Download our available apps

Cara Menghilangkan Cat Pilox di Tembok

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Cat Pilox di Tembok
Ilustrasi : Cat Pilox i dTembok

BLOG OSCAS - Melihat dinding rumah banyak coretan tentunya jengkel, apalagi coretannya berasal dari cat semprot. Tenang saja, ada cara menghilangkan cat pilox di tembok dengan mudah dan bisa membuat tembok kembali bersih.

Untuk membersihkan tembok dari coretan cat semprot tidak terlalu sulit, bisa menggunakan bahan yang biasa digunakan sehari-hari, dengan teknik yang tepat tembok kembali bersih dengan menggunakan bahan tersebut.

Meskipun membersihkan coretan di tembok memerlukan tenaga, namun cara ini cukup efektif untuk menghilangkan cat pilox yang menempel di tembok. Nah, bagi yang kesulitan membersihkan coretan di tembok, berikut caranya.


Cara Menghilangkan Cat Pilox di Tembok


Sebelum melakukan pembersihan tembok, sebaiknya pakai alat keamanan seperti masker, kacamata dan sarung tangan. Tujuannya agar aman dari debu atau partikel tembok. Setelah itu, siapkan bahan-bahan seperti dibawah ini.


1. Amplas Dinding


Cara menghilangkan cat pilox di tembok bisa gunakan amplas khusus dinding gypsum, amplas ini memiliki tingkat kekasaran yang bervariasi, pilih nomor amplas yang ampuh untuk menghilangkan cat pilox pada dinding.


2. Paint Remover


Cairan kimia atau paint remover biasa digunakan merontokan cat pilox, kalian bisa gunakan cairan ini untuk membersihkan coretan di tembok. Namun perlu berhati-hati saat proses pembersihan karena cairan ini mengandung zat kimia.


3. Heat Gun


Setelah cat pilox rontok di tembok dengan paint remover, kemudian dikeringkan menggunakan heat gun atau pengering rambut dan biarkan beberapa saat hingga bagian cat pilox pada tembok rontok dan terkelupas dengan sendirinya.


4. Gerindra


Sementara gerinda fungsinya untuk membuat tembok menjadi bersih kembali, setelah cat mengelupas bisa di amplas dengan gerinda secara perlahan dan merata agar bersih maksimal, setelah itu bersihkan tembok dengan air bersih.


5. Tutup dengan Cat


Jika warna tembok menjadi pudar dan tidak sama dengan warnanya setelah di amplas atau di gerindra, maka bisa kembali tutup tembok dengan cat baru sehingga kembali terlihat bersih dan bebas dari coretan cat pilox yang mengganggu.

Itulah cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan cat pilox di tembok, jika setelah coretan dibersihkan masih menempel dan membekas, maka bisa tutup dengan cat tembok yang sama warnanya. Lebih mudah bukan?


Tips Menjaga Tembok Tetap Awet


Tembok eksterior memang kerap bermasalah dengan timbulnya kotoran, baik karena debu atau kotoran hingga coretan yang dilakukan oleh tangan jahil, maka perlu menjaga tembok agar terawat dengan cara sebagai berikut :


1. Gunakan Cat Khusus


Untuk melindungi tembok atau dinding dari kotoran atau coretan, maka pilih cat yang bisa dengan mudah dibersihkan, biasanya ada cat khusus agar coretan atau kotoran di tembok bisa mudah dihilangkan dengan bahan yang sederhana.


2. Sesuaikan dengan Bahan Dinding


Ketika akan mengecat tembok, maka pilih bahan cat yang sesuai dengan bahan dinding karena ada beberapa cat yang beredar di pasaran disesuaikan dengan bahan dinding, misalnya seperti cat tembok kayu, cat tembok beton dan lain sebagainya.


3. Pilih Warna Cat Cerah


Dengan memilih warna cerah untuk dinding eksterior maupun interior membuat tampilan rumah lebih menarik, selain itu kotoran pun mudah terlihat sehingga bisa dibersihkan dengan mudah, serra pilih cat yang tahan air dan kotoran.

BACA JUGA :

7 Cara Menghilangkan Cat Kayu di Tangan Sampai Bersih

Itulah beberapa tips dan cara menghilangkan cat pilox di tembok bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan, terpenting selalu rawat tembok rumah agar selalu terjaga kualitas dan kebersihannya.





Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita