Download our available apps

Jangan Gegabah! Ketahui Apa Saja Resikonya Kalau Motor Matic Pakai Ban Lebar

Pewarta - Prana Hikmat
Jangan Gegabah! Ketahui Apa Saja Resikonya Kalau Motor Matic Pakai Ban Lebar
Ilustrasi : Resikonya Kalau Motor Matic Pakai Ban Lebar

BLOG OSCAS - Bagi Anda pecinta modif motor jangan asal-asalan menggunakan ban lebar untuk motor matic karena resikonya kalau motor matic pakai ban lebar cukup membahayakan. Dalam hal kendaraan bermotor, kestabilan ban saat dioperasikan merupakan hal yang harus diperhatikan karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


Coba bayangkan jika Anda menggunakan ban yang tidak sesuai standar, pastinya besar kemungkinan akan terjadi keolengan saat digunakan. Meskipun terkesan keren dan cool, tetapi hal ini sangat membahayakan dan Anda sebagai pecinta modif motor harus tahu itu.


Motor matic memang mudah di modif sesuai dengan keinginan, tetapi mementingkan keselamatan saat menggunakannya merupakan keharusan yang tidak boleh dilupakan begitu saja. Anda harus tahu dampak yang akan ditimbulkan jika menggunakan ban yang tidak sesuai.


Bahkan ban yang tidak pas ini mampu menurunkan kinerja motor matic pada bagian CVT. Nah untuk mengetahui lebih lengkap tentang resikonya kalau motor matic pakai ban lebar, yuk simak ulasan di bawah ini.


Inilah Resikonya Kalau Motor Matic Pakai Ban Lebar


Sebelum Anda memodif motor matic menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran ban motor matic depan belakang, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu apa saja risiko yang akan ditimbulkan. Dan berikut ini akan kami berikan jawabannya untuk Anda.


1. Tarikan Motor Lebih Berat


Menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran ternyata mampu memberikan daya tarik yang lebih berat untuk motor saat digunakan. Lalu mesin motor akan mengeluarkan tenaga yang lebih besar karena beban yang dibawa lebih berat dari biasanya.


2. Manuver Berkurang


Saat mengganti ban motor matic menjadi lebih besar Anda harus mengetahui resikonya kalau motor matic pakai ban lebar karena bisa menyebabkan manuver berkurang. Tidak hanya itu, manuver ini juga akan menjadi tidak licin dan tidak selincah ban pada umumnya.


3. Van Belt dan Rantai Mudah Aus


Dampak negatif lainnya yang akan dihasilkan karena menggunakan ban besar untuk motor matic adalah van belt dan rantai akan mudah aus. Bukan tanpa alasan, hal ini karena motor harus bekerja lebih berat untuk memutar ban. Sehingga tidak jarang motor yang mudah rusak karena hal ini.


4. Bahan Bakar Boros


Tidak hanya ketiga risiko motor matic menggunakan ban tidak sesuai standar minimal ukuran ban motor di atas, ternyata ada kerugian lainnya yang akan Anda rasakan, yaitu bahan bakar yang boros. Seperti yang kita ketahui bahwa semakin lebar ban maka akan semakin besar pula tenaga yang dibutuhkan mesin.


Hal ini menyebabkan penggunaan bahan bakar yang tinggi. Ruginya Anda harus menyiapkan anggaran yang lebih besar untuk membeli bensin agar motor bisa terus digunakan. Tentunya Anda tidak ingin mengalami sejumlah kerugian ini, ‘kan?


Nah sekarang Anda sudah tahu bagaimana resikonya kalau motor matic pakai ban lebar. Jadi jika Anda hendak memodifikasi ban motor matic menjadi lebih lebar, sebaiknya pikirkan ulang dan lihat apakah ada manfaat yang akan dihasilkan?


Sebaliknya Anda harus lebih memperhatikan kondisi ban motor dan rawat secara rutin agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Adapun cara merawat ban motor matic agar terjaga dengan baik dimulai dari memeriksa secara rutin tekanan udara ban.


Perlu Anda ketahui juga semakin tinggi CC motor maka akan semakin besar berat motor tersebut. Selanjutnya periksa permukaan ban barangkali ada kerikil atau benda tajam yang menyangkut. Bersihkan permukaan ban sesering mungkin untuk mencegah kebocoran.

BACA JUGA :

Cara Menghitung CC Motor GL


Tidak hanya itu, jangan lupa juga untuk menghindari permukaan jalan yang tidak rata saat digunakan. Disarankan untuk menggunakan motor hanya pada jalan yang mulus agar tidak ada benda tajam yang menancap. Selanjutnya adalah dengan menjaga nitrogen dalam ban.


Nitrogen ini berfungsi untuk membuat tekanan ban lebih stabil dan tidak cepat memuai dibandingkan dengan angin biasanya. Sehingga sangat penting untuk mengisi nitrogen dibandingkan angin untuk ban motor matic yang Anda miliki.

BACA JUGA :

Tips Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin Motor Injeksi


Yuk mulai merawat ban motor Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jangan lupa juga untuk mencegah resikonya kalau motor matic pakai ban lebar yang membahayakan pengguna jalan lainnya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita