Download our available apps

Cara Membuka Baut/Mur Yang Macet/Keras Karena Karat

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membuka Baut/Mur Yang Macet/Keras Karena Karat
Ilustrasi : Foto baut macet

BLOG OSCAS - Karat adalah musuh dari segala besi baik itu pagar hingga mur dan baut. Apabila karat ini sudah semakin berat kasusnya, hasil terburuk yang bisa didapatkan adalah besi tersebut patah atau mur dan baut akan sulit untuk dibuka atau macet. Nah berikut ini ada cara membuka baut macet karena karat. Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat dan juga bisa membantu kamu.


Langkah 1: Periksa apakah baut tersebut bakal patah


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan apakah baut siap untuk dipatahkan. Setelah baut mencapai batasnya, atau dalam hal ini membentang melampaui batas elastisnya, baut akan putus atau pecah. Hal ini umum terjadi pada baut atau mur yang berukuran kecil dan sudah sebagian besar terkena korosi atau karat.


Anda harus terlebih dahulu mengecek apakah bautnya benar-benar berkarat atau ada kompon penguncinya? Banyak baut pabrik yang menerapkan pengunci ulir. Ini bisa dilunakkan dengan panas sebagai salah satu cara membuka baut macet karena karat. Dan apabila sudah terlepas apakah baut layak dipakai kembali? Baut berkarat yang telah kehilangan kekuatan tariknya tidak akan memiliki kekuatan penjepit yang diperlukan untuk melakukan tugasnya.


Apabila baut sudah terlanjut berkarat akan lebih mudah untuk mematahkan baut dan menggantinya. Apaagi bila pengencang tersebut berukuran lebih kecil seperti baut dan sekrup bodi sering kali tidak dapat disimpan. Gunakan tang pengunci pada mur J agar baut tidak berputar dan cukup mematahkan bautya dan membuangnya.


Langkah 2: Hilangkan karat sebanyak mungkin


Berbeda dengan langkah pertama, apabila baut dianggap dapat diselamatkan, hilangkan sebanyak mungkin karat dari ulir. Sikat kawat yang kaku dan sedikit minyak siku sangat membantu untuk hasil yang memuaskan. Karat harus dihilangkan dari akar benang sampai ke ujungnya agar mur tidak pecah dan pecah saat berputar.


Langkah 3: Pilih alat yang tepat


Pilih alat yang tepat. Kunci pas ujung terbuka kemungkinan besar akan membulatkan bagian datar dari mur yang macet. Ujung kotak 6 poin lebih cocok daripada 12 poin untuk alasan yang sama. Jika mur lebih kecil karena korosi, mungkin akan lebih cocok dengan ukuran Metrik atau SAE berikutnya yang lebih kecil.


Misalnya kunci ukuran 12,7mm mungkin lebih cocok untuk mur 13mm yang sudah berkarat. Hati-hati; tambahan besi kecil dapat menyempurnakan pemasangannya. Bila tidak memungkinkan, potong kembali menjadi jalan akhir.


Langkah 4: Ingat putaran kanan semakin ketat, dan putaran ringan semakin longgar


Selanjutnya untuk cara membuka baut macet karena karat adalah jangan sampai Anda lupa cara mengencangkan dan mengendurkannya. Apakah Anda memutarnya dengan cara yang benar? Catatan: Sebagian besar ulir dibiarkan longgar, tetapi beberapa baut roda gigi ring dan mur roda lawas bisa dimundurkan.


Langkah 5: Gunakan larutan pelumas cair


Pada mur dan baut berkarat yang macet dan bahkan yang tidak dapat dipotong dan dihancurkan, Anda bisa menggunakan beberapa jenis cairan pelumas dan itu adalah cara yang akan sangat membantu. Ada banyak merek pelumas untuk dipilih, tetapi dalam kebanyakan kasus, pengujian menunjukkan bahwa minyak dapat mengurangi torsi yang diperlukan untuk mengatasi ikatan karat hingga setengahnya atau lebih.


Ramuan dari 50 persen Aseton dan 50 persen ATF dapat bekerja dengan baik dalam beberapa kasus, tetapi berhati-hatilah dengan asap yang mungkin muncul. Gunakan masker dan kacamata khusus saat pengaplikasiannya.


Langkah 6: Rendam bagian berkarat


Rendam bagian berkarrat dengan minyak pelumas. Apa pun merek yang Anda gunakan, Anda mungkin perlu mengulangi aplikasi dan mungkin berendam semalaman. Ingat, kesabaran adalah kunci cara membuka baut macet karena karat ini. Telebih cara ini dapat menghemat waktu Anda untuk mengebor baut yang patah.


Langkah 7: Dapatkan lebih banyak daya cengkrama


Batang besi atau ratchet bergagang panjang akan memberikan lebih banyak daya ungkit pada cengkraman. Gunakan tekanan yang stabil dan merata dengan memperhatikan momen atau setiap belokan. Jika ketegangan tiba-tiba menjadi lunak atau kenyal, Anda mungkin mematahkan baut atau melepaskan baut macetnya.


Sebagai tips tambahan, kenakan sarung tangan mekanik berlapis untuk menghindari jari terluka atau kulit melepuh.


Langkah 8: Coba gunakan panas—ini bisa sangat efektif

Langkah selanjutnya sebagai cara membuka baut macet karena karat adalah dengan dipanasi atau dilas. Panas, yang diterapkan dengan hati-hati ke satu sisi mur, dapat memperluasnya cukup untuk memutuskan ikatan karat atau bagian pengunci yang macet agar meleleh. Pastikan untuk terlebih dahulu membersihkan semua minyak penetrasi dan hanya menggunakan api di area yang aman untuk melakukannya.


Sekali lagi berhati-hati. Banyak mobil modern memiliki sejumlah besar plastik yang dapat meleleh dan terbakar jika Anda tidak waspada. Karena penglihatan Anda sempit melalui kacamata pengaman berwarna gelap, mintalah orang lain untuk mengawasi asap atau api. Selimut tukang las tahan api dapat digunakan untuk melindungi bagian vital dan cat dari api.


Beberapa kasus bisa menggunakan ujung oxyacetylene yang sangat kecil untuk memusatkan panas di area yang sempit, obor propana genggam toko perangkat keras yang murah juga cukup jika Anda memiliki ruangan yang cukup aman untuk ini.


Langkah 9: Gunakan parafin sebagai pelumas


Trik favorit untuk cara membuka baut macet karena karat adalah dengan menghilangkan sumbat pipa NPT berkarat dari besi tuang dengan memanaskan besi di sekitarnya, lalu melelehkan lilin pada bagian yang macet. Parafin akan masuk ke dalam bagian yang macet dan bertindak sebagai pelumas.


Langkah 10: Langkah terakhirjika semuanya gagal


Apabila semua cara diatas gagal, masih adda cara terakhir yang sebaiknya digunakan bila memang tidak ada cara lain yang bekerja. Pistol benturan pneumatik atau listrik harus menjadi alat pilihan terakhir karena sering kali hanya merusak bautnya. Namun tak apa selama Anda bisa melepaskan baut yang macet tersebut.

Gunakan kunci benturan yang tepat, kenakan sarung tangan dan kacamata pengaman. Karena alat ini bisa sangat kuat, simpanlah untuk mur yang lebih besar. Jika memungkinkan, gunakan tumbukan pada sisi mur dan pegang baut dengan kunci pas.

BACA JUGA :

Jalur Warna Kabel Kiprok Yamaha Mio


Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan cara yang pas untuk Anda coba? Alasannya arena beberapa cara membuka baut macet karena karat diatas membutuhkan peralatan tertentu yang mana hanya berada di bengkel yang lebih lengkap. Apabila tidak memungkinkan, cara terakhir yang lainnya adalah tentu dengan membawanya ke bengkel.


Itulah beberapa langkah atau cara membuka baut macet karena karat yang semoga bisa bermanfaat. Anda bisa mencari referensi lainnya seperti referensi di link YouTube berikut. Ingat, kesabaran adalah kunci dari bagaimana Anda melepaskan baut yang macet. Semoga artikel ini bisa membantu.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita