Download our available apps

Cara Merawat Aki Motor Kering Supaya Awet

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Merawat Aki Motor Kering Supaya Awet
Ilustrasi : Cara Merawat Aki Motor Kering Supaya Awet

BLOG OSCAS - Dibandingkan aki basah, aki kering merupakan aki yang saat ini tengah populer di kalangan pengguna motor. Hal ini dikarenakan aki kering lebih minim perawatan dibandingkan aki yang lain. Lalu bagaimanakah cara merawat aki motor kering supaya bisa awet digunakan? Berikut akan diulas caranya.


Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa aki pada kendaraan motor berfungsi sebagai sumber tenaga listrik. Pencahayaan sampai pada mesin motor ini bergantung pada akinya. Untuk itu diperlukan perawatan yang baik dan benar pada alat vital kendaraan ini agar bisa beroperasi dengan baik.


Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah


Sebelum membahas caranya, terlebih dulu mari mengetahui perbedaan antara aki basah dan juga jenis aki kering ini. Sebenarnya jenis aki basah dan juga aki kering memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi, penggunaanya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kendaraan ya.


Aki basah cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan aki kering. Selain itu dari segi pemakaian, aki basah lebih lama digunakan karena berisikan air yang bisa diisi ulang apabila airnya habis. Dari segi perawatan sendiri aki kering masih lebih mudah dan minim biaya perawatannya.


Cara Merawat Aki Motor Kering yang Baik dan Benar


Berhubung yang menjadi poin utama pada artikel kali ini adalah aki kering, jadi yang akan dibahas adalah bagaimana merawat aki kering itu sendiri. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah:


1. Rutin Mengoperasikan Motor


Ini adalah cara  termudah yang dapat dilakukan guna merawat aki motoring kering agar tetap awet. Jika tak berniat menggunakannya pada hari-hari tertentu, maka cukup panaskan mesin 10-15 menit setiap harinya.


Aliran listrik dari aki ini akan keluar dari reaksi yang terjadi diantara pelat elektroda dengan cairan elektrolit  di dalamnya. Menghidupkan mesin ini bisa dengan menggunakan elektrik starter ataupun jika kesusahan bisa menggunakan kick starter.


2. Mematikan Seluruh Sistem Listrik Dalam Kondisi Mati


Cara merawat aki motor kering yang berikutnya adalah dengan mematikan seluruh sistem kelistrikan apabila motor dalam kondisi tidak beroperasi. Sebaiknya hindari menyalakan lampu motor ketika motor tadi dalam keadaan tidak menyala atau beroperasi.


Apabila hal tersebut terus menerus dilakukan akan membuat tegangan listrik pada motor menjadi terganggu. Beruntungannya, saat ini motor matic sudah dilengkapi dengan pencahayaan otomatis. Ketika mesin motor mati, maka lampu pun mati begitupun sebaliknya.


3. Hindari Aksesoris yang Membutuhkan Suplai Listrik


Mendiamkan mesin motor tidak menyala terlalu lama juga tidak bagus untuk aki, namun memasang terlalu banyak aksesoris listrik juga tidaklah bagus. Jadi, sebaiknya mulai sekarang bijaklah dalam memilih aksesoris motor.


Bila ingin melakukan modifikasi pada motor, sebaiknya hindari aksesori yang membutuhkan banyak suplai listrik. Ini akan sangat membebani aki motor dan bisa mengurangi bahkan merusak kinerja dari aki motor yang dimiliki.


4. Periksa Alternator


Rutin memeriksa bagian-bagian aki menjadi salah satu cara merawat aki motor kering agar bisa awet digunakan. Salah satu bagian yang juga harus rutin diperiksa adalah alternatornya. Komponen alternator ini berfungsi sebagai penyuplai kebutuhan listrik ac.


Jika ditemukan kondisi arus listrik yang cenderung tidak stabil pada aki motor, kemungkinan kerusakan sangat bisa terjadi. Masalah yang bisa ditimbulkan apabila alternator ini bermasala adalah elektrik starternya tidak bisa berfungsi dengan baik.


5. Periksa Terminal Aki


Selain alternator yang harus diperiksa secara berkala, terminal aki pun demikian. Aki motor ini mempunyai 2  buah terminal yang berfungsi sebagai elektroda bersifat positif dan juga negatif. Pastikan pada kedua terminal ini tidak terdapat kotoran ataupun  kerak putih yang bisa menghalanginya.


Munculnya kerak putih atau kotoran ini disebabkan pada apabila sambungan dari aki longgar. Apabila sambungan aki tadi longgar, maka suplai listrik menuju komponen lain menjadi terganggu. Cara membersihkan kerak putih ini cukup mudah, yakni dengan menyiramkan air panas lalu menyikatnya dengan sikat kawat.


6. Periksa Kemungkinan Kebocoran Pada Aki


Cara merawat aki kering pada motor yang terakhir adalah rutin memeriksa kemungkinan kebocoran pada aki motor. Bagian yang diperiksa ini adalah bodi dari aki itu sendiri. Pastikan bodi aki tidak memiliki kebocoran sehingga sistem kelistrikan tidak terganggu.

BACA JUGA :

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki


Adanya cairan elektrolit yang bersifat korosif pada aki kering motor akan menyebabkan korosi pada body motor apabila terjadi kebocoran. Untuk mencegah hal tersebut, rutin-rutinlah mengecek kondisi aki motor.


Demikianlah beberapa cara merawat aki motor kering agar bisa awet dan tahan saat digunakan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi yang edukatif untuk pembaca semua.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita