Download our available apps

Penyebab Motor X Ride Mati Mendadak dan Solusinya

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab Motor X Ride Mati Mendadak dan Solusinya
Foto : Motor X Ride

BLOG OSCAS - Yamaha X Ride adalah sakah satu lini motor matic dari Yamaha dengan kapasitas mesin 125 cc. Motor matic yang memiliki kesan desain tangguh ini sudah memiliki beberapa seri tahun produksi dan menjadi salah satu pilihan dalam kendaraan matic di Indonesia karena kesan sporty-nya. Berikut ini ada ulasan penyebab motor X Ride mati mendadak yang mungkin Anda alami.

Penyebab Mesin Motor X Ride Mati Mendadak


Ada banyak penyebab motor X Ride mati mendadak yang mana umumnya juga dialami oleh kendaraan matic lainnya. Nah berikut ini kita coba pahami dulu apa penyebabnya sebelum nanti kita mencoba mencari cara solusinya.

1. Mesin Overheat

Untuk penyebab motor X Ride mati mendadak adalah mesin overheat. Hal ini merupakan hal yang umum terjadi pada kendaraan yang tidak berpendingin. Yamaha X Ride juga termasuk kendaraan yang tidak memiliki sistem pendingin. Oleh karena itulah bukan tidak mungkin setelah penggunaan jarak jauh dan berat mesin akan mengalami overheat dan mati.

BACA JUGA :

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

2. Filter Udara Yang Kotor

Penyebab kedua mengaoa X Ride mati mendadak adalah bisa dikarenakan karena filter udaranya yang kotor. Filter udara yang kotor ini akan menghambat aliran udara sehingga mesin kehilangan pasokan udara untuk proses pembakaran. Alhasil proses pembakaran tidak sempurna dan mesin pun akan mati.

3. Pengapian Lemah atau Mati Tiba-tiba

Penyebab motor X Ride mati mendadak selanjutnya adalah karena pengapian lemah atau mati tiba-tiba. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Salah satunya ada pada bagian busi yang mana busi yang kotor atau sudah tidak layak pakai lemah dalam menghantarkan percikan api ke ruang pembakaran. Alhasil mesin akan mati.

4. Pemakaian Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai

Ahli menyarankan untuk mengunakan ahan bakar minimal Pertalite untuk Yamaha X Ride. Alasannya ada pada rasio kompresi dari X Ride yakni 9,5 : 1 sehingga bahan bakar yang cocok untuk rasio tersebut adalah Pertalite. Semakin tinggi nilai rasio kompresi maka dibutuhkan bahan bakar yang semakin semakin bagus pula nilai oktannya,

Nilai oktan akan membantu menahan kompresi tinggi sehingga tidak terjadi detonasi. Apabila tidak menggunakan bbm yang dianjurkan, maka hasilnya bisa berujung pada mesin rusak hingga power kecil menjadi kecil.

5. Karbu Terkena Air

Yamaha X Ride merupakan salah satu kendaraan matic yang masih menggunakan karburator. Oleh karena itulah, salah satu penyebab mengapa mesin x ride tiba-tiba mati adalah pada karburator yang terkena air. Hal ini umum terjadi saat pengendara motor menerjang banjir atau terkena cipratan air. Alhasil pembakaran terganggu dan menimbulkan mogok.

6. Pengaturan BBM yang Salah

Untuk penyebab motor X Ride mati mendadak selanjutnya adalah pengaturan bbm yang salah yang mana umumnya kesalahan pada penyetelan karburator sehingga asupan BBM ke ruang pembakaran terganggu. Untuk penyetelan mesin dengan karburator lebih mudah ketimbang pada pengaturan mesin injeksi yang harus dilakukan secsra digital.

Namun untuk motor X Ride terbaru yang sudah menggunakan sistem injeksi, maka Anda harus melakukan setelannya di bengkel yang mana mendukung untuk penyetelan ini. Pasalnya sistem injeksi disetel dengan menggunakan komputer.

Itulah beberapa penyebab motor X Ride mati mendadak yang mungkin Anda alami. Beberapa penyebab diatas bisa Anda atasi sendiri namun juga ada yang perlu dilakukan perbaikan atau tuning di bengkel. Pastikan untuk selalu memilih bengkel yang berpengalaman dan berkualitas tentunya. Nah berikut ini ada beberapa solusi atau jawaban permasalahan yang sesuai dan bisa Anda lakukan.

Solusi Penyebab Motor X Ride Mati

Dari berbagai penyebab motor X Ride mati mendadak, Anda bisa melakukan solusi sesuai dengan penyebabnya. Meski mungkin ada penyebab lainnya yang mungkin dianggap berat dan membutuhkan solusi yang lebih. Namun untuk penyebab diatas, berikut solusi ringan yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan servis dan pergantian oli rutin

Langkah ini sangat disarankan apabila kendaraan X Ride Anda mengalami mesin mati karena overheat. Alasannya ada pada proses pendinginan mesin yang mungkin kurang optimal karena Anda jarang ganti oli, oli yang digunakan kurang baik. Anda bisa melakukan servis dan pergantian oli secara berkala sehinga mesin dapat bekerja dengan optimal.

Solusi untuk servis rutin juga sesuai apabila X Ride Anda mati karena proses pembakaran di ruang pembakaran yang terganggu akibat filter udara yang kotor. Filter udara yang kotor akan menghambat udara masuk dan membuat pembakaran menjadi kacau dan mesin pun mati. Umumnya montir sudah paham untuk pembersihan setiap proses servis ringan.

2. Membersihkan Atau Mengganti Busi

Busi yang kotor atau busi yang sudah tidak layak pakai juga menjadi penyebab motor X Ride mati mendadak. Memang biaya yang dibutuhkan untuk pembelian busi tidak begitu besar sehingga solusi ini sebenarnya memang sangat mudah. Nah Anda bisa menyelesaikan masalah ini dengan cara membersihkan busi dengan sikat.

Apabila masih tidak memungkinkan, maka langkah terakhir adalah pembelian busi yang baru. Pilih yang sesuai dengan X Ride. Gunakan onderdil terbaik agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan berkendara dalam jangka panjang.

3. Gunakan Bahan Bakar Yang Sesuai

Untuk solusi dari mesin mati berikutnya adalah gunakan bahan bakar yang sesuai dengan Yamaha X Ride yakni Pertalite. Jangan gunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih rendah dari Pertalite. Namun Anda bisa menggunakan bbm dengan nilai oktan yang lebih tinggi seperti Pertamax.

4. Keringkan Karburator

Hal berikutnya yang menjadi solusi bila motor X Ride Anda mesinnya mati akibat karbu basah, maka cara yang tepat adalah dengan mengeringkannya. Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan kain bekas dan mengelapnya. Bila terlalu basah, Anda mencoba menyalakan mesinnya dengan cara diengkol untuk sedikit demi sedikit mengeluarkan atau mengeringkannya.

5. Memperbaiki Settingan BBM 

Pasokan bbm ke ruang pembakaran sangat penting, oleh karena itu Anda harus nelakukan setelan pada karburator. Meski masih menggunakan karburator, X Ride Anda masih membutuhkan asupan BBM yang sesuai. Anda bisa melakukan penyetelan sendiri maupun dilakukanj di bengkel. Prosesnya cepat dan juga mudah.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab motor X Ride mati mendadak dan juga solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Memang sebagian besar penyebab mesin motor X Ride diatas juga terjadi pada jenis kendaraan matic lainnya juga. Namun untuk urusan BBM tentu ini sangat spesifik dengan mesin yang dibawa oleh X Ride.

BACA JUGA :

Penyebab Motor Matic Mati Saat Direm dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itulah, dengan melakukan servis rutin dan juga pengecekan rutin, Anda bisa menghindari beberapa penyebab diatas termasuk bila Anda harus melakukan ganti oli agar performa mesin tetap terjaga dalam penggunaannya. Semoga artikel mengenai penyebab motor X Ride mati mendadak ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita