Download our available apps

Penyebab Motor Matic Mati Saat Direm dan Cara Mengatasinya

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab Motor Matic Mati Saat Direm dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi : Rem Motor Matic

BLOG OSCAS - Pengereman adalah salah satu bagian penting dalam kendaraan yang tidak boleh dilupakan fungsionalitasnya. Tidak sedikit sumber terjadinya kecelakaan adalah karena rem blong atau kurang maksimal. Namun ada juga masalah dalam motor matic yakni mesin mati saat pengereman. Berikut ini ada penjelasan penyebab motor matic saat direm serta cara mengatasinya.

Penyebab Umum Mesin Motor Matic Mati Saat Direm

Masalah mesin motor matic mati saat direm juga menjadi masalah yang tidak kalah berbahaya ketimbang masalah rem blong. Sebelum kita mencari tahu bagaimana mengatasi permasalahan mesin mati ini, kita telisik dulu apa saja penyebab motor matic saat direm.

1. Mesin Kehilangan Kompresi

Hal yang menjadi penyebab dari mesin motor matic yang mati saat direm yang pertama adalah karena faktor kompresi pada mesin. Kompresi yang terganggu ini menyebabkan proses pembakaran dalam mesin terhenti sehingga mesin mati dan juga parahnya akan sulit untuk dihidupkan kembali penyebab dari hilangnya kompresi mesin ini ada beberapa.

Bensin terlalu kering atau bahkan kurang bensin yang mengalir ke arah mesin
Mesin yang terlalu panas karena ruang bakar kering yang juga seringkali diakibatkan oleh kurangnya bensin yang mengalir
Motor jarang digunakan yang mengakibatkan ring piston menciut dan kehilangan kompresinya

2. Kehabisan Oli

Yang menjadi penyebab motor matic saat direm lainnya adalah karena kehabisan oli. Kekurangan atau kehabisan oli bisa menyebabkan mesin matic mati mendadak karena akan terjadi gesekan hebat antar komponen yang ada dalam mesin. Alhasil mesin akan menjadi sangat panas dan kembali mesin akan mati.

Selain mengakibatkan mesin mati tiba-tiba, hal lainnya yang juga akan berpengaruh akibat oli kerinng atau kehabisan oli adalah rusaknya komponen dalam mesin. Karena gesekan antaar komponen bisa saja membuat goresan hingga menjadi patah hingga harus mengganti piston pun tidak terelakkan.

3. Pengapian Yang Lemah

Yang menjadi penyebab motor matic saat direm selanjutnya adalah pengapian yang lemah. Penyebab dari pengapian yang lemah ini bisa diakibatkkan karena koil atau busi yang sudah kotor atau bahkan perlu diganti karena usianya. Berbeda bila mesin mati karena bensin habis dimana motor mati akan mengalami tersendat terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Penyebab Motor Matic Saat Direm

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab motor matic saat direm diatas. Caranya tentu saja bergantung pada jenis penyebabnya. Bila penyebabnya parah maka mungkin perlu juga digantikan spare part atau komponen tertentu. Nah berikut ini adalah cara mengatasinya sesuai dengan penyebabnya.

1. Menyisakan Sedikit Bukaan Gas

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mesin matic mati saat direm adlaah dengan menyisakan sedikit bukaan gas.  Hal ini dilakukan agar mesin tidak kekurangan pasokan bensin sehingga pembakaran dapat terus terjadi dengan lancar. Hal ini akan lebih mudah dilakukan pada motor matic yang masih menggunakan karburator.

Untuk motor matic dengan karburator, Anda bisa mengatur gas penyetel ke arah yang lebih besar. Kamu bisa melakukan tuning sambil mesin menyala sehingga bisa dinilai apakah nanti mesinnya akan mati atau tidak. Jangan lpa juga untuk menyesuaikan sekrup angin agar mesin menjadi lebih stabil dan tidak mudah mati.

Akan tetapi motor matic yang lebih canggih dengan sistem injeksi membutuhkan pengaturan khusus karena harus menggunakan komputer. Alhasil untuk motor matic dengan sistem injeksi tersebut harus diatur bukaan gasnya di bengkel resmi atau bengkel yang mendukung. Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bahan bakar yang dianjurkan untuk mesin tersebut.

BACA JUGA :

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Matic Kasar

2. Menambahkan Tetesan Oli ke Ruang Pembakaran

Hal ini bisa Anda lakukan apabila penyebab motor matic saat direm adalah karena kompresi hilang karena motor jarang digunakan. Cara mengecek bila ini adalah penyebabnya dengan cara membuka busi, tutup lubang busi dengan kain atau tangan, kemudian engkol motornya. Apabila angin yang keluar rendah atau lemah, artinya kompresinya lemah.

Untuk cara mengatasi penyebab yang satu ini juga tergolong mudah yakni dengan menambahkan tetesan oli ke ruang bakar. Keudian tutup kembali lubang busi motor dan engkol secara berulang. Tunggu hingga angin terasa kuat. Hal ini dikarenakan oli akkan memancing kompresi mesin lebih baik sehingga kembali normal kembali.

Setelah sudah dirasa noral, pasang kembali busi dan juga starter seperti biasa.

BACA JUGA :

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

3. Penggantian Oli Berkala

Hal ini adalah jawaban untuk permasalahan mesin motor matic yang mati karena kehabisan oli atau oli yang kering. Pastikan secara rutin melakukan servis dan juga melakukan penggantian oli secara berkala agar kondisi mesin tidak mudah panas dan tidak menyebabkan mesin mati terlebih saat melakukan pengereman.

Dengan melakukan penggantian oli secara berkala dan juga servis berkala, Anda juga menghindari rusaknya komponen dalam mesin yang bisa mengakibatkan turun mesin. Tentunya biaya perbaikan dan pergantiannya nantinya akan sangat mahal dan jauh lebih besar daripada perawatan dan pergantian oli bulanan.

4. Penggantian atau Membersihkan Busi

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin motor matic saat mengerem adalh dengan melakukan pembersihan busi atau bahkan melakukan oenggantian busi bila memang dirasa sudah tidak baik lagi kondisinya. Koil atau busi yang kotor menyebabkan adanya gangguan pengapian sehingga perlu dibersihkan atau bahkan penggantian.

Kerusakan pada busi ini banyak penyebabnya mulai dari terendam air, terjadi korosi atau kotor akibat berdebu. Oleh karne itu, pertama kali Anda bisa melakukan pembersihan terlebih dahulu dan memasangkannya. Apabila memang setelah pembersihan tidak memndapat hasil yang memuaskan, maka langkah yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya.

Tips Saat Mesin Motor Matic Mati Tiba-tiba

Matinya mesin motor matic akibat berbagai hal diatas saat melakukan pengereman bisa sangat membahayakan. Apalagi jika hal tersebut terjadi saat di jalan besar yang mungkin di belakang kendaraan kita diikuti oleh kendaraan lain. Oleh karena itulah ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat motor matic Anda tiba-tiba mati.

1. Langsung bawa ke pinggir jalan

Apabila mesin kendaraan Anda mati tiba-tiba akibat penyebab diatas, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membawa motor Anda ke pinggir jalan. Jangan menyalakan kendaraan Anda saat berada di tengah jalan apabila dalam satu usaha starter kendaraan tidak bisa dinyalakan. Lebih baik Anda bawa kendaraan ke lokasi yang lebih aman.

2. Cek suhu mesin

Apabila dari jarak yang sedikit jauh Anda merasa bila mesin sangat panas, tunggu terlebih dahulu sampai mesin mendingin. Mesin panas ini menjadi salah satu alasan mengapa mesin tiba-tiba mati. Apabila masih belum dapat dinyalakan Anda bisa mengecek beberapa penyebab diatas.

BACA JUGA :

Ragam Warna Velg Motor Beat Yang Bagus Tahun 2021

Semoga artikel mengenai penyebab motor matic saat direm dan beberapa informasi lainnya ini bisa bermanfaat untuk Anda. Ingat, lebih baik melakukan perawatan dengan cara rutin ketimbang harus melakukan perbaikan dengan biaya yang mahal.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita