Download our available apps

Warna Kabel Spul Motor Honda dan Fungsinya

Pewarta - Prana Hikmat
Warna Kabel Spul Motor Honda dan Fungsinya
Ilustrasi : Warna kabel spul motor honda

Bagi pemilik bengkel mungkin sudah tidak asing lagi dengan warna kabel spul motor Honda, namun bagi yang sedang belajar otomotif perlu mengetahui komponen penting ini karena berkaitan dengan sistem kelistrikan motor.

Pada kendaraan motor memiliki sistem kelistrikan yang cukup kompleks, perihal warna kabel spul saja ternyata tidak asal saja lho! Terlepas dari fungsi utamanya untuk menyalurkan arus listrik dari komponen satu ke komponen lainnya.

Selain memiliki fungsi yang berbeda-beda, kabel juga pada dasarnya saling ketergantungan lho! Artinya, ketika satu kabel tidak berfungsi dengan baik maka bisa berpengaruh terhadap fungsi komponen lainnya, termasuk kabel spul.

Kabel spul memiliki warna yang berbeda dengan fungsinya masing-masing. Kendari demikian, pada motor honda jumlah kabel dan warna kabel spul motor satu dengan lainnya sama.

Nah, sebelum membahas warna kabel spul motor Honda. Yuk ketahui terlebih dahulu soal pengertian dan fungsi spul motor! Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Spul Motor?

Secara fisik, spul motor terbentuk dari lilitan kawat tembaga yang setiap bilahnya memiliki pokok tangkai karbon. Jumlah lilitannya berbeda antara satu spul dengan spul lainnya, serta tidak bisa dihitung dengan asal-asalan.

Setiap lilitan spul akan mempengaruhi besar kecilnya tegangan listrik, jika lilitannya semakin banyak maka bisa menghasilkan tegangan listrik yang besar. Maka dari itu, dalam proses pembuatannya dibutuhkan ketelitian tinggi.

Jika kendaraan sepeda motor memerlukan energi listrik yang besar, maka jumlah lilitan tembaga spul makin banyak, begitu pula sebaliknya. Hal ini bisa memudahkan pengguna motor menyalakan motor tanpa perlu bersusah payah.

Meskipun seiring perkembangan teknologi, spul sudah banyak modifikasi yang mengimbanngi kebutuhan pengbuna motor. Lantas, sebenarnya spul motor ini fungsinya untuk apa sih?

Fungsi Spul Motor

Spul sendiri memiliki tugas untuk menghasilkan energi listrik jenis AC (Alternating Current) yang nantinya akan disalurkan ke kiprok, kemudian arus listrik dialirkan ke komponen pada sistem kelistrikan lain termasuk mengisi daya aki motor.

Energi listrik yang dihasilkan berasal dari kumparan kawat tembaga yang ada di spul, pada proses ini masih berbentuk arus bolak balik (AC). Agar bisa menghasilkan tenaga, maka arus harus diubah menjadi arus searah (DC) melalui kiprok.

Komponen ini sangat berguna untuk memberikan pasokan listrik yang menjadi penghasil arus utama listrik pada motor, tanpa spul motor tidak akan bisa dinyalakan karena sumber listriknya berasal dari komponen yang sangat penting ini.

Itulah fungsi dari spul motor yang perlu diketahui bagi pengguna semua jenis motor. selanjutnya mengenal warna kabel spul motor Honda yang akan dijelaskan di bawah ini. Yuk, simak uraiannya hingga akhir!

Warna Kabel Spul Motor Honda

Pada dasarnya spul motor Honda memiliki persamaan warna kabel antara merk Honda satu dengan lainnya, kemudian pada spul motor Honda terdapat 4 kabel dengan warna dan fungsi yang berbeda-beda setiap warnanya.

Nah, agar tidak salah ketika mengatasi kendala pada spul. Yuk kenali warna kabel motor Honda! Adapun ulasan warna kabel beserta fungsinya bisa simak dibawah ini.

1. Warna Kabel Spul Kuning

Warna kabel kuning pada spul motor Honda fungsinya sebagai garis awal untuk lampu penerangan, arus yang awalnya jenis AC dari spul kemudian diubah menjadi DC melalui kiprok, setelah itu arus listrik disalurkan ke lampu motor.

2. Warna Kabel Spul Putih

Warna kabel putih pada spul berfungsi sebagai pengisian energi listrik untuk sistem pengisian aki, warna kabel putih ini akan masuk ke kiprok kemudian tegangannya akan dibatasi sebelum masuk ke aki agar arusnya bisa lebih stabil.

3. Warna Kabel Spul Hitam Garis Merah

Kabel berwarna hitam garis merah ini digunakan untuk sistem pengapian yang dikeluarkan pada busi, jika spul lemah atau mengalami kerusakan maka motor tidak akan menyala karena tidak ada pengapian pada bagian busi.

4. Warna Kabel Spul Biru Garis Kuning

Kabel berwarna biru garis kuning ini berfungsi membuat sistem pengapian menjadi stabil, arus yang dihasilkan tidak terlalu tinggi maupun kecil. Spul normal biasanya akan ada percikan api jika menempelkan kabel massa ke body motor.

Jika terjadi kerusakan pada spul, dengan mengenali warna kabel spul maka bisa dengan mudah memasang kabel spul sesuai dengan warna dan fungsinya. Hal inilah alasan kenapa warna kabel kelistrikan motor berbeda-beda.

Baca juga : Jalur Warna Kabel Kiprok Yamaha Mio

Nah, sebagai informasi tambahan buat kamu yang ingin mengetahui penyebab kerusakan spul, ciri-ciri spul rusak, dan tips agar spul awet digunakan dalam waktu uang alam, maka bisa simak ulasan dibawah ini.

Penyebab Spul Motor Rusak

Apa sih yang menyebabkan spul motor rusak? Ada beberapa faktor yang bisa membuat spul rusak dan bikin motor tidak bisa dinyalakan. Adapun penyebabnya sebagai berikut:.

  1. Terjadi panas berlebih pada dinamo
  2. Terjadi konsleting karena soket aus
  3. Sering kekurangan oli mesin
  4. Usia pemakaian juga berpengaruh
  5. Spul berkarat dan kotor
  6. Kesalahan penggunaan motor
  7. Dan lain sebagainya

Dengan mengetahui penyebab spul motor rusak, maka kamu bisa menghindari hal-hal yang bisa bikin spul cepat mengalami kerusakan, sehingga spul awet dan tahan lama.

Ciri-Ciri Spul Motor Rusak

Sebenarnya spul rusak bisa diperbaiki dengan membongkar spul tersebut, mengecek dan memperbaiki letak kerusakannya. Adapun ciri-ciri spul rusak sebagai berikut:

  1. Mesin motor tidak bisa dinyalakan
  2. Aki atau baterai motor lemah
  3. Bau hangus menyengat di area spul
  4. Sistem kelistrikan motor mati total
  5. Spul terlihat gosong
  6. Dan lain sebagainya

Itulah beberapa ciri saat spul motor mengalami kerusakan, jika dirasa tidak bisa memperbaikinya sendiri, sebaiknya bawa ke bengkel terdekat agar bisa ditangani dengan baik.

Tips Agar Spul Motor Awet

Sebagai komponen penting pada motor, spul perlu perawatan agar awet dan tidak mudah gosong atau rusak. Untuk itu, perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Jangan Menambahkan Aksesori Berlebih

Untuk merawat spul motor agar tetap awet, jangan memakai atau menambahkan aksesoris kelistrikan secara berlebihan tanpa perhitungan, misalnya memasang lampu tambahan tanpa memperhitungkan kekuatan spul.

2. Jangan Biarkan Oli Mesin Kering

Spul motor yang gampang gosong atau bau hangus menyengat, biasanya disebabkan sering membiarkan oli mesin telat diganti bahan kering. Sebaiknya rutin ganti oli secara berkala, agar ruang spul tetap dingin dan tidak panas berlebih.

Itulah tips agar spul motor awet sehingga tidak perlu mengganti komponen kelistrikan ini, dengan merawat spul motor maka sistem kelistrikan berjalan dengan normal.

Demikian informasi seputar spul motor mulai dari mengenal warna kabel spul motor Honda hingga penyebab kerusakan spul, ciri spul rusak dan tips merawat spul agar awet. Semoga informasinya bermanfaat.

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, nantikan update info terbaru dari kami yang tidak kalah menarik sekaligus bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Untuk itu, tetap pantengin halaman website ini.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita