Download our available apps

Cara Mendempul Motor Vespa (Pengalaman Pribadi Terbukti Hasilnya Bagus)

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mendempul Motor Vespa (Pengalaman Pribadi Terbukti Hasilnya Bagus)
Foto : Motor Vespa

BLOG OSCAS - Saat bagian bodi kendaraan kita baik itu kendaraan roda dua mauun roda empat tergores, pasti akan membuat kita jengkel. Untuk kendaraan bermotor dengan bodi plastik mungkin tidak begitu masalah karena banyak sparepartnya, namun untuk kendaraan yang menggunakan cat sebagai pelapis bodinya seperti vespa ini adalah masalah. Berikut ini ada cara mendempul motor vespa.

Bagian bodi kendaraan vespa yang tergores tentu akan merubah kemulusannya karena mungkin saja akan ada penyok. Untuk mengganti bodinya jelas itu adalah biaya yang mahal karena bodinya terbuat dari metal dan spare partnya pasti sudah jarang. Oleh karena itulah pengecetan dengan mengawali pendempulan bisa menjadi jalan untuk membuat bodi vespa Anda kembali mulus.

Apa Itu Dempul


Untuk Anda yang belum begitu mengenal mengenai benda yang sangat bermanfaat ini, dempul adalah bahan adonan yang digunakan untuk menutup lubang pada kay maupun logam. Umumnya roses pendempulan ini menggunakan media berupa air maupun kapur. Dempul didaat dalam kondisi basah dan kemudian dikerinngkan setelah proses pengaplikasian ada logam atau kayu.

Tujuan Pendempulan Sebelum Pengecatan

Apabila permukaan bodi kendaraan seperti vespa atau mobil yang berbahan metal tergores atau terbentur, maka akan ada perubahan pada bagian permukaan. Apabila dilakukan pengecatan pada area tersebut, cat bisa saja kembali terlihat mulus namun bagian permukaannya pasti akan bergelombang dan juga mungkin tidak akan terlihat mulus.

Oleh karena itulah digunakan dempul untuk menyamakan permukaan yang tergores atau yang sudah penyok dengan bagian yang tidak terkena benturan. Dengan demikian apabila permukaan tersebut dicat akan terlihat mulus kembali seperti barunya. Namun tentu saja agar hasilnya baik seperti aslinya, perlu keahlian khusus dan juga cara mendempul motor vespa yang tepat.

Cara Mendempul Motor Vespa

Proses pendempulan perlu ketelitian, keahlian dan juga kesabaran. Apabila tidak dilakukan scara sempura maka hasilnya aan kurang merata dan akan terlihat pori-pori saat disiram menggunakan cat. Nah berikut ini ada beberapa langkah untuk cara mendempul motor vespa yang bisa Anda lakukan agar hasil pendempulannya sempurna.

1.    Pastikan Bidang Kerja Sudah Betul-betul Bersih

Sebelum melakukan pendempulan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bila bidang kerja atau area yang akan didempul sudah benar-benar bersih. Bersih disini juga dari cat asli, debu yang mungkin menempel dan juga mungkin ada bagian yang terkoyak atau bagian yang terlepas. Gunakan amplas untuk membersihkan area yang masih ada cat juga.

Apabila dimungkan, seperti bila bagian media terlalu penyok, Anda bisa melakukan upaya untuk mengurangi penyok. Ada beberapa cara seperti memukul bagian belakang yang penyok dengan perlahan hingga bagian yang cekung bisa kembali sedikit lebihh rata. Dengan demikian banyaknya dempul yang dibutuhkan pun tidak akan terlalu banyak.

2.    Siapkan dan Gunakan Dempul Yang Cukup

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk cara mendempul motor vespa yang tepat adalah dengan menyiapkan jumlah dempul yang cukup. Jangan sampai berlebih dan juga jangan sampai kurang atau tidak rata dengan bagian bodi lainnya. Jangan sampai pula jumlahnya berlebih karena akan menonjol dibandingkan dengan bodi lain.

Untuk adonan dempul, Anda bisa menggunakan takaran 10:2.

3.    Siapkan Alat Yang Digunakan

Sebelum melakukan proses pendempulan, pastikan juga Anda menyiapkan akat yang digunakan yakni skrap stau pisau dempul. Di bagian akhir Anda juga akan membutuhkan amplas yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan yang sudah diberi dempul.

4.    Lakukan Berulang Sedikit Demi Sedikit

Setelah melakukan beberapa langkah awal diatas, langkah berikutnya adalah dengan mengoleskan dempul pada bagian yang dibutuhkan. Pastikan takaran adonan dempulnya sesuai kemudian oleskan sedikit demi sedikit area pendempulan mulai dari bagian yang paling dalam hingga paling sedikit dibutuhkan.

Dengan menggunakan pisau dempul atau skrap, rapikan pekerjaan Anda terutama pada bagian pinggiran dimana seringkali saling tumpang tindih sehingga tidak rata. Amplas agar permukaan rata, kemudian lakukan kembali pendempulan dan amplas kembali saat kering. Lakukan secara berulang hingga area yang didempul rata dengan bagian lainnya.

5.    Tunggu Hingga Benar-benar Kering

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya yakni proses penghalusan atau pengamplasan, pastikan dempul benar-benar kering. Untuk lama pengeringannya berbeda antara merk yang satu dengan merk yang lain. Anda bisa menemukan brand yang memiliki dempul cepat kering namun tentu harganya akan berbeda.

Untuk mengetahui apakah dempul sudah kering atau belum, Anda bisa menekan atau mengetukknya perlahan dan bila ada bagian yang goyah artinya ada bagian yang masih belum kering.

6.    Amplas

Langkah berikutnya dalam cara mendempul motor vespa adalah dengan melakukan amplas pada area yang sudah didempul setelah dirapikan dengan pisau dempul. Untuk proses pengamplasan ini sendiri tidak boleh salah langkah. Karena bila salah langkah maka permukaan dempul akan tergores dan kemudian akan menjadi kasar saat pengecatan.

Oleh karena itulah, Anda perlu menyiapkan beberapa ukuran amplas. Mulai dari nomor 40, 240, 360, 500, 800 dan 1000. Gunakan amplas mulai dari yang kasar hingga yang paling lembut secara berhati-hati dan sabar. Jangan sampai Anda terpaksa melakukan dempul ulang. Berikan primer untuk melihat apakah ada pori-pori pada dempul.

7.    Bersihkan dan Keringkan

Bersihkan kembali area yang sudah diamplas dengan kain lembut dari sisa-sisa amplas. Hal ini bertujuan agar saat pengecatan hasilnya akan semulus permukaan di area lainnya. Setelah itu tunggu bila ada area dalam dempul yang belum kering hingga benar-benar kering.
 

8.    Lakukan Pengecatan Dengan Tepat

Setelah melakukan proses pendempulan, tibalah akhirnya untuk melakukan pengecatan. Untuk pengecatan bisa dilakukan seperti pengecatan biasa dengan menggunakan cat semprot atau airbrush. Hasil dari pengecatan akan bergantung pada kualitas dari hasil pendempulan. Bila dempulannya baik dan halus maka hasilnya juga akan baik.

Proses atau cara mendempul motor vespa ini membutuhkan kesabaran dan juga ketelitian dalam melihat hasil pendempulan sebelum melakukan pengecatan. Oleh karena itulah, waktu atau proses yang dibutuhkan juga mungkin tidak sebentar bergantung pada beratnya kasus media yang akan didempul.

BACA JUGA :

Apa Penyebab Motor Xeon Boros Aki dan Solusinya

Merk dan Jenis Dempul

Untuk pemilihan dempul motor vespa Anda, Anda bisa mengaplikasikan dempul yang biasa digunakan pada kendaraan roda empat atau mobil. Memang di sisi harga akan cenderung mahal namun di sisi hasil pastinya akan lebih berkualitas. Beberapa jenis dempul mobil yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Dempul Polyester Putty
  2. Dempul Epoxy Putty
  3. Dempul Lacquer Putty

Setiap jenis dempul tersebut memiliki karakteristik tersendiri sehingga Anda sebaiknya memilih yang Anda butuhkan atau sesuai dengan karakteristik dempul. Sedangkan untuk beberapa merk yang seringkali digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Glasit
  2. Body light
  3. Tanuri


Itulah informasi mengenai cara mendempul motor vespa dan juga beberapa informasi lainnya mengenai proses pendempulan. Semoga artikel ini bermanfaat. Ingat, meskipun terlihat mudah, proses pendempulan merupakan proses yang butuh kesabaran dan juga ketelitian termasuk waktu yang tidak sebentar. Jadi, latihan akan membuat hasil dempul Anda semakin baik.

BACA JUGA :

Ragam Warna Velg Motor Beat Yang Bagus Tahun 2021


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita