Download our available apps

3 Cara Menjaga Kebersihan di Lingkungan Rumah

Pewarta - Dian Ahcmadi
3 Cara Menjaga Kebersihan di Lingkungan Rumah
Ilustrasi lingkungan rumah yang bersih. Sumber (paxels/curtis adams).

Menjaga kebersihan di lingkungan rumah itu sangat penting. Selain meminimalisir sarangnya bakteri atau kuman penyebab penyakit. Rumah yang bersih juga dapat memberikan suasana yang nyaman dan indah.

Sayangnya biasanya penerapannya sangat sulit dan banyak kendala. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami memberikan tips agar kebersihan rumah kamu tetap terjaga. Informasi lengkapnya simak artikelnya ini sampai akhir ya.

Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah yang bersih ditandai dengan tidak ada barang yang tidak berguna berserakan. Serta minimnya sampah, hingga hal-hal yang tidak enak dipandang lainnya. Berikut caranya agar rumah kamu jadi bersih:

1.      Biasakan membuang sampah pada tempatnya

Hal dasar yang perlu kamu terapkan adalah membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini sangat mudah, bahkan tidak akan mengganggu waktu sibuknya. Kamu cukup membiasakan setelah makan sesuatu, bungkusnya taruh di tempat sampah. Selain itu, membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan saluran air tersumbat dan terjadi banjir.

Sedangkan jika kamu memiliki banyak waktu luang. Kamu bisa menyapu sampah-sampah kotor di samping atau halaman rumah. Hal ini tentunya untuk mencegah sampah yang menumpuk.

2.      Menyapu dan mengepel lantai dengan teratur

Atur jadwal untuk mengepel dan menyapu rumah secara teratur. Misalnya seminggu sekali pada weekend atau hari luang lainnya. Pastikan kamu secara konsisten melakukan. Hal ini bertujuan untuk membasmi bakteri atau kuman di lantai. Apalagi jika kamu memiliki hewan peliharaan yang aktif.

Kamu juga bisa menggunakan pengharum lantai dengan kandungan anti bakteri. Saat ini pengharum lantai sudah banyak tersedia di toko dengan harga terjangkau.

3.      Membuang barang yang sudah tak terpakai

Jika di halaman rumahmu dipenuhi oleh barang-barang yang tidak berguna. Sebaiknya mulai singkirkan atau taruh pada gudang. Membiarkan barang tidak terpakai begitu saja akan membuat tampilan rumahmu penuh dan kotor. Serta yang melihatnya juga tidak akan senang.

Jika kamu sempat, alangkah baiknya jika mendaur ulang barang-barang tersebut. Sehingga menjadi berguna kembali.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Dian Ahcmadi
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita