Download our available apps

Tips Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin Motor Injeksi

Pewarta - Prana Hikmat
Tips Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin Motor Injeksi
Ilustrasi : Tangki Bensin Motor

BLOG OSCAS - Sudah berapa lama tidak menguras dan membersihkan tangki bensin motor injeksi? Padahal penting banget lho, tangki bensin yang kurang perawatan bisa membuat kotoran yang mengendap menyumbat aliran bahan bakar.

Nah, bagi yang ingin menguras sekalian membersihkan tangki bahan bakar motor injeksi, ada sejumlah tips yang mungkin bisa membantu. Cara ini bisa dilakukan di rumah, namun jika tidak mau repot bisa minta bantuan ke bengkel.

Tangki bensin yang tidak terawat tentu saja akan membuat kinerja motor menjadi terganggu, bahkan performa mesin bisa menurun karena suplai bahan bakar tidak lancar akibat ada sumbatan kotoran dari karat yang menumpuk.


Tentang Tangki Bensin Motor


Tangki bensin motor berfungsi untuk menampung bahan bakar dan mengalirkannya ke sistem pembakaran, jika ada kotoran dari serpihan karat bisa membuat sistem pembakaran kurang maksimal, hal ini membuat performa jadi berkurang.

Tangki bensin motor injeksi memiliki peran penting untuk memastikan performa mesin tetap optimal, jika ada kotoran yang masuk ke sistem pembakaran bisa membuat motor menjadi tersendat bahkan bisa terjadi mesin mati atau mogok.

Ketika kotoran tangki bensin mengendap, kotoran tersebut bisa masuk ke fuel pump atau pompa bensin, jika hal ini terjadi bisa membuat proses pembakaran jadi terhambat. Maka tangki harus dikuras dan dibersihkan secara berkala.


Tips Menguras Tangki Bensin Motor


Menguras dan membersihkan tangki bensin bisa dilakukan di rumah tanpa perlu melepaskan tangki dari bodi motor, mungkin bagi yang masih awam akan terasa sulit, namun tidak ada salahnya mencobanya.


1. Tangki Bensin Terisi Bahan Bakar


Langkah pertama, pastikan tangki bensin terisi bahan bakar kurang lebih setengah dari ukuran tangki. Jika kosong maka isi bensin terlebih dahulu, tujuannya agar bisa memudahkan saat proses pengurasan atau pembersihan kotoran.


2. Menyiapkan Alat Kuras Bensin


Setelah itu kemudian siapkan benda seperti jerigen dan selang kecil transparan dengan panjang kurang lebih satu meter. Jerigen ini nantinya untuk menampung bensin yang dikuras, sementara selang untuk menyedot bensin keluar.


3. Menguras dan Membersihkan Kotoran


Masukan ujung selang ke tangki bensin, ujung lainnya ke jerigen. Lalu tiup lubang tangki bensin hingga bahan bakar mengalir keluar melalui selang, sambil gerak-gerakan selang agar kotoran ikut tersedot keluar.

Jika bahan bakar di tangki bensin habis, namun kotoran masih ada, bisa ulangi cara diatas hingga tangki bensin benar-benar bersih. Sebelum bahan bakar dimasukkan kembali ke tangki, pastikan saring kotorannya terlebih dahulu.


Kapan Sebaiknya Kuras Tangki Bensin?


Waktu ideal menguras dan membersihkan tangki bensin motor injeksi satu tahun sekali atau setiap 10.000 km, kamu bisa menguras dan membersihkan tangki sendiri di rumah atau bisa melakukannya di bengkel jika kurang yakin.

Berapa harga jasa kuras tangki bensin di bengkel? Sebenarnya setiap bengkel memberi harga yang bervariasi sesuai dengan jenis kendaraannya, namun kisaran harga menguras dan membersihkan tangki bensin sekitar Rp 30 - 50 ribu.

BACA JUGA :

Penyebab Motor Matic Mati Saat Direm dan Cara Mengatasinya


Efek Tidak Kuras Tangki Bensin Motor


Jika tidak menguras dan membersihkan tangki bensin secara berkala maka akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tangki bensin keropos dan berkarat
  2. Injektor dan selang bahan bakar mampet
  3. Mesin sering mogok dan tersendat
  4. Fuel pump rusak akibat kotoran
  5. Tangki bensin bisa bocor akibat karat


Demikian informasi seputar cara menguras dan membersihkan tangki bensin motor injeksi yang harus dilakukan secara berkala agar tangki terawat dan terhindar dari keropos hingga fuel pump rusak. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita