Download our available apps

Ciri-ciri Burung Perkutut Yang Bagus Untuk Dijadikan Peliharaan Kesayangan

Pewarta - Prana Hikmat
Ciri-ciri Burung Perkutut Yang Bagus Untuk Dijadikan Peliharaan Kesayangan
Gambar : Burung Perkutut

BLOG OSCAS  - Ciri-ciri burung perkutut yang bagus mudah dilihat hanya dengan mata saja. Karena termasuk mudah untuk dipelajari meskipun masih menjadi pemula. Burung perkutut adalah salah satu burung kicau yang memiliki penggemar besar di tiap daerah. Kicauannya yang menenangkan hati saat didengar menjadi salah satu keunggulannya.


Meskipun sekarang banyak yang menangkarkan burung ini, namun perkutut lokal yang disukai oleh pecinta burung adalah yang berasal dari hutan atau alam liar. Bahklan banyak orang yang percaya bahwa memelihara burung ini akan mempengaruhi rejeki dan keberuntungan pemiliknya.


Sayangnya suara kicauan perkutut lokal tidak terlalu lantang, dan cenderung lebih pelan. Kadang juga terdengar tipis dan patah-patah. Namun dengan perawatan dan pelatihan yang baik bisa didapatkan burung kicau yang baik.


15 Ciri-ciri Burung Perkutut Yang Bagus


Untuk mendapatkan burung kicau yang bagus, tentunya adalah burung pejantan. Karena suaranya lebih bervaruiasi dan lebih lantang. Namun memilih pejantan bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi kalau burungnya masih dalam usia anakan atau dalam masa lolohan. Membedakan burung perkutut dewasa lebih mudah karena tanda-tandanya sudah terlihat jelas.


Nah buat yang penasaran seperti apa ciri-ciri burung perkutut yang bagus, bisa melihat beberapa poin penting dibawah ini:


1. Memiliki Ukuran Kepala Yang Besar


Kepala yang ukurannya besar menandakan bahwa perkutut tersebut adalah perkutut yang bagus. Karena dalam kepala yang besar berarti ukuran otaknya juga lebih besar dan lebih pintar. Untuk itu alangkah baiknya memilih perkutut dengan kepala yang paling besar saat memilih dari ombyokan.


Saat membelinya sudah satuan dalam sangkar tentu akan susah membedakan ukuran kepala. Beda ketika memilihnya dari ombyokan yang banyak burung lain sebagai perbandingan. Itulah salah satu kelebihan membeli burung perkutut ombyokan.


2. Memiliki Ukuran Hidung Yang Lebih Besar


Kenapa perkutut dengan ukuran hidung yang besar adalah pertanda bahwa perkutut ini bagus? Karena dengan hidung yang besar, maka pernapasannya lebih kuat sehingga saat sedang manggung akan mampu berkicau lebih panjang. Kalau bingung menemukan posisi hidung perkutut maka bisa melihatnya diantara bagian bawah mata dengan paruh.


3. Memiliki Ukuran Tubuh yang Besar


Burung perkutut lokal yang baik dan berkualitas adalah yang memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan ukuran yang besar. Biasanya burung yang ukurannya besar akan lebih kuat saat mengikuti lomba. Sehingga bisa memenangkan pertandingan.


4. Memiliki Paruh Yang Panjang


Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah memeriksa pada bagian paruh. Karena perkutut jantan dengan paruh yang panjang biasanya lebih rajin berbunyi dibandingkan dengan yang paruhnya pendek. Sehingga ketika ingin mencari burung untuk dilombakan sebaiknya memilih burung yang berparuh panjang agar menjadi bibit yang bagus dan berklualitas.


5. Memiliki Pupur Yang Berwarna Abu-Abu Bersih


Pupur atau bulu yang ada diatas kepala pada burung perkutut juga bisa menjadi ciri untuk menentukan burung perkutut yang dibeli bagus atau tidak. Jika pupur yang dimiliki berwarna abu-abu yang melebar hingga ke bagian atas mata. Dengan warna yang bersih dan merata maka burung perkutut tersebut memiliki kualitas yang bagus.


6. Memiliki Bola Mata Berbentuk Bulat


Bola mata yang bulat adalah salah satu ciri-ciri burung perkutut yang bagus untuk dijadikan peliharaan. Sorot mata yang tajam hingga tampak lebar dimiliki perkutut karena digunakan untuk mengintai mangsa yang berada di kejauhan saat dialam liar.


7. Memiliki Lingkar Garis Hitam Yang Tegas


Burung perkutut yang bagus ditandai dengan lingkar garis hitam yang nyata, terlihat bagus dengan garis tegas yang jelas. Juga terdapat warna abu-abu terang yang terlihat melebar pada lehernya. Dua hal ini merupakan ciri khas yang terdapat pada perkutut yang baik.


8. Memiliki Punggung Yang Menonjol


Ciri khas lain yang terlihat unik dan mudah dilihat adalah pada bagian punggungnya yang tampak menonjol ke atas. Untuk melihat ciri khas ini harus dilihat dari bagian samping, sekilas nyaris sama dengan punuk yang terdapat pada binatang gurun, unta. Namun berkebalikan dengan punggungnya, saat dilihat dari dadanya, burung perkutut yang bagus akan memiliki dada yang melengkung ke dalam.


9. Memiliki Bulu Ekor Yang Panjang


Bulu ekor yang panjang juga bisa dijadikan patokan bahwa burung tersebut adalah burung yang bagus. Semakin panjang bulu ekor yang dimilikinya, maka semakin bagus pula kualitas burung perkutut tersebut. Jumlah ekor pada perkutut yang ganjil juga menandakan burung tersebut bersifat misterius. Sehingga menjadi incaran banyak orang yang senang memelihara burung perkutut.

10. Memiliki Penampilan Yang Gagah




Ketika memperhatikannya dengan rinci saat sedang berdiri tegak, kemudian dilihat gagah dan proporsional. Maka burung tersebut diyakini kualitas yang terbaik, tetapi harus diperiksa dengan teliti seluruh tubuhnya, mulus atau tidak, atau barangkali ada luka yang terdapat di tubuhnya. Karena luka yang dimiliki akan mempengaruhi kualitas burung perkutut.

BACA JUGA :

9 Ciri-ciri Burung Perkutut Jantan Yang Wajib Diketahui Pecinta Burung Peliharaan


11. Memiliki Cengkeraman Kaki Yang Kuat


Memiliki cengkeraman kaki yang kuat juga merupakan pertanda bahwa burung perkutut ini adalah jenis yang bagus. Untuk melihatnya cukup mudah, hanya dengan memegangnya dan meletakkannya pada jari maka bisa merasakan. Ketika cengkeramannya tidak terlepas dan terasa erat dan kuat. Maka pastikan untuk menjatuhkan pilihan padanya sebagai burung piaraan.


12. Memiliki Mental Petarung Yang Pemberani


Burung perkutut yang bisa diandalkan adalah burung yang memiliki mental petarung yang kuat dan tidak penakut. Namun mendapatkan burung perkutut dengan mental seperti ini sungguh tidak mudah. Karena pada umumnya burung hasil tangkapan dari alam liar akan depresi saat dipelihara oleh manusia. Sehingga membutuhkan proses yang cukup lama untuk beradaptasi dengan kehidupan manusia.


13. Memiliki Umur Yang Cukup


Suara kicauan burung perkutut akan semakin bagus dengan bertambahnya usia yang dimiliki. Sehingga ketika ingin memiliki yang langsung jadi, maka sebaiknya memilih burung perkutut yang sudah dewasa, tetapi kalau ingin menikmati prosesnya tentu lebih baik membeli yang anakan.


14. Memiliki Suara Yang Besar


Banyak burung perkutut yang suaranya kecil dan cenderung terdengar lirih. Namun perkutut yang bagus memiliki suara yang besar, cara untuk mendapatkannya bisa dilakukan dengan memberikan perawatan jamu rempah seperti kencur, biji kacang hijau dan terasi.


15. Memiliki Leher Yang Ukurannya Besar


Melihat dari ukuran lehernya juga salah satu cara yang digunakan untuk menandai burung perkutut ini. Burung perkutut yang bagus memiliki leher dengan tenggorokan yang besar sehingga suara yang dihasilkannya juga besar dan panjang. Cara untuk dapat memeriksanya dengan memegang paruhnya lembut dan menariknya ke atas dengan perlahan. Lalu peganglah bagian lehernya untuk merasakan apakah lehernya besar atau kecil.

BACA JUGA :

Ciri-ciri Burung Ciblek Jantan Dewasa Dan Lolohan Yang Paling Jitu


Selain dari beberapa ciri-ciri perkutut yang bagus diatas, konon juga bisa dilihat dari kotorannya. Kotoran yang keras dan padat menandakan burung perkutut tersebut sehat dan berkualitas bagus. Namun tentu saja tidak dapat dijadikan patokan yang spesial untuk menandai bagus tidaknya seekor burung perkutut.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita