Download our available apps

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tenaga Motor Seperti Tertahan yang Bisa Anda Ketahui

Pewarta - Prana Hikmat
Penyebab Dan Cara Mengatasi Tenaga Motor Seperti Tertahan yang Bisa Anda Ketahui
Gambar Motor

BLOG OSCAS - Motor menjadi salah satu kendaraan yang hampir dimiliki oleh setiap orang untuk memenuhi kebutuhan dalam hal bepergian. Anda harus memiliki kendaraan yang aman dan nyaman, jika motor terasa tertahan, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi tenaga motor seperti tertahan. Dengan begitu, Anda bisa mengendarai motor dengan baik.


Agar motor tetap awet dan nyaman digunakan, Anda harus melakukan perawatan dengan baik dan segera melakukan perbaikan jika rusak. Apabila motor Anda sudah lama, performanya menurun dan motor terasa tertahan, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi tenaga motor seperti tertahan.


Penyebab Dan Cara Mengatasi Tenaga Motor Seperti Tertahan


Jika penggunaan mesin motor seperti tertahan namun tidak segera diperbaiki, maka akan mengganggu perjalanan Anda. Hal pertama yang harus diketahui adalah penyebabnya lalu segera mengatasinya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab dan cara mengatasi tenaga motor seperti tertahan, yaitu:


1. Kondisi Busi Motor yang Buruk


Busi merupakan salah satu komponen penting dalam mesin motor yang berfungsi untuk pengapian di mesin serta berperan untuk proses pembakaran. Jika busi sudah terlalu lama dan performa menurun, serta kondisi busi motor yang mulai memburuk bisa menyebabkan perapian sepeda motor terganggu dan membuat motor terasa berat seperti tertahan ketika di gas atau ditarik.


Penyebab dan cara mengatasi tenaga motor seperti tertahan dalam hal ini yaitu Anda perlu melakukan pengecekan setelah berkala dan membersihkan busi motor dengan benar, kalau perlu Anda bisa menggantinya.


2. Jarang Perawatan


Jika memiliki barang, Anda harus rajin merawatnya dengan tepat agar barang tersebut awet dan tetap digunakan dengan baik, tak terkecuali pada motor. Kurangnya perawatan pada motor membuat performa mesin menurun dan menyebabkan mesin motor tertahan ketika digas.


Pasalnya tenaga motor dapat tiba-tiba hilang dikarenakan jarang melakukan perawatan seperti servis ke bengkel. Padahal Anda sendiri menggunakan motor tersebut setiap hari secara intens yang membuat mesin terus bekerja. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mulai melakukan perawatan motor dengan baik secara berkala.


3. Kerusakan Komponen karena Faktor Usia


Jika Anda memiliki kendaraan yang sudah lama, sangat wajar jika sudah mengalami kerusakan komponen, termasuk penyebab mesin motor tertahan juga bisa dikarenakan faktor usia. Hal ini seringkali terjadi pada sepeda motor manual versi lama atau matic. Pasalnya seiring waktu pasti performa motor Anda akan menurun, apalagi jika tidak melakukan perawatan yang tepat. Untuk mengatasi hal ini tentunya Anda harus sering-sering mengecek dan melakukan perawatan agar tetap nyaman ketika digunakan.


4. Masalah pada Kompresi Mesin


Masalah pada kompresi mesin juga menjadi salah satu penyebab mesin motor Anda seperti tertahan. Kompresi mesin sendiri merupakan tekanan yang yang dihasilkan dari piston ketika gas serta udara dipadatkan sehingga volumenya kecil. Jika kompresi mesin Anda bermasalah dan menghilang maka tenaga motor akan tertahan.


Penyebab ini seringkali terjadi pada motor matic yang mempunyai RPM tinggi, dan dampaknya bukan hanya ketahan tetapi juga membuat mesin motor mati. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa melakukan starter dengan di engkol dan menarik gas hingga maksimal agar bahan bakar dapat masuk ke dalam mesin.

BACA JUGA :

Ini Dia Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin


5. Spul yang Lemah


Bagi para pengendara motor mungkin sudah tidak asing lagi dengan spul. Spul sendiri menjadi salah satu komponen pada mesin motor yang tak kalah penting dan berperan untuk proses pengapian pada pembakaran bahan bakar guna menjadi sumber energi mesin motor.


Jika kondisi spul Ini lemah maka bisa menyebabkan motor terasa tertahan karena pengapian kurang optimal sehingga korelasi antara pembakaran tidak sempurna untuk menghasilkan tenaga mesin. Solusinya Anda bisa melakukan perawatan atau perbaikan pada spul yang lemah.


Itulah 5 penyebab dan cara mengatasi tenaga motor seperti tertahan yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda lebih nyaman saat berkendara motor.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita