Download our available apps

Cara Menghitung CC Motor GL

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghitung CC Motor GL
Ilustrasi : Motor GL

BLOG OSCAS - Setiap motor dibekali kapasitas mesin berbeda-beda, mulai dari 110 cc hingga 1000 cc. Lantas, bagaimana cara menghitung cc motor GL? Nah, untuk mengetahui cara hitung cc motor dengan benar, simak penjelasannya dibawah ini.

Ada sejumlah cara untuk menghitung besaran kapasitas mesin motor, hal ini biasanya dilakukan bagi yang ingin mengubah tenaga mesin menjadi lebih maksimal dengan menaikan kapasitas mesin dari standar pabrikan.

Jika belum mengetahui apa itu cc mesin motor, berikut ada sedikit penjelasan tentang cc motor dan istilah yang mungkin tidak asing ditelinga, yaitu bore up dan stroke up.


Tentang CC Motor


CC merupakan singkatan dari Centimeter Cubic, dalam dunia otomotif istilah tersebut dinamakan dengan volume ruang bakar. Setiap motor punya ruang bakar berbeda, ada yang cc kecil dan cc besar sesuai dengan jenis motornya.

Meskipun kapasitas mesin sudah ditentukan oleh pabrik, namun ada yang masih belum puas sehingga melakukan perubahan agar lebih bertenaga dan gahar. Maka dari itu, ada istilah bore up dan stroke up. Apa itu?

Bore up adalh mengganti piston pabrikan motor dengan piston lebih besar dengan tujuan mengubah tenaga jadi lebih besar. Sedangkan Stroke up adalah menaikkan langkah piston dengan mengganti Big End dengan Pen Stroker lainnya.

Nah, jika kalian ingin melakukan bore up atau stroke up, maka ketahui terlebih dahulu cara menghitung cc motor yang tepat dan benar. Yuk, simak informasinya dibawah ini.


Cara Menghitung CC Motor


Ada beberapa cara menghitung kapasitas cc mesin motor yang perlu diketahui, tujuannya agar bisa menentukan cc motor yang tepat dan kapasitas yang sebenarnya. Berikut caranya:


1. Hitung CC Motor dengan Volume Tabung


Untuk menghitung cc motor bisa menggunakan rumus volume tabung, adapun cara perhitungannya sebagai berikut :

Rumus volume tabung : 3.14 x r x r x t

  • 3.14 adalah nilai absolute lingkaran
  • r adalah jari-jari silinder (setengah diameter lingkaran)
  • t adalah tinggi langkah atau stroke


Contoh perhitungannya :


Misalkan akan menghitung mesin Honda GL 100 memiliki ukuran diameter piston 52 mm, untuk jari-jari (r) silinder menjadi 26 (setengah diameter piston). Kemudian t atau stroke nilainya 49.5 mm, maka perhitungannya sebagai berikut:

Hitung cc motor Honda GL : 3.14 x 26 x 26 x 49.5


Hasil perhitungan adalah : 105.070


Kapasitas cc motor Honda GL : 105.1 cc


2. Hitung CC Motor dengan Kapasitas Mesin


Sementara untuk menghitung cc motor dengan mengetahui kapasitas mesin menggunakan rumus sebagai berikut :

Rumus hitung cc motor : 0.785 x (D x D) x L

  • 0.785 adalah hasil dari 3.14 : 4
  • D adalah diameter silinder atau piston
  • L adalah panjang langkah atau stroke


Contoh perhitungannya :


Misalkan akan menghitung cc motor Honda GL 100, diketahui memiliki diameter piston (D) 52 mm dan stroke (L) 49.5 mm. Berapakah kapasitas cc mesin motor tersebut?

Hitung cc motor Honda GL : 0.785 x (52 x 52) x 49.5
Hasilnya perhitungan adalah : 105.070
Kapasitas cc motor Honda GL : 105.1 cc

Dari kedua cara menghitung cc motor Honda GL diatas hasilnya menunjukan angka 105.070, pabrik motor membulatkan kapasitas mesin menjadi 105.1 cc. Hasil ini sesuai dengan keterangan kapasitas mesin Honda GL sebenarnya.

BACA JUGA :

Kapasitas Oli Shock Depan NMax


Mudah bukan? Itulah cara menghitung kapasitas mesin pada motor, jika ingin melakukan bore up atau stroke up maka bsia menggunakan rumus tersebut. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita