Download our available apps

7 Cara Menghilangkan Cat Kayu di Tangan Sampai Bersih

Pewarta - Prana Hikmat
7 Cara Menghilangkan Cat Kayu di Tangan Sampai Bersih
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Cat Kayu di Tangan

BLOG OSCAS - Selesai mengecat kursi atau meja kayu, cat yang menempel di tangan akan terlihat kotor. Tenang saja ada pilihan cara menghilangkan cat kayu di tangan yang dapat diikuti.

Caranya sendiri ternyata cukup mudah dan murah. Kamu bisa memanfaatkan beberapa bahan yang tersedia di rumah. Seperti apa cara lengkapnya bisa kamu simak dulu.

7 Macam Cara Menghilangkan Cat Kayu di Tangan dengan Mudah


Bahan larutan cat kayu, baik itu yang terbuat dari minyak atau air mudah menempel pada kulit. Meskipun sudah berhati-hati dalam mengecat, cat dengan mudah menimbulkan noda di kulit.

Jika noda cat menempel pada pakaian, maka kamu harus cepat mengatasinya. Cara menghilangkan cat di baju adalah dengan mencucinya. Namun untuk noda yang menempel di tangan, mencuci saja tidak cukup.

Ada beberapa macam cara membersihkan cat kayu di tangan berikut ini yang bisa jadi pilihannya.

1.    Membersihkan dengan Alkohol


Cara menghilangkan cat kayu di tangan yang pertama adalah mengandalkan alkohol. Biasanya cara ini dilakukan untuk cat kayu berbahan minyak dan sudah mengering di tangan.

Langkahnya adalah dengan mencuci tangan dan mengoleskan sedikit minyak bayi. Baru gosok kulit yang terkena cat dengan sedikit alkohol sampai terangkat.

Apabila sudah bersih, kamu bisa mencuci tangan kembali dengan air sabun untuk mengangkat sisa alkohol yang menempel.

2.    Memanfaatkan Minyak Kayu Putih


Apabila tidak ada alkohol di rumah, maka cara menghilangkan cat kayu dari tangan bisa dengan minyak kayu putih. Efeknya pun tidak membuat kulit kering seperti alkohol.

Pertama-tama basahi dengan air kemudian keringkan. Oleskan minyak kayu putih pada noda cat kayu di tangan sampai cat terkikis. Tidak perlu menggosok keras agar tidak lecet.

Baru setelah bersih jangan lupa untuk tetap mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Noda cat kayu pun akan langsung hilang.

3.    Membersihkan dengan Minyak Goreng


Minyak sayur atau minyak goreng pasti ada di rumah, bahan ini cukup efektif juga menghilangkan noda cat. Cara menghilangkan cat kayu di tangan bisa dimulai dengan membilas dengan air sabun hangat terlebih dahulu.

Baru setelah itu tuangkan sedikit minyak di bagian cat, Langsung saja gosok tangan hingga cat terlepas. Biasanya membutuhkan beberapa saat jika cat kayu yang menempel cukup tebal.

Apabila cukup sulit, kamu bisa menambahkan sedikit garam kasar yang akan bekerja sebagai scrub. Gosok kembali sampai cat hilang baru bilas dengan air sabun yang hangat agar tangan tidak berminyak.

4.    Mengoleskan Selai Kacang


Tidak menemukan minyak goreng di rumah? Alternatif lainnya adalah selai kacang. Selai ini biasanya juga memiliki kandungan minyak sekaligus scrub yang dapat mengangkat noda cat kayu.

Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, kamu bisa mencuci tangan kemudian oleskan selai kacang di bagian noda cat. Gosok pelan sampai cat mengelupas dan tangan bersih.

Jangan lupa untuk melanjutkan membersihkan tangan dari sisa selai kacang menggunakan air sabun. Cara ini juga tidak akan membuat tangan lecet atau kering selama pelan saat menggosoknya.

5.    Tisu Basah


Tisu basah juga bisa menghilangkan cat kayu dengan lebih cepat. Beberapa tisu basah ada yang sudah dilengkapi dengan kandungan alkohol. Tisu ini akan mempercepat proses pembersihan.

Kamu cukup menggosok noda cat dengan tisu basah sampai cat benar-benar hilang. Apalagi jika menggunakan cat kayu berpelarut air maka akan lebih cepat hilangnya.

6.    Gula Pasir


Jika garam dicampur dengan minyak goreng bisa menjadi scrub, kamu juga bisa menggunakan gula pasir. Caranya adalah dengan meletakan satu sendok makan gula pasir di area tangan yang bernoda cat.

Kemudian gosok perlahan secara merata maka noda lama kelamaan akan terangkat. Cara ini akan melembabkan noda cat yang mengering sehingga terjadi proses eksfoliasi.

7.    Mayonaise


Cara terakhir adalah menggunakan mayonaise yang juga bersifat licin sama seperti minyak. Tahapan penggunaannya dimulai dengan mengoleskan mayonaise secukupnya di tangan.

Tunggu saja 2 hingga 3 menit sampai ada reaksi pengelupasan noda cat. Terakhir kamu bisa langsung membilasnya. Tidak perlu menggosok dan noda pun akan hilang.

BACA JUGA :

5 Cara Menghilangkan Getah Pisang Pada Pakaian Berwarna dengan Mudah dan Praktis


Ketujuh cara menghilangkan cat kayu di tangan ini tentunya tidak sulit untuk dipraktekkan. Kini kamu tidak perlu bingung lagi jika ada noda cat kayu di tangan atau area kulit lainnya.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita