Download our available apps

Apa Penyebab Motor Xeon Boros Aki dan Solusinya

Pewarta - Prana Hikmat
Apa Penyebab Motor Xeon Boros Aki dan Solusinya
Ilustrasi : Aki motor xeon

BLOG OSCAS - Apa sebenarnya penyebab motor Xeon boros aki? Kondisi ini tentu saja bikin jengkel karena harus sering mengecek bahkan ganti aki baru, namun tetap saja aki motor boros atau sering tekor. Yuk, cari tahu penyebabnya!

Jika sering merasa aki motor Xeon boros, kemungkinan ada  sejumlah faktor yang menyebabkan aki motor jadi sering tekor, sehingga tidak bisa menyalakan starter, lampu redup, klakson tidak bunyi, dan lain sebagainya.

Pada sepeda motor, aki berperan penting mendukung sistem kelistrikan. Jika aki sering tekor bikin kelistrikan motor jadi bermasalah, maka perlu mencari tahu faktor penyebabnya.

Nah, sebelum mencari penyebab aki motor Xeon boros atau sering tekor, ketahui terlebih dahulu pengertian aki, fungsi dan jenis aki yang biasanya digunakan pada sepeda motor.

Sekilas Tentang Aki Motor

Aki atau Accu merupakan komponen yang wajib ada pada kendaraan bermotor agar mesin bisa dinyalakan. Tanpa aki, motor atau mobil tidak bisa di starter sehingga keberadaannya sangat penting bagi kendaraan.

Adapun fungsi utama aki adalah untuk menyimpan daya listrik yang nantinya disalurkan ke sistem kelistrikan kendaraan. Dengan aki, pengguna bisa starter kendaraan, menyalakan lampu utama dan lain sebagainya.

Maka dari itu, aki kendaraan tidak boleh disepelekan terutama soal perawatannya. Setiap pengguna kendaraan tentu saja perlu melakukan perawatan agar aki bisa berfungsi dengan baik, jika ingin kendaraanya bisa dinyalakan.

Fungsi Aki Motor

Apa fungsi utama aki motor? Bagi yang belum mengetahui fungsi aki motor itu untuk apa, maka bisa simak penjelasan dibawah ini agar lebih mudah dipahami.

  1. Aki motor untuk menyalakan fuel pump saat motor akan di starter khususnya untuk motor injeksi
  2. Pada motor injeksi, aki memiliki fungsi untuk menyalurkan daya ke ECU (Engine Control Unit)
  3. Aki digunakan untuk membantu menyalakan mesin motor menggunakan starter elektrik atau tombol starter
  4. Arus dari aki untuk menyalurkan daya ke dashboard panel sebagai sistem informasi terkait kondisi motor
  5. Aki berfungsi untuk menyalakan komponen seperti klakson, lampu motor, dan lain sebagainya

Nah, setelah mengetahui fungsi aki motor itu untuk apa saja, selanjutnya ketahui jeni aki motor yang ada di pasaran atau biasa digunakan pada kendaraan pada umumnya. Yuk, cari tahu informasinya dibawah ini!

Jenis-Jenis Aki Motor

Tahukah kamu? Bahwa aki motor juga ada jenisnya lho! Nah, untuk mengetahui apa saja jenis aki pada kendaraan bermotor, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Aki Kering

Meskipun dinamakan aki kering, namun masih tetap ada cairan. Hanya saja aki kering menggunakan cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium, perawatannya pun tidak rumit lho! Kamu tidak perlu mengisi ulang cairannya.

2. Aki Basah

Aki basah merupakan jenis aki yang paling umum dan mudah ditemukan, di dalamnya terdapat cairan elektrolit berupa asam sulfat. Cairan ini biasanya cepat habis sehingga perlu mengisi ulang dan perawatan rutin.

3. Aki Gel

Mungkin kamu pernah mendengar jenis aki gel? Aki ini paling canggih dibandingkan jenis lainnya, hal ini karena tidak ada cairan elektrolit, yang ada berupa gel. Perawatannya pun simple dan pemakaiannya bisa tahan lama.

BACA JUGA :

Penyebab Power Steering Berdengung dan Solusinya

Kalian pakai aki apa nih? Terlepas dari jenis aki yang digunakan, bisa saja ada kendala seperti pada motor Xeon boros aki atau gampang tekor. Yuk, ketahui penyebabnya dibawah ini!

Penyebab Aki Motor Xeon Boros atau Tekor


Ada sejumlah faktor penyebab aki motor boros atau gampang tekor, hal ini mungkin tidak disadari oleh pengguna motor Xeon. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Modifikasi Lampu Berlebihan

Aki boros atau tekor bisa disebabkan dari modifikasi lampu yang berlebihan, memasang lampu variasi atau lampu diganti dengan voltase tinggi. Hal ini bisa menguras energi listrik dari aki sehingga menjadi lebih boros.

2. Muatan Kapasitas Listrik Berkurang

Motor Xeon boros aki atau sering tekor bisa disebabkan muatan kapasitas listrik berkurang dalam waktu singkat, biasanya motor jarang dihidupkan dalam waktu lama sehingga membuat aki lama kelamaan jadi gampang tekor.

3. Masalah Pada Kiprok

Kiprok merupakan salah satu komponen sistem kelistrikan pada motor yang perannya cukup penting, sebagai pengatur keluar masuk arus listrik yang dihasilkan oleh aki. Jika terjadi kerusakan bisa menyebabkan aki cepat tekor.

4. Kebersihan Aki Kurang Terjaga

Faktor kebersihan aki pun bisa menjadi penyebab aki boros atau tekor, pada aki terkandung cairan elektrolit yang bisa membuat bagian tertentu jadi karat hingga menimbulkan plak, maka penting untuk menjaga kebersihan aki.

5. Spul Bermasalah

Spul merupakan komponen penghasil arus listrik yang kemudian disalurkan ke komponen kelistrikan lainnya, jika spul bermasalah bisa menyebabkan sistem kelistrikan menjadi kurang optimal, maka bisa cek spul jika memang diperlukan.

Itulah beberapa faktor penyebab motor Xeon boros aki atau gampang tekor, kamu bisa periksa setiap komponen yang menyebabkan aki boros atau bisa mengatasinya dengan cara dibawah ini. Bagaimana caranya?

BACA JUGA :

Penyebab Motor Matic Mati Saat Direm dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Aki Motor Xeon Boros atau Tekor

Setelah mengetahui faktor penyebab akin motor Xeon boros, selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai cara mengatasinya. Yuk, simak penjelasannya hingga akhir!

1. Bersihkan Aki Motor

Apakah kamu pernah mengecek kondisi aki motor? Mungkin saja banyak karat atau plak menempel, maka segera bersihkan dengan sikat gigi bekas dan lap basah. Hal ini sebagian dari perawatan aki agar lebih terawat.

2. Periksa Umur Pemakaian Aki

Biasanya aki motor memiliki rentang waktu pemakaian, jika melebih batas daya aki akan berkurang. Jika diperlukan bisa menggantinya dengan yang baru, dan pastikan faktor penyebab aki boros lainnya teratasi dengan baik.

3. Modifikasi Sesuai Kebutuhan

Jika ingin memodifikasi lampu motor atau menambah lampu variasi, pastikan voltase lampu sesuai dengan standar, biasanya untuk lampu LED memiliki voltase yang rendah, namun tetap saja jangan modifikasi lampu berlebihan.

4. Periksa Ketinggian Cairan Aki

Periksa ketinggian cairan aki motor, usahakan cairan tidak melebihi batas bawah dan atas yang ditentukan. Jika cairan aki berkurang, kamu bisa melakukan isi ulang dengan memakai air suling untuk menjaga kadar keasamannya.

5. Jangan Paksa Memakai Starter

Biasanya aki motor boros atau gampang tekor membuat starter tidak berfungsi, sebaiknya tidak memaksakan menyalakan motor dengan memencet tombol starter jika aki soak, kamu bisa pakai starter engkol sebagai solusinya.

Nah, jika kamu sudah melakukan cara mengatasi motor Xeon boros aki diatas, namun tetap tidak ada perubahan maka sebaiknya bawa motor kamu ke bengkel terdekat, bisa diperiksa lebih mendalam oleh ahlinya.

BACA JUGA :

Cara Merawat Rem ABS Pada Sepeda Motor

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan cara mengatasi aki motor boros atau sering tekor, serta sejumlah penyebabnya. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang ingin mengetahui aki boros atau gampang tekor.

Nantikan informasi seputar otomotif lainnya yang tidak kalah menarik dan menginspirasi, semoga bisa menjadi referensi bagi yang sedang mencari solusi soal kendala pada motor.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita