Download our available apps

Inilah 3 Solusi dan Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga

Pewarta - Prana Hikmat
Inilah 3 Solusi dan Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga

BLOG OSCAS - Minyak Geliga merupakan obat luar yang aman digunakan untuk menghilangkan segala rasa sakit. Minyak jenis ini sering menjadi alternatif dalam meredakan badan pegal dan masalah kesehatan lainnya. Namun bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga jika terlalu banyak mengoleskan minyak ke badan?


Panas minyak Geliga memang membuat nyaman seperti diurut. Namun dalam penggunaannya, Anda harus hati-hati karena panas yang akan dihasilkan cukup tinggi. Meskipun pada awalnya panas yang dihasilkan tidak terlalu berpengaruh, tetapi lama kelamaan akan terasa dan menyengat.


Minyak otot Geliga dapat dengan mudah ditemukan di warung dengan harga yang ekonomis. Meskipun demikian, fungsi dari minyak Geliga panas ini cukup beragam dan dapat membantu penggunanya untuk meredakan rasa sakit.


Fungsi Minyak Geliga


Sebelum membahas lebih jauh tentang Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga, tahukah Anda apa saja fungsi dari minyak otot yang satu ini? Jika belum, maka kami akan memberikan jawabannya.


Jadi minyak Geliga adalah obat luar yang bisa dikategorikan sebagai balsam. Gunanya adalah untuk meredakan nyeri akibat pukulan, keseleo, memar, dan pegal pada otot. Untuk menggunakan balsam ini Anda hanya perlu mengoleskan minyak Geliga secukupnya pada bagian yang terasa sakit.


Pastikan untuk tidak menggunakan balsem secara berlebihan karena akan terasa sangat panas. Selain jenis balsam, Anda juga bisa menemukan minyak Geliga cair dengan manfaat yang sama. Minyak ini juga lebih aman dibandingkan mengkonsumsi obat yang berbahan dasar kimia.


Pasalnya balsem Geliga terbuat dari bahan methyl salicylate, camphor oil, dan menthol yang ampuh untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi. Semakin banyak Anda mengoleskan minyak ke badan, maka akan semakin tinggi pula rasa panas yang akan dirasakan.


Nah jika Anda sudah terlanjur mengoleskan balsem dengan banyak, jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan solusi dan Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga. Yuk simak jawabannya di bawah ini.


3 Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga


Meskipun rasa panas yang Anda rasakan ini akan hilang dengan sendirinya, tetapi jika dirasa terlalu panas hal ini akan membuat sensasi menyengat yang tidak nyaman. Untuk mencegah hal tersebut, mari ketahui bagaimana cara menghapus panas balsem seperti yang akan kami bahas berikut ini.


1. Basuh Menggunakan Air Mengalir


Cara pertama untuk menghilangkan panas pada bagian tubuh yang terkena balsam adalah dengan membasuhnya menggunakan air mengalir. Cara ini sangat ampuh untuk dilakukan karena air mengalir mampu menetralkan rasa panas akibat balsam.


Basuhlah bagian tubuh yang diolesi balsem dengan air mengalir selama 15 menit hingga rasa panas hilang. Pastikan untuk tidak menggunakan air panas atau hangat karena akan memperburuk keadaan tubuh Anda.


2. Ganti Baju


Setelah membasuh bagian yang terkena balsem, selanjutnya sangat disarankan untuk mengganti baju. Pasalnya jika Anda terus menggunakan baju yang sama, bisa jadi ada bagian yang terkena balsem sehingga panasnya akan terus menempel kembali pada tubuh Anda.


Tidak hanya itu, baju baru juga akan memberikan sensasi dingin pada tubuh karena belum pernah digunakan. Inilah kenapa mengganti baju untuk menghilangkan panas karena balsem Geliga sangat disarankan.


3. Kompres Menggunakan Air Dingin


Untuk menghilangkan rasa panas pada bagian tubuh yang terkena balsem, maka harus diimbangi dengan sensasi dingin. Oleh karena itu, jika kedua cara diatas tidak mempan untuk mengusir rasa panas, lakukanlah cara ketiga.


Anda bisa mengompres bagian tubuh yang diolesi balsem menggunakan air dingin. Jangan lepaskan kompresan hingga rasa panas hilang. Cara menghilangkan panas balsem pada kaki ini cukup ampuh untuk menyembuhkan peradangan karena panas balsem.


Dalam menggunakan balsem Geliga Anda tidak boleh main-main dan harus waspada. Bukan tanpa alasan, obat otot yang satu ini memiliki daya panas yang tinggi apalagi jika digunakan pada area yang sensitif.


Nah dengan demikian, sekarang tidak ada alasan lagi untuk Anda dalam menggunakan balsem otot secara berlebihan. Yuk segera coba Cara Menghilangkan Rasa Panas Akibat Minyak Geliga di atas untuk mengatasi rasa panas karena balsem.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita