor tidak dikenal, berikut cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat Whatsapp paling mudah dilakukan:

1. Kontrol Pengaturan Privasi Whatsapp

Sebenarnya, Whatsapp sudah dibekali dengan banyak fitur termasuk salah satunya adalah fitur keamanan privasi yang bisa dipelajari sendiri. Whatsapp memiliki fitur menyembunyikan kapan waktu terakhir dilihat dan mematikan centang biru pada pesan. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan aktifitas Whatsapp seolah dalam keadaan sudah tidak aktif dan bisa mengelabui calon pengirim pesan.

Caranya cukup mudah yakni dengan masuk ke aplikasi Whatsapp dan masuk ke opsi yang berada di pojok kanan atas di layar smartphone. Lalu pilihlah setelan dan pilih akun, lalu pilih privasi. Pada menu “terakhir dilihat” pilih “tidak ada”. Kemudian mematikan laporan dibaca agar tidak muncul centang biru saat pesan masuk.

2. Manfaatkan Fitur Arsip Whatsapp

Fitur arsip pesan Whatsapp kini sudah semakin dikembangkan. Jika dulu hanya sekedar mengarsipkan pesan, kini dapat digunakan untuk menyembunyikan pesan masuk dari nomor tidak dikenal. Fitur arsip Whatsapp yang terbaru dapat membuat pesan dalam arsip tetap masuk tetapi tidak muncul pada halaman utama.

Walaupun dengan cara ini nomor tidak dikenal tetap bisa mengirim pesan, tetapi setidaknya pesan dapat disembunyikan selamanya agar tidak mengganggu. Caranya tidak perlu membuka pesan, tetapi pilih pesan dan tahan lalu pilih icon panah ke bawah. Pesan tersebut otomatis akan masuk ke arsip dan tidak akan muncul pemberitahuan.

3. Blokir Nomor Melalui Pesan Masuk

Cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat Whatsapp yakni dengan memblokir nomor. Ketika terdapat nomor yang tidak dikenal dan mengirimkan chat, bisa langsung dilakukan pemblokiran pada nomor tersebut. Jika memblokir nomor biasanya dilakukan dari nomor yang sudah disimpan, tetapi kali ini bisa langsung dari pesan masuk.

Jangan terburu menghapus pesan masuk dari nomor yang tidak dikenal. Buka pesan tersebut dan jangan dibalas sama sekali langsung pilih menu di kanan atas lalu pilih “lainnya” kemudian “blokir”. Cara ini bertujuan agar nomor tersebut tidak bisa lagi mengirimkan pesan.

4. Laporkan Nomor Tidak Dikenal

Cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat Whatsapp bisa dengan melaporkan nomor pengirim pesan pada pihak Whatsapp. Jika pesan masuk dari nomor tidak dikenal dirasa cukup sering, maka laporkan saja nomor pengirim pesan tersebut. Caranya hampir sama dengan memblokir yakni buka saja pesan dari nomor tidak dikenal.

Setelah itu pilih opsi di kanan atas dan pilih “lainnya” lalu “laporkan”. Dengan cara tersebut maka pesan akan terhapus dan terkirim ke pihak Whatsapp. Kemudian pihak Whatsapp akan melakukan pemantauan pada nomor tersebut.

5. Blokir Otomatis Menggunakan Bantuan Aplikasi Lain

Jika ingin lebih terproteksi dari nomor tidak dikenal yang selalu mengirimkan pesan ke Whatsapp bisa menggunakan bantuan aplikasi lain. Banyak aplikasi di Playstore yang dapat membantu Whatsapp untuk memblokir nomor tidak dikenal. Salah satu yang bisa dicoba yakni aplikasi TrueCaller.

Download aplikasi TrueCaller lalu buka aplikasi dan masukkan nomor yang sedang digunakan pada Whatsapp dan lengkapi identitas yang diminta. Kemudian pada pojok kiri atas aplikasi pilih menu blokir dan aktifkan pengaturan yang ada di dalamnya. Pilih “Spammer Top” dan nomor yang tidak dikenal untuk memblokir pesan masuk.

Itu tadi adalah beberapa cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat whatsapp. Pilih salah satu cara tadi jika merasa ada pesan masuk yang cukup meresahkan. Pastikan selalu menjaga keamanan Whatsapp agar tidak mudah menerima pesan tidak dikenal.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita