Download our available apps

5 Cara Menggunakan Serum Rambut Agar Hasil Maksimal

Pewarta - Dian Ahcmadi
5 Cara Menggunakan Serum Rambut Agar Hasil Maksimal
Ilustrasi serum rambut. Sumber (Paxels).

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau adalah impian semua orang. Nah, agar impian itu menjadi nyata, banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya menggunakan rangkaian perawatan rambut, yaitu serum.

Cara menggunakan serum rambut itu sangat mudah. Pada umumnya, serum ini berfungsi untuk melindungi rambut agar tidak mudah rusak, patah, hingga bercabang. Serum rambut biasanya memiliki kandungan aktif. Salah satu bahan yang digunakan biasanya silikon untuk melapisi rambut dan memproteksi rambut dari kerusakan.

Meskipun mudah bukan berarti serum bisa digunakan secara suka-suka. Terdapat trik agar hasilnya maksimal. Simak selengkapnya di bawah ini.

1.      Gunakan serum sesuai kebutuhan rambut

Pilihlah serum dengan kebutuhan rambut. Caranya dengan memperhatikan kandungan dari serum itu sendiri. Misalnya, kamu memiliki permasalahan rambut rontok maka pilihlah serum dengan indikasi untuk rambut rontok.

Memilih serum secara asal-asalan akan membuat keluhan rambut tidak teratasi dengan baik. Oleh karena itu, kamu bisa lebih teliti dan mencari referensi terlebih dahulu di internet.

2.      Aplikasikan serum secukupnya

Pada saat mengaplikasikan serum, jangan terlalu banyak atau sedikit. Kamu bisa menggunakan secukupnya dengan cara meneteskan secara perlahan. Terlalu banyak menggunakan serum rambut akan mudah membuat rambutmu lepek.

3.      Hindari penggunaan di akar rambut

Cara menggunakan serum rambut selanjutnya adalah hindari penggunaan area akar rambut. Pasalnya, pada dasarnya serum memiliki fungsi untuk merawat batang rambut agar tidak patah dan bercabang. Jika sampai mengenai akar rambut maka akan mudah lepek dan rentan berketombe.

4.      Gunakan serum setelah keramas

Kamu bisa menggunakan serum setelah keramas terlebih dahulu. Jangan gunakan tanpa keramas meski kamu merasa rambut masih bersih. Menggunakan serum tanpa keramas bisa menjadi berminyak dan menambah masalah yang baru.

5.      Pastikan serum merata

Saat menggunakan serum rambut jangan terlalu buru-buru. Kamu bisa menyisir rambut menggunakan jari dan mengusap secara lembut agar serum merata. Tentunya agar hasil lebih maksimal.

Nah, itu dia cara menggunakan serum rambut dengan mudah. Pastikan kamu mengikuti step-step di atas dengan benar ya. Semoga bermanfaat!

 

Pewarta : Dian Ahcmadi
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita