Download our available apps

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Gallery Vault dengan Praktis

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengembalikan File yang Hilang di Gallery Vault dengan Praktis
Ilustrasi : Gallery Vault

BLOG OSCAS - Banyak orang yang terbantu dengan adanya aplikasi gallery vault ini. Namun meskipun begitu, banyak juga yang belum tahu cara mengembalikan file yang hilang di Gallery Vault.


Fungsi utama Gallery Vault yang menjaga privasi pengguna dengan menyembunyikan file-file penting mereka, terkadang justru membuat beberapa orang tiba-tiba kehilangan file mereka.


Bukan karena kesalahan gallery vault sebenarnya. Hanya saja belum banyak orang yang paham bagaimana mekanisme pencarian dan pengembalian file di gallery vault yang tiba-tiba hilang.


Dibalik berbagai fitur unggulan yang dimilikinya, ternyata ada juga kelemahan Gallery Vault. Mulai dari penyimpanan yang tidak online, jadi kita harus mencadangkan file yang disimpan.


Sampai dengan sulitnya aplikasi dibuka karena tidak merespon panggilan akibat ganti perangkat atau install ulang.


Jika sudah begitu, maka cara membuka Gallery Vault yang bisa Anda coba yakni dengan mengakses menu 'kelola ruang' pada aplikasi tersebut. Anda bisa menemukannya di opsi pengaturan sistem—aplikasi—Gallery Vault.


Lalu, bagaimana dengan cara mengembalikan file yang hilang di Gallery Vault? Anda bisa mencoba beberapa cara berikut!


Cara Mengembalikan File yang Hilang di Gallery Vault dengan Cepat


Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, ketika file yang disimpan dalam Gallery Vault tiba-tiba menghilang. Baik karena kesengajaan dari pihak lain, ataupun ketidaksengajaan Anda ketika mengakses aplikasinya.


Inilah beberapa cara mengembalikan file yang hilang dengan cepat.


1. Telusuri Penyebab Hilangnya File


Untuk bisa memutuskan aksi yang tepat dalam mencari file yang hilang, Anda harus tahu dulu penyebab hilangnya. Itu bisa dilakukan dengan mengirimkan email pada pihak pengembang aplikasi.


Setelah penyebab diketahui, maka tentukan aksi paling tepat untuk mengembalikan file tersebut. Untuk itu Anda membutuhkan menu 'temukan file yang hilang'. Dijamin file yang hilang akan segera ditemukan.


2. Lakukan Pencadangan


Cara kedua ini sebenarnya lebih kepada pencegahan. Namun jika Anda terapkan, ketika file benar-benar hilang, maka Anda hanya perlu mencari di tempat pencadangan.
Kami merekomendasikan untuk pengaktifan sinkronisasi cloud. Tujuannya yaitu untuk mensinkronkan seluruh file di Gallery Vault dengan Google Drive Anda.


3. Menggunakan Aplikasi DiskDigger (Root)


Ketika Anda menggunakan versi pro dari aplikasi ini, maka dapat dengan mudah mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus, apapun bentuknya.


Namun jika Anda masih menggunakan versi gratisnya, harus puas dengan kemampuan mengembalikan file berupa foto dan video saja. Meskipun begitu, tentu ini sudah sangat membantu Anda. Sebab tidak jarang file penting yang sifatnya privasi berupa foto dan video.


Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan root terlebih dahulu. Jika ini sesuai dengan kebutuhan Anda, bisa segera unduh aplikasinya, gratis!


4. Aplikasi Dumpster Image and Restore Video


Sebenarnya fungsi dari aplikasi ini bukan mengembalikan file yang hilang tetapi lebih mengarah pada langkah antisipasi.


Ya, kinerja aplikasi ini menyerupai recycle bin. Dimana ketika terdapat file penting yang tidak sengaja terhapus, sudah otomatis dicadangkan. Bedanya ada pada peruntukkan perangkat saja. Recycle bin untuk PC atau laptop, sedangkan aplikasi ini untuk Android.


Nah, itulah beberapa cara mengembalikan file yang hilang di Gallery Vault yang bisa Anda coba. Selain cukup mudah langkah-langkahnya, cara ini juga terbilang cepat untuk menyelesaikan masalah Anda.


Untuk memastikan semua file yang Anda simpan di Gallery Vault aman dan tak akan hilang, maka hindari pemindahan file, penggantian nama file, atau bahkan menghapus lalu menginstall ulang aplikasi.


Apabila Anda memang perlu menggunakan aplikasi penghapus, maka pastikan semua file di dalamnya sudah melalui proses pencadangan. Anda cukup mengakses menu cara mencadangkan dan memulihkan. Dengan begitu bisa dipastikan semua file Anda aman.

BACA JUGA :

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Jam di Lockscreen Samsung


Demikian sedikit informasi dan penjelasan yang bisa kami berikan terkait cara mengembalikan file yang hilang di Gallery Vault. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi yang efektif bagi permasalahan Anda tentang cara mengembalikan file yang hilang.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita