Download our available apps

Cara Merubah Arus AC ke DC Motor X Ride

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Merubah Arus AC ke DC Motor X Ride
Ilustrasi : Arus AC ke DC Motor X Ride

BLOG OSCAS - Kendaraan bermotor tidak lepas dengan hal kelistrikan. Kelistrikan tersebut ada untuk mendukung fungsionalitas kendaraan bermotor mulai dari yang sederhana yakni untuk masalah penerangan dan lainnya seperti klakson. Umumnya kendaraan menggunakan arus AC, namun berikut ada cara merubaharus AC ke DC motor X Ride. Ada alasan mengapa ini bisa dilakukan.

Apa itu Arus AC?

Arus AC adalah singkatan dari Alternating Current yang mana adalah sistem kelistrikan yang mengandalkan gerakan poros engkol pada pada komponen mesin motor. Artinya sistem kelistrikan AC ini mengikuti pada putaran mesin. Dari situ kita bisa melihat ciri-ciri motor yang menggunakan arus AC yang mana lampu utama ataupun headlamp akan berkedip sesuai dengan RPM.

Apabila mesin motor berada pada RPM yang rendah, maka lampu utama atau headlamp akan redup. Sedangkan apabila kita mengegas dan RPM di posisi tinggi maka lampu utama akan menjadi terang.

Apa itu Arus DC?

Arus DC adalah singkatan dari Direct Current, hal ini berarti arus kelistrikann akan dibebankan sepenuhnya pada aki motor. Penjelasannya, pasokan pengisian yang berasal dari sepul akan dilanjutkan pada aki, kemudian dikeluarkan pada beban. Contohnya seperti untuk klakson, lampu, starter, alarm dan lain sebagainya.

Berlawanan dengan arus AC, ciri kendaraan yang menggunakan kelistrikan arus DC ini bisa dilihat salah satunya adalah lampu menjadi terang seketika tanpa harus mengikuti putaran dari mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Arus AC maupun DC

Baik arus AC maupun arus DC memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pihak pabrikan kendaraan umumnya menggunakan arus AC namun dapat dimodifikasi menjadi arus DC. Sebagai contoh pada motor Yamaha X Ride yang menggunakan arus AC. Berikut kelebihan dan kekurangan setiap arusnya sebelum Anda mempertimbangkan cara merubah arus AC ke DC motor X Ride.

Kelebihan dan Kekurangan Arus AC

Kelebihan Penggunaan Arus AC

Ada 3 kelebihan utama dari penggunaan arus AC pada kendaraan bermotor yang juga menjadi alasan mengapa pabrikan menggunakan jenis arus kelistrikan ini.

  1. Aki lebih awet karena beban aki hanya untuk kebutuhan starter saja.
  2. Ada saklar untuk mematikan dan menyalakan lampu, ini juga yang membuat aki lebih awet
  3. Bisa mengubah skala tegangannya yakni diturunkan atau juga dinaikkan.


Kekurangan Arus AC

  1. Lampu kurang terang, karena arus listrik bergantung pada perputaran RPM. Apabila sedang ada pada RPM rendah maka lampu akan redup dan ini bisa membuat kenyamanan berkendara berkurang.
  2. Karena listriknya naik dan turun, maka besar kemungkinan lampu akan sering atau cepat putus.
  3. Arus AC tidak bisa dibawa-bawa karena daya arus AC tidak tersimpan di baterai, atau wadah lainnya.


Kelebihan dan Kekurangan Arus DC

Kelebihan dari arus DC membuat banyak orang mencoba untuk mengubah arus kelistrikannya. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda memulai cara merubah arus AC ke DC motor X Ride. Namun Anda juga jangan lupa pada kekurangan arus DC ini.


Kelebihan Arus DC

  1. Lampu lebih terang dan stabil, karena sumber kelistrikan berasal dari aki. Karena stabil, lampu juga menjadi lebih awet. Sangat cocok untuk berkendara di segala situasi.
  2. Memudahkan untuk modifikasi kendaraan. Seperti memasang lampu modifikasi dan sebagainya karena aki mendukung untuk ini.
  3. Proses langsam akan menjadi lebih stabil karena sistem kelistrikan sudah tidak menggantungkan lagi dari putaran spul.


Kekurangan Arus DC

  1. Aki akan lebih cepat tekor, karena semua sumber kelistrikan dibebankan pada aki
  2. Aki juga akan cepat soak karena memiliki beban untuk semua kelistrikan kendaraan bermotor termasuk bila Anda memasang beberapa komponen modifikasi.
  3. Umumnya lampu tidak memiliki saklar hidup mati karena umumnya sudah menyala ketika mesin dinyalakan.


Meskipun arus DC memiliki kemungkinan untuk membuat aki tekor, namun ada beberapa cara yang bisa diandalkan untuk mengatasinya atau membuat agar tidak begitu boros. Selain itu, untuk menghindari efek kekurangan pada arus DC, ada juga beberapa kendaraan yang mengandalkan sistem halfwave atau masih menggunakan separuh dari arus DC.

Sistem Halfwave ini juga dikenal sebagai semi DC dimana sistem kelistrikan ini masih setengah phase. Oleh karena itulah seluruh kebutuhan kelistrikan masih mengadalkan sepul atau generator seperti contohnha saat motor dikontak ON maka lampu senja, tail atau kota tidak akan menyala. Lampu baru akan mulai menyala jika mesin hidup hidup sepenuhnya.

BACA JUGA :
Penyebab Power Steering Berdengung dan Solusinya


Beberapa kendaraan matic yang masih menggunakan sistem ini adalah seperti Honda Scoopy, Vario 110 dan beberapa kendaraan matic lainnya.

Cara Merubah Arus AC menjadi Arus DC pada Yamaha X Ride


Dengan pertimbangan kelebihan dan juga kekurangan dari arus AC maupun DC, Anda bisa menentukan apakah Anda akan melanjutkan untuk cara merubah arus AC ke DC motor X Ride ini. Cara dan alatnya sendiri cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bila Anda sudah yakin untuk memilih arus DC, berikut langkah-langkahnya.


  1. Siapkan Alat dan Bahan (Untuk alat dan bahan yang perlu Anda siapkan adalah Obeng plus, Kunci L, Gunting dan Cutter serta Isolasi listrik.)
  2. Bongkar seluruh bodi depan X Ride
  3. Cari kabel saklar kiri serta kabel speedometer, kelupas kulitnya. Di dalam kabel tersebut akan ada kabel berwarna kuning merah yang merupakan saklar kiri srta kabel coklat muda yang merupakan kabel speedometer
  4. Dengan menggunakan alat yang sudah Anda siapkan, potong kabel kuning merah, dan kupas kabel coklat muda tanpa memutus kabelnya.
  5. Sambungkan kabel kuning merah dengan kabel coklat muda
  6. Balut sambungan dengan menggunakan isolasi listrik.
  7. Terakhir, rapikan proses instalasi Anda


Untuk jenis motor X Ride generasi terbaru yang sudah menggunakan proses injeksi sudah mengunakan arus kelistrikan full DC sehingga Anda tidak perlu melakukan perubahan. Namun bila belum mendukung injeksi, besar kemungkinan masih menggunakan arus AC. Oleh karena itu banyak pertimbangan sebelum Anda mencoba cara merubah arus AC ke DC motor X Ride.

Meski langkahnya terbilang cukup mudah dan tidak begitur rumit, namun sangat disarankan untuk Anda yang belum begitu paham mengenai kelistrikan dalam kendaraan bermotor terutama pada motor matic untuk tidak melakukannya sendiri. Pasalnya apabila terjadi kesalahan, akan berakibat pada fungsionalitas kendaraan Anda lainnya.

Anda bisa membawanya ke bengkel langganan Anda karena proses untuk cara merubah arus AC ke DC motor X Ride ini tidak begitu lama. Selain itu juga, Anda bisa sekalian memilih komponen modifikasi yang bisa Anda pasangkan yakni modifikasi lampu LED atau HID dan juga termasuk untuk modifikasi klakson.

BACA JUGA :

Penyebab Motor X Ride Mati Mendadak dan Solusinya

Semoga artikel tentang cara merubah arus AC ke DC motor X Ride ini bisa bermanfaat untuk Anda dan juga bisa memberikan ilmu dan juga pengetahuan tentang kendaraan bermotor.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita