Download our available apps

Penyebab Power Steering Berdengung dan Solusinya

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab Power Steering Berdengung dan Solusinya
Ilustrasi : Power steering

BLOG OSCAS - Ada banyak faktor penyebab power steering berdengung atau terasa berat, hal ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi? Yuk ketahui penyebabnya dan cara mengatasinya!

Keberadaan power steering pada mobil memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk berbelok tidak membutuhkan banyak tenaga, dengan adanya komponen ini setir menjadi lebih ringan dan mudah dikendalikan saat memutar arah.

Ketika power steering mengalami kerusakan tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan berkendara, bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat setir susah dikendalikan terutama saat berbelok sehingga membahayakan pengemudi.

Lalu, apa itu power steering? kenapa fungsinya sangat penting untuk kendaraan? Untuk mengetahui tentang komponen oenting dalam kendaraan ini, simak penjelasannya dibawah ini.


Sekilas Tentang Power Steering

Power steering adalah suatu komponen yang digunakan dalam sistem kemudi mobil untuk meringankan putaran saat berbelok, dengan adanya komponen ini bisa membuat pengemudi lebih nyaman dalam mengendalikan kendaraannya.

Cara kerja power steering sangat sederhana, dengan mekanisme perpindahan fluida akibat adanya tekanan pompa sehingga membuat fluida ini berpindah dan melakukan pergeseran kedudukan gigi pada sistem roda gigi kemudi.

Dengan adanya mekanisme inilah sehingga membuat pergerakan roda kemudi menjadi lebih ringan untuk di belokan ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kehendak pengemudi. Power steering juga ada jenisnya lho! Apa saja?


  • Hidrolik, meringankan kemudi dengan tekanan fluida
  • Elektrik, meringankan kemudi dengan putaran motor listrik


Dengan alat inilah kemudi menjadi lebih ringan dan memberikan kenyamanan sehingga pengemudi tidak perlu bersusah payah mengendalikan setir saat berbelok. Canggih bukan?


Itulah pentingnya menggunakan sistem power steering pada kendaraan. Meskipun demikian, komponen power steering perlu perawatan terutama oli power steering yang harus selalu dicek agar fungsi power steering berjalan normal.

BACA JUGA :

Cara Membuka Baut/Mur Yang Macet/Keras Karena Karat

Fungsi Komponen Power Steering


Ada beberapa komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja power steering, komponen tersebut memiliki fungsi yang cukup penting. Adapun komponennya diantaranya:

1.    Reservoir, fungsinya untuk menjaga dan menampung cadangan oli pada sistem power steering
2.    Pompa, fungsinya untuk menghasilkan tekanan fluida ke semua rangkaian yang ada di power steering
3.    Katup Pengatur, fungsinya untuk mengatur sirkulasi aliran oli sesuai dengan arah kemudi
4.    Silinder tenaga, fungsinya untuk menyalurkan aliran olo power steering sesuai dengan arah kemudi

Itulah beberapa fungsi komponen yang ada di power steering yang perlu diketahui. Lantas, apa sih yang menyebabkan power steering rusak atau bunyi berdengung?

Penyebab Power Steering Berdengung

Meskipun keberadaan power steering sangat memudahkan pengemudi, namun komponen satu ini tidak luput dari kerusakan bahkan power steering berdengung yang suaranya cukup mengganggu. Adapun penyebabnya sebagai berikut:


1. Kebocoran Oli Power Steering

Adanya kebocoran oli bisa menyebabkan power steering sulit untuk dikendalikan, hal ini karena tidak ada pelumasan dan daya tekan sehingga memicu munculnya suara dengung, bahkan bisa membuat komponen utamanya menjadi rusak.


2. Kerusakan Pompa Power Steering

Suara berdengung bisa diakibatkan dari kerusakan pompa power steering, suara tersebut bahkan bisa muncul saat mengemudi menghidupkan mesin. Meskipun suara dengung tersebut tidak terpengaruh setir saat diputar.


3. Usia Pemakaian Power Steering

Kondisi dan usia pemakaian power steering bisa menjadi salah satu penyebab suara dengung muncul, hal ini bisa terjadi karena adanya keausan pada komponen power steering. Maka perlu perbaikan atau penggantian komponen yang aus.


4. Saluran Oli Power Steering Kotor

Saluran oli power steering yang kotor membuat aliran oli jadi terhambat, maka perlu melakukan pergantian oli power steering secara rutin agar tidak menimbulkan suara berdengung. Oli yang tidak diganti bisa menimbulkan kotoran.


5. Power Steering Masuk Angin

Adanya udara yang terjebak di saluran oli power steering bisa menimbulkan suara berdengung, biasanya ditandai dengan munculnya busa pada penampungan oli power steering. Maka dari itu, perlu membuang angin yang terjebak tersebut.


6. Karet Boot Rack Steer Robek

Karet boot memang memiliki masa tersendiri, jika sudah getas atau termakan usia bisa membuat karet tersebut sobek, hal ini membuat power steering mudah masuk kotoran atau debu sehingga menimbulkan suara berdengung.


7. Pemakaian Mobil Tidak Normal

Pemakaian mobil yang tidak normal bisa menyebabkan power steering bunyi berdengung, seperti melakukan balapan atau offroad sehingga membuat pipa power steering harus bekerja ekstra, hal ini bisa membuatnya cepat rusak lho!

Itulah beberapa penyebab power steering berdengung karena ada komponen yang mengalami masalah sehingga muncul bunyi yang mengganggu. Maka penting untuk mengecek dan bisa sekalian melakukan perawatan power steering.

BACA JUGA :

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Lantas, bagaimana cara mengatasi power steering bunyi? Untuk mengetahui cara mengatasinya jika terjadi kendala atau bunyi yang mengganggu, yuk simak penjelasan dibawah ini!


Cara Mengatasi Power Steering Berdengung

Setelah mengetahui penyebab power steering bunyi dengung, selanjutnya ketahui cara mengatasi masalah tersebut. Biasanya terjadi karena adanya kerusakan atau oli power steering bocor. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan detailnya.


1. Periksa Oli Power Steering

Untuk mengatasi bunyi berdengung bisa cek oli power steering, apakah masih dalam batas wajar atau sudah habis? Jika oli habis, maka segera tambah oli power steering sesuai spesifikasi mobil kamu. Jangan sampai nunggu rusak dulu ya!


2. Ganti Pompa Power Steering

Jika bunyi dengung diakibatkan pompa power steering rusak, maka bisa menggantinya dengan yang baru. Pastinya pilih spare part yang original agar awet dan tahan lama, meskipun dari segi harga mungkin jauh berbeda dengan part bukan original.


3. Perbaikan Bagian Oli yang Bocor

Jika power steering bunyi berdengung akibat kebocoran oli, maka bisa memperbaiki bagian yang bocor tersebut atau mengganti komponen yang rusak dengan yang baru. Solusi tepat mengatasi kebocoran oli power steering.


4. Melakukan Air Bleeding

Untuk mengatasi masalah power steering bunyi karena masuk an hinh, maka bisa melakukan air bleeding atau buang angin di saluran power steering. Udara yang terjebak di saluran oli power steering membuat kinerjanya kurang maksimal.


5. Menguras Oli Power Steering

Jika bunyi berdengung diakibatkan karena saluran oli kotor, maka cara mengatasinya dengan mengganti atau menguras oli power steering, agar fungsi dari power steering bisa berjalan normal dan tidak ada lagi bunyi yang mengganggu.

Adapun solusi paling tepat jika terjadi masalah bunyi power steering berdengung dan cukup mengganggu, yakni dengan membawanya ke bengkel terdekat. Cara ini bisa dilakukan jika tidak memiliki kemampuan melakukan perbaikan sendiri.

Dengan melakukan perbaikan pada komponen yang rusak, maka bisa membuat fungsi power steering kembali normal, tidak ada lagi bunyi dengung yang mengganggu sehingga pengemudi bisa fokus mengendalikan kendaraannya.

Demikian informasi yang bisa kamu sampaikan terkait dengan power steering mobil yang mengalami kendala atau gejala kerusakan, dengan mengetahui penyebabnya bisa segera mengatasinya agar tidak terjadi kerusakan parah.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita