Download our available apps

Ternyata Ini Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Iphone

Pewarta - Prana Hikmat
Ternyata Ini Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Iphone
Foto : Bercak Hitam di Layar Iphone

BLOG OSCAS - Pernah mengalami kejadian munculnya titik-titik hitam di layar iPhone? Bagaimana cara menghilangkan bercak hitam di layar iPhone ini? Keluarnya bintik hitam di layar iPhone  ini adalah tanda kerusakan LCD pada iPhone yang harus segera diatasi.

Saat muncul bintik hitam ini kamu tak perlu panik karena masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum pergi ke tempat servis iPhone. Apa saja cara yang bisa kamu lakukan, yuk intip di sini.

Cara Menghilangkan Bercak Hitam di Layar Iphone yang Ampuh


Kerusakan karena bintik hitam ini disebut dengan dead pixel, penyebabnya adalah kerusakan pada transistor LCD. Setiap layar LCD dibentuk dengan sub pixel yang diwakili oleh transistor.

Jadi apabila transistor mengalami masalah maka warna tidak akan sempurna. Penyebab lainnya juga karena liquid yang tidak terdistribusi merata pada display. Bintik hitam ini akan terlihat kecil namun akan mengurangi kinerja dari LCD.

Untungnya ada beberapa cara menghilangkan bercak hitam di layar iPhone bisa dilakukan di rumah. Apa saja itu, simak berikut ini.

1. Menekan Layar LCD


Cara yang pertama ini cukup efektif karena sudah banyak dilakukan dan bisa langsung berhasil. Kamu bisa menekan layar dengan tangan, tapi jangan menggunakan kuku. Bisa juga dengan kain yang lembut.

Pertama-tama, cari bagian bintik hitam kemudian tekan titik tersebut dengan kain lembut. Penekanan bisa dilakukan selama beberapa detik dan ulangi tiga kali.

Usai menekan matikan iPhone dan nyalakan kembali. Seharusnya bintik hitam sudah hilang, jika belum berhasil kamu bisa mencoba cara lainnya.

BACA JUGA :

Cara Membersihkan Layar HP Touchscreen Dengan Minyak Kayu Putih


2. Memanfaatkan Metode Pendinginan


Ada juga cara menghilangkan bercak di layar hp iPhone yaitu dengan menggunakan metode pendinginan. Cara ini cukup efektif karena mendinginkan ponsel secara keseluruhan.

Sebelum mendinginkan iPhone, kamu harus melepaskan terlebih dahulu casing, baterai, simcard dan juga memorinya. Masukan ponsel ke wadah plastik yang tertutup rapat serta kedap udara.
Setelah itu simpan hp ke dalam freezer selama 5 sampai 7 jam dan keluarkan. Diamkan hp sampai memiliki suhu ruangan, jangan lupa keluarkan dari plastik. Lap iPhone dengan kain, kamu bisa menyemprotkan angin kompresor.

Setelah kering, pasang sim card, kartu memori, dan juga baterai. Nyalakan, dan cek apakah bercak hitam sudah menghilang.

3. Menghangatkan Ponsel


Ketika layar iPhone hitam di pojok atau bintik di tengah-tengah artinya telah terjadi dead pixel. Cara menghilangkan bercak hitam di layar iPhone selanjutnya adalah dengan menghangatkannya.

Jika metode pendinginan tidak berhasil, kini kamu bisa coba mengelap dengan kain. Nyalakan layar terlebih dahulu, siapkan handuk lembut yang sudah dihangatkan. Setelah itu usap pelan tanpa ditekan beberapa kali.

Kamu bisa mengelapnya selama beberapa kali dan cek apakah dead pixel sudah hilang. Apabila belum berhasil, cek cara selanjutnya.

4. Lepaskan Tempered Glass dan Bersihkan


Pada cara menghilangkan bercak hitam di layar iPhone yang keempat ini lebih simpel. Kamu hanya perlu melepaskan tempered glass terlebih dahulu kemudian membersihkan permukaan layarnya.

Kamu bisa memanfaatkan cairan LCD khusus yang bisa dibeli di tempat aksesoris iPhone. Biasanya titik hitam ini muncul bukan karena dead pixel tetapi kotoran atau debu yang masuk di bawah tempered glass.

Cara membersihkannya adalah dengan memanfaatkan kain lembut. Basahi kain tersebut dengan cairan pembersih LCD. Pastikan tidak terlalu banyak menggunakan cairan pembersih. Lap sampai kering dan pasang tempered glass kembali.

5. Menggunakan JScreenFix


Pilihan terakhir jika karena masalahnya adalah dead Pixel adalah dengan bantuan software pihak ketiga yaitu jscreenFix.com. Kamu tinggal akses saja websitenya kemudian scroll sampai bagian bawah.

Tinggal pilih saja bagian menu Launch JScreenFix akan muncul frame yang bisa kamu drag, diarahkan ke bagian bintik hitam. Diamkan sekitar 10 menit dan hilangkan frame.

Kamu bisa cek apakah layar iPhone sudah bebas dari bintik hitam. Apabila cara menghilangkan bercak hitam di layar iPhone ini masih juga tidak berhasil, maka cara satu-satunya adalah mengganti LCD.

BACA JUGA :
Cara Menghilangkan Goresan Pada Pinggiran Hp


Penggantian LCD hanya bisa dilakukan di tempat servis iPhone dan pastikan tidak untuk melakukannya sendiri. Biasanya penggantian membutuhkan beberapa waktu yang tidak terlalu lama.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita