Download our available apps

Jangan Asal Gosok! Ini Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Plastik

Pewarta - Prana Hikmat
Jangan Asal Gosok! Ini Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Plastik
Foto : Bekas Lem Power Glue Pada Plastik

BLOG OSCAS - Bagaimana cara menghilangkan bekas lem power glue pada plastik? Tidak sedikit yang bingung untuk menjawab pertanyaan ini. Pasalnya lem power glue atau yang sering disebut dengan lem G adalah lem sianoakrilat yang memiliki daya rekat sangat kuat.

Mengingat daya rekatnya tersebut memang cukup sulit membersihkannya ketika sudah menempel pada benda plastik. Misalnya saja pada bodi motor yang akan merusak tampilan kendaraan kesayangan.   

Kamu tak perlu bingung soal solusinya, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan berikut ini.

Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Plastik yang Benar


Kerusakan yang diakibatkan lem power glue ini pada benda plastik cukup fatal. Lem yang sudah mengering akan mengeras pada permukaan plastik. Jika dibersihkan sembarangan akan membuat permukaan plastik ikut rusak.

Lem dapat membekas jika dibersihkan sembarangan. Oleh karena itu cara menghilangkan bekas lem power glue pada plastik harus dilakukan perlahan. Kamu tidak bisa melakukannya dengan terburu-buru.

Berikut ini pilihan cara menghilangkan bekas lem g pada plastik jenis apapun.

1. Membersihkan dengan Air Panas


Cara yang paling simpel adalah memanfaatkan air panas. Cara ini bisa digunakan ketika lem yang menempel tidak terlalu tebal. Tidak perlu menggunakan alat khusus karena lem nantinya dapat mengelupas setelah terkena air panas.

Cara menghilangkan bekas lem power glue pada plastik dengan air panas adalah menuangkan secara langsung. Tunggu sampai lem mulai mengelupas dan tidak terlalu panas.

Kelupas lem menggunakan tangan, kamu bisa memanfaatkan kuku. Kelupas pelan-pelan sampai habis.

2. Membersihkan dengan Spatula Plastik


Cara yang pertama ini perlu upaya dan juga waktu yang lama. Kamu bisa melakukannya jika bekas lem tidak terlalu banyak pada permukaan plastik.

Pertama, basahi bekas lem dengan air panas terlebih dahulu. Kemudian tunggu sebentar hingga lapisan lem mulai melunak. Baru kelupas lem dari bagian pinggirnya menggunakan spatula plastik.

Dorong dengan spatula perlahan sampai noda lem mulai hilang. Jika lapisan noda masih tipis, maka akan hilang dengan lebih cepat. Kamu bisa menambahkan air panas kembali jika lem masih terlalu keras.

3. Merendam dengan Air Sabun


Cara menghilangkan bekas lem power glue pada benda  plastik ternyata juga bisa memanfaatkan air panas yang dicampur dengan sabun. Kamu bisa merendam benda plastik yang terkena lem dengan air sabun tersebut.

Langkahnya, siapkan air panas atau hangat kemudian tambahkan sabun cair. Aduk hingga merata  kemudian rendam handuk atau kain ke dalamnya. Letakkan kain tersebut di atas plastik yang terkena lem.

Lapisi kain dengan plastik agar suhu panas dan sabun cepat melunakkan lem. Diamkan selama beberapa jam, lepaskan dan kelupas menggunakan tangan. Jika masih ada bagian yang keras, ulangi lagi langkah ini.

4. Menggunakan Cairan Aseton


Cara menghilangkan bekas lem power glue pada plastik yang selanjutnya adalah memanfaatkan aseton. Bahan untuk menghilangkan kutek ini mengandung alkohol yang bisa membersihkan lem.

Kandungan alkoholnya cukup aman jika ingin digunakan untuk membersihkan lem super di permukaan bodi kendaraan. Karena tidak akan merusak lapisan catnya. Cara menggunakannya cukup teteskan aseton di permukaan lem.

Tunggu agar alkohol bekerja meresap ke dalam lem. Ketika sudah mulai melunak kamu bisa mengelupasnya menggunakan kain kering. Gosok sampai lem mengelupas habis.

5. Menggunakan Alkohol


Apabila keempat cara di atas tidak mempan maka pilihan terakhir adalah dengan alkohol. Hanya saja cara ini tidak disarankan jika kamu ingin membersihkan lem pada bodi mobil.

Karena alkohol akan merusak lapisan cat di permukaan plastik. Lebih baik melakukan uji coba pada sedikit bagian. Kamu tinggal membasahi kain menggunakan alkohol dan gosok di permukaan plastik yang terkena lem.

Selain kain, kamu juga bisa menggunakan kapas yang teksturnya lembut. Setelah bersih, lap permukaan plastik dengan kain yang sudah dibasahi air sabun. Tujuannya mengangkat sisa lem saja.

BACA JUGA :

Begini Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue di Body Mobil


Semua cara menghilangkan bekas lem power glue pada plastik ini bisa kamu praktekkan satu per satu. Selalu perhatikan caranya dengan benar, sehingga permukaan plastik tidak mengalami kerusakan.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita