Download our available apps

Ciri-ciri Burung Ciblek Jantan Dewasa Dan Lolohan Yang Paling Jitu

Pewarta - Prana Hikmat
Ciri-ciri Burung Ciblek Jantan Dewasa Dan Lolohan Yang Paling Jitu
Gambar dari Youtube

BLOG OSCAS  - Ciri-ciri burung ciblek jantan atau sering disebut sebagai perenjak jawa harus dipahami oleh penggemar burung kicau yang satu ini. Karena kalau keliru memilih yang berjenis betina maka hasilnya tidak akan seperti yang diharapkan. Ini berlaku bagi yang menginginkan burung kicau yang bagus.


Sebabagai salah satu burung kicau dengan postur yang kecil dari golongan Cisticolidae dan Genus Prinia. Terkenal dengan suara khasnya yang lantang dan jernih, selain itu juga memiliki ciri suara tembakan yang khas. Namun ini akan didapatkan ketika ciblek sudah dalam usia dewasa dan sudah gacor.


Ciri-ciri Burung Ciblek Jantan Dewasa


Burung ciblek yang sekilas mirip dengan burung pleci ini merupakan salah satu burung kicau kebanggaan para kicaumania. Karena peminatnya yang cukup tinggi di pasaran banyak orang yang mencoba untuk menangkarkan burung ini dengan cara diternak.


Meskipun begitu pada kenyataannya jumlah burung ciblek jantan ini semakin berkurang di pasaran. Membuat banyak pedagang nakal yang menjual harga ciblek betina sama dengan harga pejantan. Sehingga pemain pemula yang awam akan mengira bahwa burung betina yang dibelinya adalah burung jantan. Karena seharusnya harga burung betina jauh lebih murah dibandingkan dengan yang jantan.


Agar tidak tertipu saat memilih burung kicau impian, maka ciri-ciri burung ciblek jantan dibawah ini harus dipelajari dengan baik. Agar terhindar dari kesalahan yang merugikan:


1. Paruh Berwarna Hitam


Bagian paruh merupakan salah satu ciri-ciri ciblek jantan yang dapat dikenali sejak masih dalam usia anakan. Pada ciblek jantan yang masih anakan memiliki ujung paruh yang berwarna hitam. Setelah memasuki usia dewasa, yang berwarna hitam hanya paruh pada bagian bawahnya saja.

Paruh ciblek jantan juga tampak kokoh dan lebih tebal, berbeda dengan ciblek betina yang yang paruhnya lebih tipis dengan bagian bawah yang tidak hitam melainkan lebih terang keputihan. Tidak seperti paruh jantan yang menghitam.


2. Bulu Berwarna Hitam


Burung ciblek jantan memiliki warna abu-abu gelap pada bagian atas kepala sampai ke bagian sayapnya. Lalu bagian lain yang memiliki bulu berwarna gelap adalah bagian dada atas yang memiliki warna hitam. Lalu bagian samping dada kiri dan kanan juga memiliki warna hitam.

Ciblek jantan biasanya juga memiliki bulu yang tampak lebih bersih di bagian bawah tubuhnya. Sementara pada ciblek betina lebih gelap dan terlihat kusam.


3. Lidah Berwarna Hitam


Bagian lidah pada ciblek jantan dan betina juga memiliki perbedaan yang dapat dilihat dengan cukup jelas. Karena pada rongga mulut ciblek jantan memiliki warna gelap atau warna hitam. Sementara ciblek betina memiliki lidah yang lebih cerah dibandingkan dengan yang jantan.

Ketika dibawa ke tempat yang lebih terang dan dilihat lebih dalam lagi ke bagian tenggorokan. Ciblek jantan memiliki warna kekuningan yang tampak cerah. Sementara pada ciblek betina kuningnya jauh lebih pudar.


4. Postur Tubuh Lebih Besar


Postur tubuh dan ukuran badan pada burung ciblek juga bisa dijadikan panduan yang jitu. Karena postur tubuh ciblek jantan pada umumnya lebih besar dibandingan ciblek betina. Ukuran ini berlaku dari burung masih anakan sampai burung sudah berusia dewasa. Kepala ciblek jantan juga memiliki bentuk yang bulat dan ukuran yang lebih besar dibandingkan ciblek betina.


5. Ekor Dan Dubur



Dubur dan ekor burung ciblek jantan dan betina juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dubur ciblek jantan terlihat lebih menonjol keluar dan memiliki lebih banyak bulu. Sementara pada dubur ciblek betina duburnya tidak terlalu menonjol keluar dan bulu yang dimilikinya juga lebih sedikit.

Ekor pada ciblek jantan pada umumnya lebih panjang dan lebih rapat dibandingkan dengan ciblek betina. Meskipun hal ini tidak dapat dilihat dengan jelas kalau pemeriksaannya dilakukan satu persatu. Harus dengan membandingkan satu dengan yang lain baru bisa terlihat jelas.


6. Kaki Yang Panjang Dan Proporsional


Biasanya kaki pada burung ciblek jantan terlihat tegap dan proporsional saat berdiri. Karena kakinya yang panjang dan lebih jenjang sehingga terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan burung ciblek betina.

Cengkeraman ciblek jantan juga lebih kuat, bisa dilihat saat sedang dipegang dengan posisi berdiri diatas jari tangan sehingga bisa dirasakan kuatnya cengkeraman burung ini. Ciblek betina memiliki ciri khas pada kakinya yang kecil dan berwarna kemerah-merahan atau pink.


7. Kicauan Dengan Suara Tembakan


Ciri lain yang paling jelas dan merupakan ciri khas yang membuat banyak penggemar jatuh cinta adalah pada kicauannya. Ciblek jantan memiliki kemampuan berkicau dengan suara tembakan yang terdengar merdu dan bervariasi. Sementara ciblek betina bunyi kicauannya monoton dan tidak nyaring.


8. Perilaku



Burung ciblek jantan bisa juga diketahui dari perilakunya, karena biasanya ciblek jantan memiliki reaksi spontan yang cepat saat didekatkan dengan burung lainnya. Apalagi ketika didekatkan dengan burung lain yang sejenis.

Ciri-ciri ciblek jantan dewasa diatas bisa dijadikan panduan yang cukup akurat untuk mencari bibit unggul piaraan. Meskipun memilih diantara puluhan burung ciblek yang sejenis dan tampak sama.

BACA JUGA :

9 Ciri-ciri Burung Perkutut Jantan Yang Wajib Diketahui Pecinta Burung Peliharaan


Ciri-ciri Burung Ciblek Jantan Lolohan Atau Anakan


Memelihara burung yang ingin dijadikan piaraan kesayangan memang sebaiknya dari kecil, atau masih dalam masa lolohan. Karena saat masih kecil akan lebih mudah dilatih, sehingga ketika dewasa bisa berkembang sesuai yang diinginkan serta memiliki suara yang merdu.

Namun biasanya cukup sulit membedakan antara lolohan jantan dan betinanya. Karena cara membedakannya berbeda dengan ciblek jantan dewasa, yang lebih mudah daripada yang anakan. Ternyata ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menandai apakah lolohan tersebut jantan atau betina dengan cara sebagai berikut:


  1. Memiliki kuku yang berwarna gelap, ada yang hitam ada juga yang keabu-abuan.
  2. Meskipun tidak menjadi ciri yang mutlak namun pada sebagian anakan paruh ujung bawahnya memiliki warna hitam.
  3. Sama seperti ciblek jantan dewasa, ciblek lolohan pun memiliki lidah yang berwarna hitam.
  4. Memiliki bulu halus yang tumbuh pada yang paling panjang di bagian kepalanya.
  5. Memiliki bulu yang tampak cerah mengkilat dan terlihat berminyak.
  6. Saat dipegang akan mencengkeram tangan dengan kuat.
  7. Pen yang terdapat pada bagian duburnya menonjol keluar dan memiliki bulu yang banyak.
  8. Pada ciblek gunung jantan, warna kuning yang dimiliki pada bagian dalam tenggorokan lebih tajam.
  9. Suaranya terdengar ngeriwik dan sudah mulai terdengar ada bunyi tembakan khas burung ciblek walaupun masih samar.


Membedakan saat masih lolohan seperti ini memang gampang-gampang susah. Apalagi untuk pemain burung kicau pemula. Namun dengan ketekunan dan ketelitian pasti bisa dikuasai dengan cepat.

BACA JUGA :

Ciri Burung Lovebird Birahi Mempunyai Keunikan Tersendiri


Memang cara yang paling akurat adalah dengan mendengarkan kicauannya. Namun hal ini cukup sulit bagi yang baru belajar, diperlukan keahlian khusus dalam mendengarkan kualiatas kicau burung ciblek. Beberapa ciri-ciri ciblek jantan dewasa dan lolohan diatas sudah cukup untuk membedakan mana betina dan mana yang jantan. Selamat mencoba!


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita