Download our available apps

Ini Dia Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin

Pewarta - Prana Hikmat
Ini Dia Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin
Ilustrasi : Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin

BLOG OSCAS - Teknologi motor injeksi memiliki keuntungan dari irit bbm sampai emisi gas buang yang rendah. Namun bukan berarti motor bebas dari masalah brebet, khususnya dari kondisi mesin dingin setelah mati semalaman.

Apa penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin? Kamu yang memiliki motor injeksi harus tahu akan hal ini. Apalagi baru saja membeli motor baru, karena masalah brebet ini bisa terjadi kapan saja.

5 Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin


Tidak sedikit yang heran mengapa motor injeksi masih saja brebet ketika digas. Padahal motor sudah menggunakan teknologi injektor di mana pencampuran bbm dan udaranya telah diatur secara khusus.

Berbeda dengan motor berkarburator di mana brebet terjadi di rpm rendah atau justru tinggi. Motor injeksi lebih sering mengalami brebet dari mesin yang kondisinya dingin.

Kamu bisa mengenali lebih lanjut soal penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin berikut ini.

1. Filter Pompa Injeksi Kotor


Penyebab motor brebet saat mesin dingin yang pertama adalah masalah pada filter pompa injeksi. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran bbm yang ada di tangki.

Ketika filter ini kotor maka bbm tidak dapat tersaring dengan baik. Efek jangka panjang bisa merusak komponen fuel pump. Selain itu juga bisa merusak dinamo fuel pump dan jika rusak harus diganti.

Solusi jika filter ini kotor adalah dengan membersihkannya. Seharusnya filter ini dibersihkan ketika motor servis rutin.

2. Kerusakan pada Sensor Injeksi


Penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin selanjutnya adalah mengecek sensor injeksi. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi atau mengatur jumlah bbm yang akan masuk ke dalam ruang bakar.

Sensor inilah yang menggantikan pengaturan sekrup pada sistem karburator. Sehingga ketika sensor mengalami kerusakan, suplai bbm bisa berkurang atau berlebihan. Akibatnya motor brebet ketika dinyalakan.

Apabila sensor sudah tidak bisa bekerja kembali, jalan satu-satunya adalah dengan mengganti komponennya. Demi mencegah kerusakan sensor injeksi, sebaiknya motor harus rutin diservis ke bengkel resmi.
 

3. Tekanan Pompa BBM yang Menurun


Bukan hanya kondisi dingin, motor injeksi brebet di rpm rendah juga bisa terjadi. Penyebabnya adalah karena tekanan yang dihasilkan pompa bbm atau fuel pump menurun.

Penurunan ini terjadi karena kotor sehingga bbm yang masuk ke ruang bakar jumlahnya berkurang. Penyumbatan akibat kotoran yang dibawa bersama bbm ini bisa merusak fuel pump.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi fuel pump secara teratur. Kondisi motor pun akan kembali normal jika tekanan fuel pump tetap baik.

4. Jarak Renggang Busi Tidak Tepat


Mengecek busi memudahkan kamu mengetahui penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin. Ada beberapa hal yang bisa terjadi pada busi. Pertama jarak renggang busi yang terlalu jauh sehingga percikan api tidak muncul.

Kedua karena busi kotor atau justru sudah mati. Busi yang kotor berwarna kehitaman yang artinya campuran bbm dan udara tidak seimbang. Kamu perlu membersihkan busi atau justru menggantinya.

Ketika jarak renggang busi tidak tepat, perlu segera menyetel kembali ke bengkel resmi. Teknisi akan mengatur supaya busi bisa bekerja dengan baik kembali.
 

5. Kotornya Filter Udara


Penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin yang terakhir berhubungan filter udara. Sudahkah kamu mengganti filter udara setiap 12.000 - 14.000 km sekali?

Jika belum sudah pasti filter udara kotor dan tidak dapat menyaring udara dengan sempurna. Filter ini jadi penyebab motor injeksi brebet saat digas pertama kali ketika motor masih dingin.

Kotornya filter ini disebabkan oleh kondisi jalan yang dilalui terlalu berdebu atau justru berlumpur. Hanya dengan membersihkan atau menggantinya saja motor injeksi tidak akan brebet kembali.

BACA JUGA :


Cek Dulu Ini Penyebab Motor Brebet di Rpm Rendah


Satu lagi yang tidak kalah penting adalah penggunaan bahan bakar yang tepat. Bbm yang selalu disarankan adalah memiliki oktan tinggi, setidaknya beroktan 92. Kualitas bbm yang rendah juga sering menjadi penyebabnya.

Kini kamu sudah tahu bukan apa saja penyebab dan solusi motor injeksi brebet saat mesin dingin. Tidak perlu lagi bingung mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita