Download our available apps

Ini Dia 4 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Rem Cakram

Pewarta - Prana Hikmat
Ini Dia 4 Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Rem Cakram
Ilustrasi : Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Rem Cakram

BLOG OSCAS - Seperti yang diketahui bahwa rem pada kendaraan bermotor terdiri dari dua jenis yaitu rem tromol dan rem cakram. Pada dasarnya rem cakram menjadi satu jenis yang cukup sering digunakan pada motor. Tentunya dengan berbagai keuntungan dan kerugian rem cakram.


Berbagai keuntungan ini bisa dilihat dari komponen yang menyusunnya. Namun, dari kelebihan ini juga membuat kekurangan nampak signifikan pada cara kerjanya. Nah, lalu apa saja yang kelebihan dan juga kekurangan dari penggunaan rem ini? Berikut ulasannya:


Keuntungan Menggunakan Rem Cakram


Rem cakram bisa dibilang merupakan bentuk modern dari mesin rem modern yang digunakan pada kendaraan bermotor. Pada komponen dasarnya rem ini bekerja dengan cara menjepit roda motor menggunakan cakram yang terpasang.


Rem cakram ini juga memiliki berbagai kelebihan yang pada akhirnya menjadi komponen pilihan untuk digunakan pada kendaraan bermotor. Lalu, apa sajakah kelebihan dari penggunaan rem ini? simak 4 kelebihannya berikut:


1. Penggantian Rem yang Lebih Mudah


Mengetahui keuntungan dan kerugian rem cakram memang menjadi hal penting yang harus diketahui bagi pengguna komponen ini. Keuntungan dari penggunaan rem cakram ini adalah memiliki komponen yang mudah dilepas.


Hal ini menjadikan rem cakram bisa diganti dengan lebih mudah bila sudah mengalami penurunan kinerja atau pun sudah rusak. Inilah kemudian yang membuat rem cakram cukup diminati di era modern yang serba praktis seperti sekarang.


2. Tidak Menimbulkan Bunyi


Terkadang, kendaraan bermotor akan menimbulkan suara decitan saat pengereman dilakukan. Namun, pada penggunaan rem cakram ini tidak akan ada bunyi yang akan ditimbulkan pada saat kendaraan berhenti.


3. Pad Rem Memiliki Ukuran Sama


Ukuran pad rem yang sama akan memberikan daya tekan yang sama pada roda. Melalui hal inilah kemudian roda pada motor dapat berhenti. Tentunya pada peros pengereman pun roda juga tidak akan condong pada salah satu sisi.


Hal ini karena pada pad rem cakram digunakan ukuran yang sama supaya tidak menimbulkan daya penarikan pada salah satu sisi. Inilah yang kemudian membuat rem cakram aman untuk digunakan.


4. Daya Rem Tidak Berubah Meskipun dalam Genangan Air


Daya pengereman yang tidak berubah pada saat ada genangan air juga menjadi satu kelebihan lain yang bisa didapatkan dari penggunaan rem cakram. Hal ini karena cakram yang bergerak memutar sehingga air akan kembali dibuang oleh cakram.


Kekurangan Rem Cakram


Mengetahui keuntungan dan kerugian rem cakram adalah satu hal yang sebenarnya cukup penting bagi pengendara kendaraan bermotor. Hal ini supaya nantinya pemilihan jenis rem ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pada jenis motor yang dimiliki.


Kelebihan yang dimiliki rem cakram pada dasarnya memang didesain untuk dapat digunakan dengan lebih aman. Namun, penggunaan rem inipun juga tetap memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah 4 kekurangan yang ada pada rem cakram:


1. Membutuhkan Pengecekan Lebih Sering


Kekurangan pertama dari penggunaan rem cakram ini adalah minyak rem yang lebih cepat habis. Hal ini bisa terjadi bila motor digunakan setiap hari yang pada akhirnya membuat cakram bekerja lebih sering.


Apabila minyak rem pada cakram habis maka, rem cakram akan lebih sulit menjalankan tugas pengereman. Tentunya pengguna harus memberikan tambahan minyak rem terlebih dahulu supaya cakram bisa bekerja sempurna kembali.


2. Cepat Kotor


Cepat kotor juga menjadi kekurangan lain dari sistem rem cakram. Desainnya yang terbuka membuat udara dan kotoran bisa lebih mudah menempel. Hal inilah yang kemudian membuat rem cakram mengalami disfungsi bila tidak dibersihkan berkala.


3. Membutuhkan Tekanan Lebih Besar


Tekanan yang besar sangat dibutuhkan pad rem pada cakram karena pad rem memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil daripada pirang cakram. inilah yang kemudian membuat pad harus memiliki tekanan yang besar supaya dapat mesin berhenti.


4. Memiliki Komponen Kecil


Kekurangan yang cukup signifikan dan dapat dirasakan langsung saat rem cakram digunakan adalah daya rem yang tidak terlalu kuat. Ini disebabkan karena komponen penyusun pada rem yang cenderung kecil.

BACA JUGA :

Ini Dia Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol pada Kendaraan


Itulah tadi sekilas tentang keuntungan dan kerugian rem cakram yang perlu diketahui untuk mengetahui kinerja yang dilakukan dari komponen ini. Tentunya dengan adanya sistem yang cukup solid, rem satu ini bisa dibilang sangat aman untuk digunakan.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita