Download our available apps

Cara Hapus Sampah Tak Terlihat di HP Android Tanpa Aplikasi

Pewarta - Prana Hikmat
 Cara Hapus Sampah Tak Terlihat di HP Android Tanpa Aplikasi
Ilustrasi : Hapus sampah di HP android

BLOG OSCAS - Ketika memiliki smartphone biasanya kita akan dengan mudahnya menyimpan file ke dalam hape. Apalagi jika Anda juga selalu menggunakan hape untuk bekerja, bisa dipastikan banyak sekali file yang hilir mudik melalui WhatsApp dan email. Biasanya Anda melupakan file-file itu seiring berjalannya waktu hingga menumpuk dan campur baur antara yang penting dan tidak penting. Jika itu terjadi maka lambat laun hape Anda akan lemot.

Saat muncul peringatan bahwa memori internal hampir penuh, barulah Anda panik untuk menghapus agar tersisa ruang yang cukup untuk digunakan kembali. Kadang Anda sudah menghapus aplikasi terinstal yang tidak penting atau menyisakan aplikasi berukuran kecil namun tidak menolong.

Keberadaan file nggak penting yang lokasinya tersembunyi biasanya jadi salah satu penyebabnya. Padahal dengan menghapus file tersebut biasanya akan membuat hape Anda ngebut lagi, hanya saja cara tidak semua pengguna tahu bagaimana cara menemukannya. Untuk membersihkan file sampah seperti itu tidak harus memakai aplikasi lho. Anda hanya perlu mengulik tiap aplikasi, terutama yang berukuran besar, dan melakukan efisiensi space di sana. Caranya juga tidak sulit kok, bisa anda simak di bawah ini:

1. Menghapus File Sampah Dari Galeri Tanpa Perlu Hapus Foto

Jika Anda gemar memotret atau selfi biasanya tidak tega menghapus isi galeri. Nah, ada caranya membersihkan isi galeri tanpa perlu menghapus koleksi foto Anda. Sebab yang perlu Anda hapys nanti hanyalah thumbnail-nya. Apa itu thumbnail?

Thumbnail adalah foto berukuran kecil yang digunakan sebagai preview saat Anda scrolling isi galeri. Jadi sistem secara otomatis membuat file baru yaitu thumbnail di setiap file yang ada namun berbeda ukuran. Meski ukurannya kecil namun dengan jumlah yang sangat banyak akhirnya ya memakan banyak ruang sehingga membebani kinerja hape

Caranya bukalah folder DCIM di file manager lalu pilih folder thumbnail. Hapus saja folder thumbnail tersebut maka smartphone anda akan bersih dari file file sampah dari galeri HP. Mudah bukan?

2. Hapus Cache di Semua Aplikasi

Cache merupakan salah satu “sampah” yang selalu ada di sistem Android namun keberadaannya tidak disadari pengguna. Bagaimana cara melihat file sampah yang tidak kelihatan ini?

Bagi yang masih awam, cache adalah file tembolok yang mencatat perjalanan kegunaan sebuah aplikasi. Data history ini tidak akan berdampak jika dihapus sehingga langkah ini yang paling direkomendasikan jika ingin membebaskan lebih banyak ruang di hape.

Perlu diketahui bahwa ada empat jenis cache di hape Android yaitu cache browser, cache disk, cache memori, dan cache prosesor. Keberadaan keempatnya sering tidak disadari oleh pengguna karena penyimpanannya dilakukan di background. Kali ini yang akan dibahas adalah cache memori yang tersimpan di memori internal smartphone Anda.

Caranya bukalah setting atau pengaturan hape Android lalu pilih tab aplikasi. Di sana tinggal dipilih saja aplikasi yang ingin anda hapus berkas cache-nya. Jadi di sini Anda menghapus cache per aplikasi.

Jika ingin otomatis menghapus cache semua aplikasi ada cara kedua. Anda bisa membuka setting. Cari 'Storage', lalu pilih 'Internal Storage. Kemudian pilih 'Cache data' lalu klik 'OK' untuk hapus data cache.

3. Hapus File Sampah di WhatsApp Tanpa Hapus Chat

Jika Anda pengguna aktif WhatsApp, terutama menggunakannya untuk bekerja, maka perlu untuk membersihkan file sampah di dalamnya. Kadang tidak cukup dengan menghapus media foto, video dan audio tapi juga ada file tersembunyi yang cukup membebani kinerja hape.

Salah satu cara untuk meringankan WhatsApp adalah dengan menghapus folder "Sent". Foder tersebut berisi semua file yang pernah Anda kirimkan melalui WhatsApp. Biasanya folder ini tidak tampil di galeri sehingga Anda tidak tahu. Mengosongkan folder "Sent" seharusnya tidak akan mempengaruhi fungsi WA.

Tidak kalah penting, Anda bisa mencoba menghapus folder "Backups" dan "Status". Kedua folder ini berisi status WA milik kontak yang sudah Anda lihat.

Jika Anda tidak bisa menemukan folder atau file yang dimaksud di atas maka bisa mencoba membuka aplikasi WhatsApp di dekstop. Sebab ada beberapa item yang baru terlihat ketika dibuka melalui laptop atau komputer. Selamat mencoba!

4. Membersihkan File yang Tersisa Setelah Uninstall Aplikasi Android

Terkadang sisa file yang tertinggal setelah Anda melakukan uninstall aplikasi juga berdampak pada storage hape jika tidak dibersihkan. Daripada lupa sebaiknya Anda langsung membersihkannya setelah mencopot aplikasi. Tidak perlu memakai aplikasi atau pihak ketiga, Anda cukup mengulik menu pengaturan di hape Android. Begini caranya:

  1. Pertama, buka menu "Pengaturan" (Settings) lalu scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Aplikasi" (Apps). Klik opsi tersebut, lalu pilih aplikasi mana yang akan Anda uninstall.
  2. Klik aplikasi tersebut lalu pilih menu "Storage" di halaman "App Info".
  3. Setelah itu akan muncul rincian penyimpanan dari aplikasi yang sudah dipilih, termasuk kapasitas "Data" dan "Cache" di dalamnya.
  4. Tekan tombol "Clear Data" dan "Clear Cache" yang ada di bagian bawah untuk membersihkan file atau dokumen yang tersisa di aplikasi. Setelah selesai Anda bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut pada menu yang tersedia.

Setelah proses uninstall selesai, seluruh sisa file yang berasal dari aplikasi tersebut akan hilang. Selain menggunakan cara demikian, juga ada cara via aplikasi cleaner. Biasanya aplikasi seperti Ccleaner akan otomatis mendeteksi aplikasi yang di-uninstal lalu melakukan pembersihan sisa sampah app secara otomatis.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita