Download our available apps

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki
Gambar : Aki Motor

BLOG OSCAS - Cara Menghidupkan motor injeksi tanpa aki lebih mudah karena sistem kelistrikannya yang sudah tergabung. Kalau sedang dalam kondisi prima, motor injektor bisa dinyalakan dengan memakai tombol. Tapi, kalau aki sedang rusak, Anda harus memakai cara lain.


Beberapa motor injektor memang sudah menyediakan opsi lain dari aki untuk mengantisipasi kondisi aki tidak bisa dipakai. Biasanya motor injeksi hanya memiliki satu cara cadangan yang disesuaikan dengan jenis motor injeksi yang ada dipasaran.


Cara menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki Yang Mudah


Motor injeksi dapat menyala bahkan tanpa memakai aki tentu caranya disesuaikan dengan jenis motor yang dimiliki. Proses pengaktifan mesin motor bahkan bisa dilakukan tanpa aki. Berikut beberapa cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki yang bisa Anda lakukan.


1. Kopling Motor


Motor yang akinya soak tetap bisa dinyalakan, menyesuaikan dengan jenis motornya. Pada motor kopling cara menyalakan motor lebih mudah. Asalkan Anda memiliki cukup tenaga untuk memberikan dorongan yang dibutuhkannya untuk mendukung motor bisa nyala.


Terapkan teknik dorong motor dengan memakai gigi 1 atau 2 sambil menarik koplingnya. Pokoknya pastikan motor menyala dan bukan dalam kondisi netral. Ini adalah cara menghidupkan motor injeksi yang paling umum dilakukan untuk memicu mesin bekerja.


Ada banyak pilihan motor injeksi dengan sistem kopling yang bisa Anda pilih, Hal ini dilakukan agar motor bisa dikendarai walau akinya sedang tidak berfungsi sempurna. Ketika sudah jalan dengan kecepatan tertentu, kemungkinan starter dengan aki bisa dipakai lagi.


2. Kick Starter Motor Matic


Cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki untuk motor matik bisa dengan kick starter. Rata-rata motor matik selain dilengkapi dengan tombol starter, juga ada kick starternya. Jadi, pastikan terlebih dahulu apa saja yang motor Anda miliki untuk keadaan darurat.


Gunakan cara ini kalau Anda memiliki motor matik. Anda bisa mencoba kick starter berulang-ulang sampai motor bisa dihidupkan dan dipakai. Kick starter memerlukan tenaga yang konsisten pada satu area tertentu. Pastikan Anda melakukannya dengan benar.


Sebelum melakukannya, pastikan kontak sudah off sehingga motor masih dalam kendali Anda. Kalau sudah menyala baru Anda rubah ke on. Langkah pemberian kick starter diupayakan untuk membantu motor untuk mengisi aki setelah motor bisa dijalani.


Kick starter atau cara menyalakan motor dengan engkolan biasa ditemukan untuk motor matik seperti keluaran Honda seperti Honda Beat, Honda Vario dan lain sebagainya. Ada juga merek-merk motor lainnya yang memakai kick starter sebagai cadangan kalau aki soak.


3. Kapasitor Bank


Ada banyak jenis motor injeksi dipasaran, dan cara menyalakannya berbeda-beda. Beberapa motor injeksi ditambahkan perlengkapan bank untuk menyimpan arus listrik dari spul dan aki untuk dipakai menyalakan motor bahkan bila akinya sedang melemah.


Saat aki drop, arus listrik yang tersimpan, bisa digunakan untuk sumber daya kelistrikan pada motor. Ini adalah kinerja tenaga kerja saat aki performanya menurun. Jenis motor injeksi yang bisa melakukan ini biasanya berupa motor kiprok seperti bebek atau matik.


Kapasitor bank tidak selalu ditemukan pada motor injeksi. Oleh karena itu, sebelum membeli motor injeksi, Anda perlu memperhatikan dengan seksama sistem untuk menyalakan motor. Anda masih bisa mengendarai motor, setidaknya sampai aki dapat diperbaiki.


Satu hal yang pasti cara-cara berikut adalah solusi sementara sampai motor bisa memakai akinya kembali. Untuk kapasitor bank yang mengandung listrik, motor masih bisa nyala bila masih menyimpan kekuatan setidaknya 5 volt. Kurang dari itu maka motor akan mati total.

BACA JUGA :

Apa Penyebab Motor Xeon Boros Aki dan Solusinya


Itulah penjelasan singkat cara-cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki. Anda dapat memilih metode yang paling pas untuk Anda lakukan. Untuk menghindari kesulitan menyalakan motor, perhatikan jenis motor injeksi yang Anda miliki dan sistem cadangannya.


Selalu pastikan kalau kondisi aki prima sehingga motor bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Lihatlah indikator aki mulai melemah dari lampu yang mulai meredup dan indikasi lainnya. Perawatan rutin akan memastikan aki tidak pernah rusak atau habis total.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita