Download our available apps

Daftar Aplikasi Pengukur Kebisingan Knalpot Di Smartphone

Pewarta - Prana Hikmat
Daftar Aplikasi Pengukur Kebisingan Knalpot Di Smartphone
Ilustrasi : Aplikasi Pengukur Kebisingan Knalpot Di Smartphone

BLOG OSCAS - Berkembangnya dunia teknologi yang bertambah canggih layaknya saat ini membuat sejumlah kegiatan menjadi bertambah gampang untuk dilakukan. Dimana satu diantaranya adalah melakukan pengecekan kebisingan kendaraan dengan aplikasi pengukur kebisingan knalpot yang bisa diakses lewat smartphone.


Nantinya pemilik kendaraan bisa membuka aplikasi google play store terlebih dahulu guna melakukan proses pengunduhan. Setelah proses tersebut selesai maka layanan baru bisa dipakai. Untuk mengetahui pembahasan selebihnya dapat dilihat dalam paparan berikut:


1. Sound Meter: SPL Meter


Daftar pertama aplikasi pengukur kebisingan knalpot kali ini memiliki cukup banyak pilihan tingkatan. Dimana mulai dari tingkatan paling rendah yaitu 10 dB sampai dengan yang paling tinggi yaitu 140 dB. Dimana angka 10 dB tersebut bisa didapatkan dari suara pernapasan.


Sedangkan suara paling tinggi yang mencapai 140 dB tersebut merupakan suara yang berasal dari tembakan pistol. Keberadaan aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat kebisingan dari knalpot yang dimiliki. Pengunduhan Akam aplikasi ini bahkan sudah mencapai angka 1 juta lebih.


2. Sound Meter-Decibel & Noise Meter


Pilihan lain untuk aplikasi pengukur kebisingan knalpot yang bisa diakses lewat smartphone berjenis android. Aplikasi ini memiliki slogan berupa kuat dalam kesederhanaan serta juga kenyamanan penggunaan.


Dalam aplikasi satu ini telah dilengkapi dengan teknologi berupa built-in microphone. Teknologi ini mempunyai fungsi guna melakukan pengukuran terhadap volume suara pada satuan dB.


Tidak hanya itu, aplikasi ini juga ditunjang dengan tampilan grafik serta sampel. Update terakhir yang dilakukan pada aplikasi ini terjadi pada 15 bulan Desember 2021 lalu.


3. Sound Meter-Decibel


Layaknya aplikasi yang terdapat pada poin kedua, aplikasi bernama Sound Meter-Decibel juga dapat diakses lewat smartphone dengan jenis android. Versi terbaru dari aplikasi ini berupa 1.2.4. Adapun pengguna dari aplikasi ini terbilang cukup banyak.


Hal ini bisa dilihat pada angka total pengunduhan yang sudah berada di angka 1 juta lebih. Waktu update terakhir dilakukan pada tanggal 18 bulan Maret tahun 2020 lalu. Ukurannya juga tidak terlalu besar hingga bisa dibilang cukup ringan yaitu 1,43 MB saja.


4. Sound Meter: Decibel Meter, Noise Detector


Daftar berikutnya untuk aplikasi pengukur kebisingan knalpot kali ini dilengkapi dengan bergabung fitur menarik. Diantaranya yaitu fitur yang mampu melakukan penampilan waktu yang sudah lalu. Kemudian juga terdapat detail informasi yang berhubungan dengan kebisingan.


Berikutnya yaitu aplikasi ini mampu dipakai untuk memperlihatkan nilai dB berupa min/avg /max dan fitur lainnya. Berat ukuran yang dimiliki oleh aplikasi ini mencapai angka 3,12 MB. Adapun waktu pertama tulis adalah pada tanggal 5 bulan Juni tahun 2019 dan di update terakhir pada tanggal 30 bulan September 2020.


5. Decibel X:dB Sound Level Meter


Berbeda dari daftar aplikasi pengukur kebisingan sebelumnya yang bisa diakses melalui smartphone bertipe android. Maka aplikasi kali ini bisa dilaksanakan dengan berbekal smartphone juga namun bertipe iOS.


Dengan berbekal aplikasi ini pengguna bisa melakukan pengukuran tingkat kebisingan. Hingga secara tidak langsung aplikasi ini turut membantu dalam melindungi pendengaran terhadap penggunanya.


Aplikasi ini sudah tersedia slama bentuk 9.4.0. Hingga membawa aplikasi ini pada nilai 4,6 dalam skala 5. Di samping itu pengguna juga bisa melakukan perekaman terhadap latar belakang.


6. Suara Meteran


Daftar aplikasi yang juga bisa dipakai untuk melakukan pengukuran terdapat kebisingan yang dimiliki oleh knalpot yaitu bernama Suara Meteran. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi juga bisa diakses menggunakan perangkat iOS.


Adapun bentuk penilaian terhadap aplikasi ini yaitu 4,8 pada skala 5. Ukuran besar aplikasi yang diperlukan untuk diunduh yaitu mencapai 26,8 MB.


Dengan berbekal aplikasi ini pemilik kendaraan dapat memelihara informasi tentang kekencangan suara yang dihasilkan. Hingga bisa meminimalisir telinga untuk mendengar suara yang cukup keras.

Baca juga :

Ciri Ciri Knalpot Cobi Original yang Perlu Dipahami


Demikian pembahasan mengenai aplikasi pengukur kebisingan knalpot yang dapat dicoba. Melalui beberapa aplikasi tersebut pengguna bisa mengetahui ukuran kebisingan dari knalpot yang dimiliki.


Dimana satu dari beberapa tujuan melakukan hal tersebut adalah untuk menjaga kesehatan pendengaran. Mengingat suara yang cukup keras bisa mempengaruhi keadaan dari telinga itu sendiri. Di samping itu tidak jarang orang merasa terganggu akan suara yang cukup keras tersebut.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita