Download our available apps

Cara Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun
Ilustrasi : Cara Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun

BLOG OSCAS - Anda perlu memahami cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun agar mendapatkan solusi terbaik. Minyak rem merupakan komponen yang vital pada sistem pengereman hidrolik. Jika tidak ada minyak rem, maka tidak mungkin pengereman dapat dilakukan.


Cara Mengatasi Minyak Rem Cakram Tidak Turun Terbaik


Penggunaan minyak rem sering mengalami gangguan, termasuk saat minyak rem tidak turun. Fungsi minyak rem berfungsi sebagai pelumas bagi beberapa komponen logam pada sistem pengereman dan saluran dari tenaga hidrolik ke seluruh komponen pada pengereman.


Penting sekali bukan fungsi minyak rem? Maka dari itu, jika minyak rem tidak turun maka bisa sangat berbahaya. Tiap pengendara perlu memeriksa rem setiap akan memakai kendaraan. Simak beberapa cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun nya berikut ini:


1. Menggunakan Trik Isap


Trik atau teknik isap kerap sekali dipakai saat mengisi minyak rem atau setelah mengganti master rem dan selang untuk mengisi kaliper motor yang memiliki piston lebih dari dua. Saat melakukan penggantian selang rem atau master, Anda bisa mengisi minyak rem yang melewati tabung.


Tabung minyak rem ini terletak di setang karena membutuhkan waktu cukup lama agar minyak rem dapat turun. Cara agar minyak rem cepat turun adalah dengan menghisapnya. Hal ini dilakukan dari bagian bawah agar minyak rem turun dengan mudah tanpa masalah.


Anda bisa menggunakan selang yang telah disiapkan sebelumnya. Cara terbaik melakukannya adalah dengan mengendorkan nepel pada kaliper dengan kunci 10 ataupun 8. Pilih selang dan kendorkan nepel sesuai dengan jenis sepeda motor yang Anda miliki.


2. Menggunakan Trik Suntik


Trik suntik bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun. Trik ini dapat dilakukan oleh mekanik yang tidak mau pakai cara penyedotan minyak rem dari selang seperti pada trik isap. Jadikan, cara ini sebagai opsi yang lebih nyaman.


Trik suntik memakai alat bantu berupa suntikan yang disambungkan ke selang transparan. Anda juga perlu mengisi suntikan dengan minyak rem, lalu menyambungkan selang dengan nepel pada kaliper cakram. Lakukan koneksi ini dengan hati-hati agar bisa tersambung dengan baik.


Siapkanlah kunci sesuai dengan ukuran nepel. Biarkan kunci pembuka pada nepel tetap pada posisi semula. Dengan demikian, penyuntikan bisa menarik minyak rem yang bermasalah dan membuatnya turun sehingga masalah bisa terselesaikan.


3. Menggunakan Cara Menekan


Cara menangani minyak rem yang satu ini cukup berbeda dengan trik sebelumnya. Anda bisa menggunakan trik ini saat membersihkan kaliper hingga saat melepaskan piston. Yang Anda perlu lakukan adalah mengisi kaliper terlebih dahulu sebelum dengan minyak rem hingga penuh.


Lakukan sebelum Anda memasang piston, jadi bisa sekaligus dan lebih mudah melakukannya. Kemudian, tekanlah menggunakan piston dan memasangnya secara bersamaan. Perhatikanlah tabung master rem pada setang agar tidak diisi terlalu penuh.


4. Melakukan Finishing


Cara mengatasi minyak rem cakram tidak turun lainnya adalah melakukan pengecekan apakah ada atau tidak ada angin atau udara palsu. Finishing dilakukan menggunakan selang transparan yang disambungkan ke nepel dengan kunci yang telah disiapkan.


Caranya adalah dengan menekan tuas rem selama 2 atau 3 kali, lalu tahan tuas tersebut. Bukalah nepel dan jangan lupa untuk memperhatikan minyak rem pada selang. Lakukan ini secara berulang-ulang sampai rem cakram tidak turun.


5. Mengganti Rem Cakram


Kalau semua pilihan yang sudah disebutkan diatas telah dilakukan, dan masalah belum terselesaikan, maka Anda bisa menggantinya. Rem cakram yang tidak berfungsi dengan baik tentu bisa fatal. Mungkin masalahnya memang sudah tidak bisa diatasi dengan cara biasa.

BACA JUGA :

Cara Merawat Rem ABS Pada Sepeda Motor


Konsultasikan dengan mekanik Anda, apakah langkah terbaik untuk dilakukan. Kalau pilihannya adalah mengganti rem cakram Anda, maka sesuaikan dengan jenis motor yang dimiliki. Perkirakan juga berapa waktu sebelum rem cakram benar-benar merusak motor.

BACA JUGA :

Penyebab Motor Matic Mati Saat Direm dan Cara Mengatasinya


Itulah beberapa cara mengatasi minyak minyak rem cakram tidak turun. Anda harus mengikuti trik yang sudah dijelaskan agar tidak terjadi kesalahan. Perhatikanlah langkah-langkah di atas agar kendala minyak rem cakram kendaraan Anda teratasi dengan baik.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita