Download our available apps

Cara Menghilangkan Lendir pada Burung Kacer Paling Ampuh

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Lendir pada Burung Kacer Paling Ampuh
Foto : Burung Kacer

BLOG OSCAS - Cara menghilangkan lendir pada burung kacer harus diketahui dan segera diterapkan agar kicauannya kembali merdu. Adanya lendir membuat kicau burung terdengar serak, selain itu juga dapat disebabkan radang tenggorokan yang bisa menggangu kemerduannya.


Cara Menghilangkan Lendir Pada Burung Kacer Yang Ampuh


 Pemilik burung perlu mencari tahu penyebab pasti mengapa bisa ada lendir pada burung kacer. Dengan demikian, pemilik dapat menerapkan langkah untuk mengatasi masalah dengan benar. Beberapa cara menghilangkan lendir pada burung kacer adalah.


1. Tempatkan Burung Kacer di Area Hangat


Jika burung Kacer memiliki lendir di tenggorokannya, hal ini terjadi karena burung Kacer kedinginan. Sebaiknya burung dipindahkan ke ruangan atau kandang bersuhu hangat. Jangan biarkan dalam keadaan dingin karena dapat memicu peningkatan lendir tersebut.


Akan lebih baik lagi jika burung Kacer dimasukkan ke dalam salah satu ruangan di rumah. Perubahan ruangan bisa membuatnya lebih hanta. Namun, jika tetap ingin membiarkan di pekarangan rumah, saat malam hari kandang burung Kacer bisa ditutup menggunakan kain.


2. Bersihkan Lendir dengan Cotton Bud


Lendir pada burung Kacer mengganggu proses pernapasannya. Tidak hanya berpengaruh pada kicauannya namun juga bisa mengakibatkan sesak napas dan mengarah ke masalah yang lebih serius. Hal ini terjadi saat lendir dalam tenggorokan sudah terlalu banyak.


Cara menghilangkan lendir pada burung Kacer adalah membersihkan tenggorokan dari lendir. Sebaiknya memakai cotton bud untuk membersihkannya dengan hati-hati. Pastikan bahwa cotton bud yang dipakai dalam keadaan bersih atau steril.


Cara ini tidak terlalu sulit dan juga bukan sangat mudah. Perlu berhati-hati agar burung tersebut tidak tersedak dengan cotton bud. Akan lebih mudah tentunya jika burung Kacer dalam keadaan jinak. Buat burung jadi nyaman sebelum melakukannya.


3. Berikan Multivitamin atau Suplemen


Multivitamin atau suplemen berguna menunjang daya tahan tubuh burung Kacer. Jika sistem imun tubuh meningkat dan nutrisi tercukupi, proses penyembuhan akan lebih cepat. Lendir pada tenggorokan bisa hilang dan suara dapat kembali pada kondisi semula.


Meskipun begitu, jangan sembarangan memberikan vitamin. Hal ini perlu dilakukan dengan orang yang berpengalaman sehingga tidak akan ada masalah nantinya. Sebaiknya pemilik burung Kacer harus bertanya pada orang yang paham dalam hal ini.


4. Jangan Sering Mandikan Burung


Burung yang dirawat dalam kandang memang dimandikan oleh pemiliknya mungkin satu atau dua kali dalam seminggu. Namun, ada juga burung dapat mandi sendiri dengan mencelupkan kepalanya ke dalam air yang sudah disediakan pemiliknya dalam kandang.


Cara menghilangkan lendir pada burung Kacer adalah tidak terlalu sering memandikan nya. Perhatikan frekuensi mandi burung Kacer. Ketika sedang memiliki masalah tenggorokan seperti adanya lendir, sebaiknya jangan terlalu sering dimandikan.


Pastikan kandang dalam keadaan bersih sehingga burung Kacer bisa pulih dengan lebih cepat. Interaksi dengan air perlu dikurangi dan buat kondisinya tetap kering dan memberikan kehangatan pada area leher agar lendir bisa diencerkan dan dikeluarkan.


5. Ukuran Makanan Burung


Burung Kacer yang memiliki lendir di tenggorokannya sebaiknya diberikan makanan berukuran kecil. Tujuannya memudahkan proses menelan, karena makanan ukuran besar akan dihambat oleh lendir tersebut.


Makanan yang diberikan boleh apa saja sesuai jenis burung. Namun, pastikan ukurannya juga disesuaikan dengan lebar organ pencernaan burung. Misalnya ingin memberikan jangkrik, pilih yang kecil dan buanglah kaki jangkrik yang berbentuk seperti gergaji.


6. Menerapkan Metode Gurah


Metode gurah dengan daun Lateng Putih bisa untuk membersihkan lendir pada burung Kacer. Ambil sekitar 6 helai daun Lateng Putih kemudian remas sampai keluar airnya. Teteskan sekitar 4 tetes pada mata burung. Kondisi burung akan melemah hingga 10 menit.


Pegang burung dengan posisi kepala di bawah supaya lendir lebih mudah keluar. Akan lebih bagus lagi dengan memijat lembut tenggorokannya. Setelah selesai, bersihkan mata burung dengan air bersih. Membersihkan lendir memang tidak sesulit yang dibayangkan.

BACA JUGA :

13 Ciri Ciri Burung Anis Merah Jantan Yang Bisa Dipercaya Kebenarannya


Terapkan cara menghilangkan lendir pada burung Kacer seperti penjelasan di atas dan lihat perubahannya. Anda dapat membuat bagian tenggorokkan burung kacer lega dan terbebas dari lendir yang mengganggu.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita