Download our available apps

Warna Jalur Kabel Kiprok Honda Megapro

Pewarta - Prana Hikmat
Warna Jalur Kabel Kiprok Honda Megapro
Ilustrasi : Jalur kabel kiprok honda megapro

Bagaimana cara memasang kabel kiprok motor Honda? Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul ketika merasa bingung menentukan warna kabel jalur kiprok Honda Megapro. Adapun caranya bisa simak penjelasan dibawah ini.

Setiap motor memiliki jenis kiprok yang berbeda, begitupun soal warna kabel pada motor Honda tidak sama dengan merek motor lainnya, maka agar tidak terjadi kesalahan saat pemasangan perlu ketahui fungsi dari setiap warnanya.

Dengan mengetahui fungsi warna kabel kiprok maka bisa membantu saat melakukan perbaikan, jika salah menempatkan warna kabel pada pin kiprok bisa saja bakal menyebabkan kendala atau kerusakan yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, kenapa perlu mengetahui warna kabel pada kiprok Megapro karena memiliki urutan dan jumlah pin yang mungkin berbeda dengan kiprok motor lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kenali kiprok Honda Megapro di bawah ini.

Mengenal Kiprok Megapro

Kiprok atau regulator memiliki peran penting sebagai pengendali arus dan tegangan dari spul, dengan adanya kiprok arus listrik menjadi lebih stabil sebelum dialirkan ke aki. Jika kiprok rusak, maka sistem kelistrikan bisa menjadi kacau.

Arus listrik yang dihasilkan oleh sistem pengisian tergantung dari besar kecilnya putaran mesin, hal inilah yang menyebabkan arus dan tegangan menjadi tidak stabil, maka perlu adanya kiprok agar arus listrik tidak terjadi over charge.

Kiprok merupakan perangkat yang wajib ada di setiap kendaraan dengan sistem pengapian CDI - DC seperti di Honda Megapro, dimana sistem pengapian ini lebih mengandalkan arus dari aki sehingga perlu arus atau tegangan yang stabil.

Meskipun tanpa aki, mesin motor Honda Megapro masih bisa menyala, hanya saja jika dibiarkan terus menerus maka bisa merusak sistem kelistrikan pada motor.

Perbedaan Kiprok Megapro dengan Motor Lain

Ada sejumlah perbedaan kabel jalur kiprok Honda Megapro dengan kiprok motor lainnya, hal inilah yang tentu saja harus diperhatikan betul ketika akan melakukan perbaikan kiprok motor Megapro. Adapun perbedaannya sebagai berikut:

  • Pada Honda Megapro terdapat 5 kabel kiprok
  • Arus dari spul menuju kiprok untuk pengisian saja
  • Warna kabel bisa berbeda dengan motor lainnya

Meskipun ada beberapa perbedaan, namun secara fungsi masih sama dengan kiprok motor lainnya, yaitu untuk menstabilkan arus atau tegangan dari spul sebelum disalurkan ke aki, serta membuat arus stabil ke lampu utama motor.

Nah, jika kamu penasaran dengan warna jalur kabel kiprok Megapro itu seperti apa dan fungsi kabel tersebut untuk apa?, mari simak penjelasannya dibawah ini.

Warna Kabel Kiprok Megapro

Warna jalur kabel kiprok Honda Megapro bisa memudahkan saat melakukan pemasangan atau perbaikan, setiap warna memiliki fungsi yang berbeda. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai warna tersebut, simak ulasan berikut ini.

1. Warna Kabel Kiprok Kuning

Pada kiprok Honda Megapro terdapat pin dengan warna kabel kuning, fungsi soket kiprok ini untuk melakukan pengisian arus atau tegangan listrik dari spul (stator coil).

2. Warna Kabel Kiprok Kuning

Kabel warna kuning di kiprok Honda Megapro yang kedua ini memiliki fungsi yang sama seperti kabel kuning pertama, yaitu untuk melakukan pengisian arus listrik dari spul.

3. Warna Kabel Kiprok Merah

Adapun kabel kiprok warna merah digunakan untuk menyalurkan arus ke aki motor dan ke kunci kontak, sehingga ada arus atau tegangan listrik yang masuk ke komponen tersebut.

4. Warna Kabel Kiprok Hitam

Sementara untuk mendukung sistem kelistrikan seperti untuk penerangan, klakson, starter dan lain sebagainya. Arus listrik disalurkan dari kabel warna hitam ini.

5. Warna Kabel Kiprok Hijau

Terakhir kabel warna hijau pada kiprok Honda Megapro dipakai untuk jalur massa atau ground bodi motor, sehingga arus bisa terhubung dengan baik dan stabil.

Itulah warna kabel yang ada di jalur kiprok Honda Megapro yang terdiri dari 5 pin atau soket, setiap warna memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga perlu ketelitian saat melakukan pemasangan agar tidak terjadi kendala.

Baca : Warna Kabel Spul Motor Honda dan Fungsinya

Setelah mengetahui warna kabel jalur kiprok pada motor Honda Megapro, mari ketahui fungsi utama kiprok motor. Sebenarnya kiprok ini untuk apa sih? Simak penjelasan berikut ini.

Fungsi Kiprok Motor

Setiap komponen pada sepeda motor tentu saja memiliki fungsi yang penting, termasuk kiprok yang keberadaanya sangat diperlukan sebagai penunjang kelistrikan motor. Adapun fungsi utama kiprok motor adalah sebagai berikut:

1. Rectifier

Fungsi utama kiprok motor adalah untuk mengubah arus atau rectifier, spul yang mengeluarkan arus listrik AC tidak bisa langsung dialirkan ke aki yang jenisnya listrik DC. Maka perlu ada kiprok sebagai pengubah arus AC menjadi DC.

2. Regulator

Kiprok memiliki fungsi sebagai regulator yang akan membatasi tegangan atau arus listrik dari spul, jika arus terlalu tinggi bisa terjadi over charge, sementara arus terlalu kecil maka aki bisa tekor, maka perlu kiprok untuk menyeimbangkan.

3. Penstabil Arus

Kiprok adalah komponen pada motor yang fungsinya untuk menstabilkan arus listrik ke lampu utama, jika terlalu berlebih bisa mengakibatkan lampu cepat putus, maka perlu kiprok untuk membuat arus listrik motor jadi lebih stabil.

Baca juga : Jalur Warna Kabel Kiprok Yamaha Mio

Setelah mengetahui fungsi utama dari kiprok motor, selanjutnya ketahui penyebab kiprok rusak agar sistem kelistrikan motor bisa terkendali dan perbaikannya tidak memerlukan baiaya yang mahal, simak penjelasanya dibawah ini.

Penyebab Kiprok Rusak

Dengan mengetahui penyebab kerusakan kiprok, maka bisa segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, bahkan bisa menyebabkan motor tidak bsia dinyalakan. Adapun penyebabnya sebagai berikut :

1. Kiprok Overheating

Pada saat kiprok motor terlalu panas dan bekerja terlalu berat, maka akan mengakibatkan kiprok mengalami overheating. Hal ini bisa saja disebabkan kualitas kiprok yang jelek, arus aki yang tidak stabil dan kurang mendapat pendinginan.

2. Baterai atau Aki Motor Rusak

Jika kualitas aki atau baterai jelek dan sudah rusak, maka menyebabkan kiprok harus bekerja ekstra dan membuatnya menjadi panas, sehingga kiprok bisa rusak karena menopang arus berlebih. Maka pakailah aki yang berkualitas.

3. Memacu Motor Kecepatan Tinggi

Sering memacu motor dengan kecepatan tinggi membuat kinerja koprok semakin berat dan akan menghasilkan panas yang tinggi, ketika tidak didinginkan dengan baik maka bisa overheating, jika dibiarkan lama kelamaan kiprok bisa rusak

Nah, dengan mengetahui penyebab kiprok rusak maka bisa mencegah hal tersebut terjadi dengan merawat dan memakai motor dengan bijak. Namun, jika rusak dan harus ganti kiprok, maka pilihlah yang original yang terjamin kualitasnya..

Demikian informasi seputar jalur kiprok Honda Megapro yang bisa jadi referensi buat kamu yang bingung cara menentukan warna kabel kiprok yang benar, serta ketahui penyebab kiprok bisa rusak. Semoga informasinya bermanfaat.

Nantikan update informasi yang tidak menarik lainnya. Yuk, pantengin terus halaman website ini! Bakal ada banyak info yang bisa menginspirasi dan bermanfaat lainnya.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita