Download our available apps

3 Cara Meminta Maaf Melalui Chat Dengan Benar

Pewarta - Prana Hikmat
3 Cara Meminta Maaf Melalui Chat Dengan Benar
Ilustrasi meminta maaf melalui chat. Sumber: (Pxhere).

Saat kamu merasa telah menyakiti perasaan orang lain. Kamu mungkin dibebankan perasaan tidak nyaman. Apalagi lokasi cukup jauh untuk mendatanginya langsung.  Kamu ingin menghubunginya namun tidak tahu harus memulai dari mana.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara meminta maaf melalui chat. Kamu bisa meminta maaf melalui chat whatsapp, SMS, atau aplikasi lainnya. Tentunya pada sesi ini kamu harus memilih kata-kata yang tepat agar tidak memperkeruh masalah.

Lantas, bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kamu bisa menyapanya terlebih dahulu

Saat mengirimi pesan, kamu jangan langsung mengucapkan kata-kata panjang jika belum yakin telah berbuat salah atau tidak. Kamu bisa menyapanya dan memberikan kesan atas pertemuan sebelumnya.

Contohnya, “Wah tadi menyenangkan sekali ya, aku suka bertemu denganmu.” Atau juga bisa “Kamu sudah sampai di rumah dengan baik kan?” kata-kata bisa kamu ganti sesuai dengan kemauan kamu, tapi pastikan sopan dan terkesan peduli.

Saat ini membalas dengan santai dan tidak ada tanda-tanda marah. Kamu bisa langsung membahas hal-hal lainnya yang menarik.

2. Ucapkan maaf

Walaupun kamu belum pasti telah menyakitinya atau tidak. Alangkah baiknya kamu tetap melontarkan kata-kata maaf. Kamu bisa bertanya padanya apakah ada hal yang membuatnya kurang nyaman dari sikap kamu.

Jika iya menjawab tidak. Kamu bisa melanjutkan percakapan sambil berkata “Maaf kalau aku ada salah ya.” Kamu juga bisa memberikan kata-kata untuk saling terbuka dan jangan menyimpan sendiri. Tentunya agar pertemanan berlangsung lama.

3. Terus hidupkan suasana

Setelah berbaikan atau tidak ada masalah. Kamu bisa terus hidupkan suasana dan menjaga silaturrahmi. Lebih hati-hati saat berkomunikasi agar pertemanan berlangsung lama. Bukan hanya fokus pada diri sendiri. Jika temanmu berbuat salah, kamu bisa mengungkapkannya agar ia intropeksi.

Saat bersosialisasi, biasakan untuk menerapkan 3 kata ini, yaitu: maaf, tolong, dan terima kasih. Pastinya kamu akan menjalani pertemanan yang tenang dan tulus.

Demikianlah cara meminta maaf melalui chat. Share pada teman atau sahabat kamu yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita