Download our available apps

Cara Menghilangkan Stres Pada Burung Konin Dijamin Ampuh

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Stres Pada Burung Konin Dijamin Ampuh
Foto : Burung Konin

BLOG OSCAS - Burung Konin adalah salah satu burung kicau yang bisa mengalami stres. Jika stres maka burung konin tidak akan berkicau. Cara menghilangkan stres pada burung Konin wajib diketahui kamu sang pemiliknya.

Stres atau penurunan mental yang dialami oleh burung Konin sebagian besar diakibatkan kalah mental setelah mengikuti kontes burung kicau. Selain itu juga bisa disebabkan perubahan cuaca.

Burung yang mengalami stres tidak bisa dibiarkan, karena bisa mempengaruhi kesehatan fisiknya dalam jangka waktu panjang. Kenali cara mengatasinya yang ampih ini.

Cara Menghilangkan Stres Pada Burung Konin agar Kembali Berkicau


Ciri burung Konin mengalami stres biasanya adalah merasa gelisah dan mudah terkejut. Burung bisa saja sering loncat-loncat tanpa sebab dan menjadi lebih galak ketika didekati.

Burung juga semakin jarang berkicau yang tentunya akan membuat pemilik ikut gelisah. Ada beberapa cara menghilangkan stres pada burung Konin yang bisa diterapkan sesegera mungkin berikut ini.

1. Menjaga Kebersihan Sangkar


Penurunan mental pada burung Konin juga bisa disebabkan cara memelihara yang salah. Burung mungkin saja terkena polusi udara, sangkar yang kotor dan juga ukuran sangkar kecil.

Faktor tersebut bisa menimbulkan stres, mulailah menggunakan sangkar yang lebih besar untuk mengatasi Konin loncat bisa lebih leluasa. Ruang gerak yang tadinya terbatas kini bisa lebih nyaman.

Selalu jaga kebersihan sangkar dengan rutin membersihkannya setiap hari. Jangan biarkan sangkar kotor. Jauhkan sangkar dari asap kendaraan atau asap rokok yang merupakan sumber polusi.

Sering membersihkan merupakan perhatian yang dibutuhkan oleh burung. Sehingga kamu tahu bagaimana kondisi kesehatannya dan burung mulai tidak stres. Tindakan ini juga bisa mencegah burung menjadi stres.

BACA JUGA :

9 Ciri-ciri Burung Perkutut Jantan Yang Wajib Diketahui Pecinta Burung Peliharaan


2. Memperhatikan Kesehatan Burung


Cara menghilangkan stres pada burung Konin yang selanjutnya adalah lebih pada memperhatikan kondisi fisik burung. Mereka yang sudah mulai stres dan menjadi agresif perlu nutrisi yang lebih baik.

Berikan vitamin seperti B kompleks yaitu B5 dan B6 yang bekerja sangat baik dalam mengatasi stres pada burung. Pemberiannya bisa sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

Selain vitamin B kompleks, perlu juga tambahan nutrisi seperti protein, lemak dan serat kasar. Secara umum, nutrisi ini akan terpenuhi dengan memberikan pakan utamanya dengan rutin.

Pemberian nutrisi yang teman ditambah vitamin akan memperbaiki mood burung Konin secara perlahan. Lama kelamaan burung Konin kurang fit akan kembali mulai berkicau.

3. Memperdengarkan Suara untuk Terapi


Sambil terus memperhatikan soal pakan dan vitamin, penting juga untuk memberikan terapi pada burung secara khusus. Terapi ini cukup dengan memperdengarkan suara-suara berisik.

Suara bisa berupa musik atau suara gemericik air. Suara air terapi burung Konin yang diperdengarkan bisa suara air asli atau berasal dari rekaman. Kamu bisa memanfaatkan suara dari aquarium atau kolam di rumah.

Jika memilih menggunakan suara air dari rekaman, pastikan suaranya cukup jernih. Apabila memilih musik, perdengarkan suara musik yang lembut dan tidak terlalu keras namun membuat suasana jadi nyaman.

4.  Jauhkan Sangkar dari Bau Menyengat


Polusi udara bukan hanya dari asap kendaraan atau rokok saja. Bau menyengat seperti cat, plitur, bau karena ruangan lembab, dll harus dihindari. Perhatikan lokasi sangkar digantung.

Supaya sangkar terhindar dari bau selain memindahkan ke tempat yang aman, semprot terlebih dahulu sangkarnya. Kemudian angin-anginkan baru masukkan burung Konin.

Cara ini akan menghilangkan bau asli dari sangkar ketika kamu memindahkan burung ke sangkar yang baru. Pastikan kembali bahwa lokasi sangkar digantung juga jauh dari bau menyengat apapun.

5. Memberikan Kerodong saat Malam Hari


Burung Konin yang stress cenderung membutuhkan suasana yang tenang. Oleh karena itu selalu pilih ruangan yang tenang untuk menggantung sangkar. Selain itu bisa menambahkan kerodong.

Tutup sangkar dengan kerodong pada saat hari mulai petang. Cara ini akan mengembalikan mental burung Konin semakin berani. Berada di sangkar yang tenang dan gelap akan menstimulasi kondisinya.

BACA JUGA :

Ciri Burung Lovebird Birahi Mempunyai Keunikan Tersendiri


Semua cara menghilangkan stres pada burung Konin ini harus dilakukan dengan rutin sampai kondisinya pulih. Membutuhkan kesabaran dalam perawatan hingga burung Konin siap untuk diperlombakan kembali.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita