Download our available apps

Cara Efektif Menghilangkan Tinta Spidol Permanen di Papan Tulis

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Efektif Menghilangkan Tinta Spidol Permanen di Papan Tulis
Gambar Papan Tulis

BLOG OSCAS - Spidol permanen memiliki bungkus atau mirip dengan spidol whiteboard, hal ini membuat beberapa orang sering salah dan menggunakan spidol permanen di papan tulis. Penulisan yang salah di papan whiteboard dapat memberikan tampilan yang tidak bagus dan bisa merusak papan tulis.


5 Cara Efektif Menghilangkan Tinta Spidol Permanen Di Papan Tulis


Berikut ada beberapa cara menghilangkan spidol permanen di papan tulis yang efektif Anda gunakan:


1. Menggunakan Cairan Pembersih Whiteboard


Menghapus tinta spidol permanen tanpa pusing dan ribet yaitu dengan menggunakan cairan whiteboard cleaner solution. Cairan ini mengandung bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan papan tulis dari tinta permanen.


Cairan ini dibuat khusus untuk membersihkan dan menghapus tinta yang susah hilang. Namun cairan ini bisa membersihkan tinta permanen yang dibuat dengan bahan dasar alkohol. Selain itu akan susah untuk dihilangkan.


Cara menggunakannya sangat mudah, cukup semprotkan papan tulis yang terkena tinta spidol permanen sampai merata. Kemudian usap merata cairan dengan lap atau tisu kering. Gosok sampai tinta pada papan tulis menghilang. Ulangi beberapa kali bila perlu.


2. Menggunakan Tinta Spidol Whiteboard


Cara efektif berikutnya yaitu dengan menggunakan tinta spidol whiteboard yang sering digunakan di papan tulis. Cara unik ini belum banyak diketahui. Selain efektif cara ini juga cukup aman dan tidak membuat permukaan papan tulis menjadi rusak.


Dimana cara menggunakannya ada dua metode yaitu pertama gunakan kain atau secarik kertas kering. Tetesi kertas dengan tinta whiteboard kemudian usapkan ke papan tulis yang sudah terkena tinta spidol permanen.


Usapkan segera dan gerakkan kain atau kertas tersebut di atas papan tulis secara menyeluruh. Lakukan sampai tinta permanen di papan tulis hilang.


Cara berikutnya yaitu ambil spidol whiteboard dan timpa tulisan permanen di papan tulis dengan spidol whiteboard tersebut. Ikuti garis tulisan yang ada di papan. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan.


Jika tinta spidol permanen belum hilang lakukan berulang kali sampai papan bersih. Cara ini sering dilakukan untuk menghilangkan tinta spidol di papan tulis.


3. Menggunakan Alkohol


Alkohol tidak hanya dikenal sebagai bahan untuk membunuh bakteri dan kuman. Untuk beberapa situasi alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran. Terutama di papan tulis yang kotor oleh coretan tinta spidol permanen.


Cara menghilangkan spidol permanen di papan tulis dengan alkohol ini yaitu dengan menyemprotkan langsung alkohol 70 % ke papan tulis kemudian gosokkan dengan gerakan memutar untuk memudahkan. Gosok sampai papan tulis bersih. Setelah itu lap papan tulis dengan tisu atau kain kering.


Cara berikutnya Anda bisa menyemprotkan alkohol langsung ke lap atau kain kering. Kemudian aplikasikan langsung ke papan tulis sebelum kain tersebut kering. Dimana alkohol memiliki sifat yang cepat sekali menguap, sehingga Anda harus gesit jika menggunakan alkohol untuk membersihkan tinta spidol permanen.


4. Menggunakan Thinner


Thinner adalah cairan yang digunakan untuk membersihkan cat yang menempel di tangan. Thinner ini mengandung bahan yang dapat melarutkan tinta permanen pada spidol. Namun thinner juga bisa membuat papan tulis rusak jika terlalu sering menggunakan cairan ini.


Cara ini cukup efektif digunakan untuk membersihkan tinta permanen namun tidak direkomendasikan untuk digunakan berulang-ulang. Selain merusak lapisan papan tulis, bau yang menyengat dari thinner ini juga tidak baik dihirup.


5. Menggunakan Aceton


Selain alkohol dan thinner, aceton juga merupakan cairan yang dapat digunakan untuk membersihkan tinta spidol permanen di papan tulis.


Aceton memiliki komposisi yang cukup kuat dan efektif digunakan untuk menghapus tinta permanen. Namun, karena kandungannya membuat aceton menjadi cairan yang cukup keras. Sehingga menggunakan aceton terus menerus dapat merusak lapisan papan tulis.


Cara menggunakannya hampir sama dengan cairan lainnya. yaitu dengan menuangkan aceton konsentrasi terendah pada kain lap atau tisu. Kemudian gosokkan merata pada papan tulis yang terkena tinta spidol permanen.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Cat Pilox di Tembok


Papan tulis akan segera bersih dari bekas tinta. Lakukan cara tersebut di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup. Hal ini supaya pernapasan Anda tidak terganggu dengan bau yang dihasilkan dari larutan tersebut.


Itulah beberapa cara menghilangkan spidol permanen di papan tulis yang efektif dan bisa Anda aplikasikan. Selain mudah Anda juga mendapatkan bahan-bahan tersebut di toko atau apotek.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita