Download our available apps

Ciri Ciri Knalpot Cobi Original yang Perlu Dipahami

Pewarta - Prana Hikmat
Ciri Ciri Knalpot Cobi Original yang Perlu Dipahami
Ilustrasi : Knalpot Cobi

BLOG OSCAS - Sebagai salah satu pelengkap komponen motor, knalpot merupakan salah satu yang jangan sampai terlewat. Bagi pecinta motor sendiri, tentu sudah tidak asing dengan knalpot cobi yang original. Jika dicermati secara mendetail, maka ciri ciri knalpot cobi original sangatlah unik dan menarik dibahas.


Sedangkan bagi orang yang belum memahami motor secara mendalam, maka harus mengetahui penjabaran ini secara menyeluruh. Jika sudah mengetahuinya, maka akan mudah menentukan mana yang asli dan mana yang sudah dimodifikasi. Berikut adalah beberapa ciri utamanya:


1. Bentuknya Seperti Corong


Ciri-ciri yang pertama adalah bentuknya yang seperti corong. Bentuk seperti ini memang sangat khas untuk knalpot cobi yang original. Jadi jika sedang mencari knalpot jenis ini, pastikan untuk memperhatikan bentuknya secara mendetail. Jika bukan bentuk corong, maka bisa diragukan.


Apabila diberi penawaran knalpot dan bentuknya seperti corong, maka bisa jadi knalpot tersebut sudah mengalami modifikasi pada bentuknya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui detail bentuknya agar tidak ditipu orang lain. Jika tidak original, maka akan berpengaruh juga pemakaiannya.


Tidak sedikit orang yang melakukan modifikasi pada bentuknya. Biasanya, ada saja orang yang tidak peduli terhadap keasliannya dan melakukan perubahan bentuk. Nantinya, knalpot yang berubah bentuk ini dijual kembali pada orang lain. pembeli yang tidak paham pasti bisa menjadi sumber penipuannya.


2. Warna Knalpotnya Sangat Mengkilap


Selain pada bentuknya, knalpot ini juga memiliki ciri warna yang sangat mengkilap. Jika asli, maka warna yang dihasilkan adalah warna silver atau condong ke warna bening. Saking mengkilapnya, biasanya akan terlihat pantulan orang yang mengenai knalpot. Hal ini merupakan suatu poin penting.


Jika warna dari knalpot sudah tidak lagi sesuai dengan standar awal, artinya sudah terjadi modifikasi pada knalpotnya. Sebagai calon pembeli haruslah peka terhadap hal ini. Jangan hanya tertarik pada bagian warnanya saja. Karena perubahan warna juga termasuk poin modifikasi pada knalpot.


3. Berbahan Besi


Ciri ciri knalpot cobi original yang ketiga adalah berbahan besi. Jika original atau asli, maka knalpot tersebut memakai bahan tersebut dan bukan bahan lainnya. Maka dari itu, penting juga untuk memperhatikan poin penting satu ini sebelum melakukan kesepakatan pembelian knalpotnya.


Tidak hanya itu saja, ada juga yang memakai stainless steel dalam bahan pembuatannya. Jadi, warna knalpot bisa mengkilap semacam itu juga karena campur tangan bahan pembuatnya. Maka dari itu, untuk mendapatkan yang original, pastikan untuk memahami poin ini juga secara mendalam.


Dengan demikian maka akan diketahui dengan mudah apakah knalpot tersebut kondisinya baik atau tidak. Jika memanfaatkan bahan lain yang serupa, maka hasilnya tidak akan sebaik saat memakai bahan besi yang kuat. Poin satu ini juga tergolong penting untuk dipahami secara menyeluruh.


4. Menggunakan Full Press


Meski knalpot cobi termasuk yang dikeluarkan lama, namun bukan berarti motor ini jauh dari harapan. Sistem full press sudah dimanfaatkan pada knalpot cobi ini. Sehingga dalam penerapannya akan sangat pas karena knalpot bisa menyalurkan udara buangan dengan baik.


Maksud dari sistem full press ini adalah tersedianya beragam manfaat dari penggunaannya. Mulai dari muffler, hingga adanya header. Dua poin ini termasuk dalam manfaat penggunaan knalpot cobi yang unik ini. Jika ingin mendapatkan hal ini, maka harus sering memperhatikan dan bertanya pada ahlinya.


5. Memanfaatkan Chrome


Ciri-ciri yang terakhir adalah memanfaatkan chrome. Jika menemui knalpot cibo dengan bahan ini, maka bisa juga disimpulkan bahwa knalpot tersebut original. Jadi untuk pembuatan knalpot ini memang hanya dikhususkan dengan beberapa jenis bahan saja. Selain yang sudah disebutkan, maka knalpot palsu.


Atau bisa jadi knalpot tersebut sudah mengalami masa modifikasi. Maka dari itu, untuk memilih yang paling original haruslah memperhatikan setiap ciri-ciri yang ada. Bahan ini juga tergolong kuat dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Sehingga tidak perlu sering ganti knalpot karena kerusakan.

Baca juga :

Pelajari Perbedaan Knalpot Proliner Asli dan Palsu Agar Tidak Tertipu!Itulah lima ciri ciri knalpot cobi original yang perlu dipahami.


Untuk menemukan knalpot yang paling original tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Selain itu, pembeli juga harus teliti jika ingin memiliki knalpot semacam ini. Semakin paham ciri-ciri, maka akan semakin mengerti mana yang asli.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita