Download our available apps

5 Tips Memiliki Rambut Tebal Sehat dan Berkilau

Pewarta - Latifah Ferdiana
5 Tips Memiliki Rambut Tebal Sehat dan Berkilau
Ilustrasi memiliki rambut tebal sehat dan berkilau. Sumber (pxhere).

Setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda. Ada yang tipis tapi lembut, ada juga yang tebal namun kasar. Dari sekian banyak kondisi, setiap orang pasti ingin memiliki rambut tebal berkilau.

Rambut yang indah tentunya akan menambah rasa percaya diri dan menunjang penampilan. Bukan hanya itu saja, rambut yang indah juga menandakan sebuah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting melakukan perawatan rambut dengan benar. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

1.      Rutin keramas

Keramas memang bagus namun bukan berarti kamu melakukannya setiap hari ya. Terlalu sering keramas dapat menghilangkan minyak di kulit kepala dan membuat rambut mudah rontok. Idealnya, kamu bisa keramas 2-3 kali seminggu.

Namun, jika kondisi rambutmu berminyak, maka bisa melakukan keramas 3-4 kali dalam seminggu. Tentukan jadwal agar kamu tidak lupa dan keramas menjadi konsisten.

2.      Minimalisir penggunaan pengering rambut

Bagi yang memiliki kegiatan padat pasti sering terburu-buru. Salah satunya saat menunggu rambut kering setelah keramas. Oleh karena itu, mereka biasa menggunakan pengering rambut atau (hair dryer).

Hair dryer memang sangat membantu namun jika digunakan dalam skala berlebihan akan membuat rambutmu mudah rontok dan kering. Ada beberapa aturan dasar yang bisa kamu ikuti saat menggunakan hair dryer, yaitu:

  • Beri jarak dengan rambut sekitar 20-30 sentimeter.
  • Gunakan serum rambut sebelum memakai hair dryer.
  • Keringkan rambut menggunakan handuk sebelum pengering rambut.

Atur suhu agar tidak terlalu panas dan jangan membiarkan pengering rambut terlalu lama dalam satu posisi.

3.      Penuhi nutrisi rambut

Agar kondisi rambutmu semakin baik, kamu bisa menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Misalnya omega-3, zat besi, protein, vitamin B atau biotin yang cukup.

Kamu juga bisa penuhi nutrisi rambut dengan menggunakan masker alami buatan sendiri. Misalnya, menggunakan minyak zaitun dan madu. Lidah buaya dan madu. Lalu juga bisa menggunakan santan dan minyak zaitun.

Bahan-bahan beserta tutorialnya, kamu bisa cek pada artikel lainnya di blog ini.

Demikianlah beberapa tips agar memiliki rambut tebal sehat dan berkilau. Jangan lupa untuk share pada teman atau kerabat yang membutuhkan informasi ini. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Latifah Ferdiana
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita