Download our available apps

Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Matic Kasar

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Mesin Motor Matic Kasar
Ilustrasi : Mesin motor matic

Kenyamanan berkendara tidak hanya ada pada bagaimana kendaraan kita bisa berjalan dengan lancar saja, namun juga bagaimana suara kendaraan kita berbunyi. Bila Anda tidak menggunakan jenis knalpot motor racing, pasti Anda berharap pada suara mesin yang halus terlebih bila itu motor matic. Ini penyebab dan bagaimana cara mengatasi suara mesin motor matic kasar.

Sumber Suara Kasar Motor Matic

Sebelum kita mencari tahu cara untuk mengatasi suara mesin yang kasar di motor matic, kita coba pahami juga berbagai penyebabnya. Karena seperti manusia, penyakitnya harus kita pahami terlebih dahulu sebelum mengobati. Namun yang pasti adalah jangan membiarkan suara mesin kasar dari mootor matic ini berkelanjutan, pasalnya selain bisa membahayakan juga bisa memperberat kerusakan.

1. Roller Bengkok

Alasan atau penyebab pertama dari suara mesin matic yang kasar atau sering dikenal dengan suara ngorok adalah karena roller yang bengkok. Bagian roller yang bengkok dapat menimbulkan saura yang tidak nyaman untuk didengar. Selain karena suaranya yang tidak nyaman untuk didengarkan, roller yang bengkok ini juga bisa berakibat pada performa mesin.

Roller yang bengkok akan menurunkan performa kendaraan sehingga terasa tidak bertenaga karena merupakan salah satu piranti yang penting. Selain agar tidak menimbulkan suara berisik, Anda harus segera mengganti roller yang bengkok agar kendaraan Anda memiliki performa yang kembali prima saat digunakan dalam keseharian Anda.

Yap, cara mengatasi suara mesin motor matic kasar karena roller bengkok ini adalah dengan cara menggantinya karena memang sulit untuk mengembalikannya seperti semula. Gunakan part dengan kualitas terbaik untuk mengurangi kemungkinan bengkok lagi dengan demikian Anda bisa berkendara dengan performa maksimal dan juga tanpa suara yang berisik lagi.

2. V Belt Aus

Alasan kedua mengapa suara mesin motor matic kasar adalah karena V Belt yang aus. Apabila V Belt ini mengendur maka gesekan yang timbul akan menimbulkan suara yang kasar. Memang V Belt ini merupakan part yang harus sering diganti apabila sudah mulai mengendur. Biasanya bagian yang mengendur adalah CVT Motor.

Karena V Belt ini mengendur maka akan bergesekan dengan crankcase maka akan berbunyi keras. Sama seperti roller yang bengkok, apabila V Belt yang kendur ini tidak segera digantti maka juga akan mengganggu performa mesin saat berkendara. Oleh karena itulah ada baiknya bila terindikasi V Belt yang bermasalah maka cara mengatasi suara mesin motor matic kasar ini adalah dengan menggantinya.

3. Roller Tertutup Plastik Slider

Alasan ketiga yang juga terjadi pada roller adalah apabila roller tertutup plastik slider. Apabila ini terjadi maka motor matic Anda dapat bebrunyi sangat kasar. Mengappa hal ini bisa terjadi adalah pada bor tertutup plastic slider akan bergesekan dan akan berbunyi nyaring. Selain menimbulkan bunyi yang tidak nyaman hal ini juga akan menyebaban bor pada roller cepat aus.

Hal ini dicirikan dengan bunyi yang biasanya semakin nyaring dari awal saat slider menutup roller. Dan akibat terburuknya adalah menimbulkan getaran dan juga gerak plat tutup roller menjadi tidak stabil sehingga kembali berpengaruh pada performa saat mesin dinyalakan. Apabila belum terlalu parah Anda bisa memperbaikinya sebelum harus menggantinya.

4. Secondary Sliding Shaves yang Rusak

Masalah keempat yang seringkali menjadi sumber suuara berisik di motor matic adalah karena secondary sliding shaves yang rusak. Bagian ini sering disebut juga sebagai face set moveable yang mana berfungsi untuk mendorong belt. Apabila kondisinya kurang baik atau daam hal ini aus, hal ini mengakibatkn suara yang mengganggu.

Salah satu cara mengatasi suara mesin motor matic kasar karena masalah ini adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Hal ini sudah menjadi salah satu bagian standar yang dicek setiap kali melakukan servis. Oleh karena itulah jangan sampai telat perawatan bulanan atau servis bulana untuk menghindari bagian ini yang rusak.

5. Kampas Kopling Bermasalah

Hal lainnya yang masih tergolong ringan saat mesin matic bersuara kasar adalah kampas yang bermasalah. Kampas kopling yang sudah menipis biasanya menimbulkan suara berdecit dan bila habis suaranya bisa semakin keras. Tentu ini bisa membuat Anda tidak nyaman dalam berkendara karena dampak lainnya dari kampas bermasalah ini adalah tarikan yang melemah atau tidak kencang.

Untuk cara mengatasi suara mesin motor matic kasar akibat kampas kopling bermasalah ini adalah tentu dengan menggantinya secara berkala apabila diketahui kampasnya sudah tidak layak pakai. Oleh karena itu kembali, pastikan kendaraan Anda dicek atau diservis secara rutin agar ketahuan apa yang nantinnya harus diganti demi kenyamanan berkendara Anda.

6. Mangkok Kopling Bermasalah

Hal lainnya yang berkaitan dengan masalah kampas yang menipis adalah mangkok kopling yang bermasalah. Umumnya ini terkait dengan lem perekat mangkok kopling yang sudah habis atau kehilangan daya rekatnya. Alhasil suara mesin motor matic menjadi kasar. Untuk bagian ini mau tidak mau harus ditambahkan lagi lemnya dengan cara melakukan pengecekan rutin.

7. Gearbox

Alasan lainnya mengapa suara mesin motor matic berisik adalah karena gearbox yang sudah mulai bermasalah. Masalah pada gearbox ini bisa dibilang cukup berat bila sampai berbunyi kasar. Alasannya karena gearbox sudah mulai aus sehingga muncul celah antar mata gigi renggang. Akbat tidak presisinya perputaran tersebut, munculah suara kasar yang tidak nyaman.

Selain masalah keausan, alasan lainnya adalah gearbox yang sudah mulai renggang atau oblak. Hal ini juga bisa menimbulkan suara yang kasar. Penyebab dari gearboox yang renggang ini sangat banyak. Mulai dari karna usia dari mesin yang sudah cukup lama hingga jarang ganti oli atau kurang pengecekan oli. Alhasil gearbox ini bermasalah dan kurang maksimal saat diguna.

Baca juga : Jalur Warna Kabel Kiprok Yamaha Mio

Ciri lain bila terjadi kontaminasi air pada oli yang menyebabkan rusaknya seal rumah gearbox adalah warna oli berubah warnanya menjadi kecoklatan atau bahkan menjadi warna putih susu. Oleh karena itulah, cek secara rutin bagian ini agar meminimalisir kerusakan akibat bocornya air. Tentu hal ini bisa Anda lakukan ketika Anda melakukan pengecekan atau servis rutin.

Itulah beberapa penyebab dan juga cara mengatasi suara mesin motor matic kasar. Sumber masalahnya sangat beragam dan juga cara mengatasinya bisa mulai dari servis hingga penggantian spare part. Namun satu hal yang pasti, jangan sampai lupa atau terlambat melakukan pengecekan atau servis ringan pada kendaraan Anda. Apalagi mulai terdeteksi suara-suara aneh dari mesin.

Semoga artikel mengenai penyebab dan juga cara mengatasi suara mesin motor matic kasar ini dapat bermanfaat untuk Anda. Ingat, rawatlah kendaraan Anda dengan melakukan pengecekan secara rutin dan juga segera bawa ke bengkel bila terdengar suara yang aneh. Jangan sampai kerusakan tersebut malah semakin parah dan juga membuat berkendara Anda tidak nyaman.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita