Download our available apps

5 Buah yang Sangat Bermanfaat Untuk Tubuh

Pewarta - Wildan Mustofa
5 Buah yang Sangat Bermanfaat Untuk Tubuh
Ilustrasi buah-buahan. Sumber: (Shutterstock/RossHelen)

Buah merupakan salah satu makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak. Pada umumnya sanga baik dikonsumsi setiap hari. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan pentingnya mengkonsumsi buah. Bahkan ada sebagian orang yang tidak terlalu menyukai buah.

Pada artikel kali ini, kami akan paparkan salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Apa saja itu? Simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Merupakan buah yang paling sering dijumpai baik di pasar tradisional maupun swalayan. Pisang kaya akan kandungan potasium, vitamin, dan mineral. Dalam satu buah pisang tersedia sekitar 12 persen potasium yang pastinya dibutuhkan tubuh.

Buah ini juga memiliki kandungan pektin yang bisa meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan pencernaan. Bukan hanya itu saja, pisang juga tinggi karbohidrat yang bisa memberikan rasa kenyang. Tak heran pisang banyak dijadikan menu pilihan saat menjalani diet.

2. Semangka

Semangka adalah salah satu buah-buahan yang segar dan bisa melepas dahaga saat cuaca panas. Buah khas negara tropis ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya ialah vitamin A dan C. Seperti yang kita tahu kedua zat tersebut berperan penting untuk mencegah dan membunuh sel kanker.

Selain itu, semangka juga mengandung cucurbitacin E dan likopen. Zat tersebut berhubungan dengan penurunan risiko kanker pada sistem pencernaan dan dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Mengonsumsi semangka yang mengandung likopen juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol jenuh dan mengontrol tekanan darah.

3. Blueberry

Sama seperti nanas, buah ini juga mengandung banyak vitamin C. Dengan mengonsumsi buah blueberry, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya ialah sebagai benteng pertahanan dari infeksi saluran kemih, serangan flu, hingga kanker.

Vitamin C dalam buah ini bertindak sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh dan membuat tubuh lebih bagus nan sehat. Manfaat lainnya yang tak kalah menarik ialah bisa mendukung kesehatan gusi, lho.

Kamu disarankan mengonsumsi buah blueberry sebanyak 1 cangkir maka kebutuhan vitamin C harian akan terpenuhi sebesar 24 persen.

Nah, itu dia 3 buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kamu paling suka buah apa nih?

Pewarta : Wildan Mustofa
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita