Download our available apps

Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Kaca

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Kaca
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Kaca

BLOG OSCAS - Cara menghilangkan cat pilox pada kaca diperlukan ketika Anda selesai merenovasi rumah atau tidak sengaja menyemprotkan cat dan mengenai kaca. Bayangkan jika Anda tidak tahu cara membersihkan cat pilox tersebut, Anda mungkin harus menggantinya.


Cara Menghilangkan Cat Pilox Pada Kaca Paling Tepat


Permukaan kaca yang bening ternyata mudah dibersihkan, asalkan Anda tahu caranya. Selaiknya langsung membersihkan kaca, agar lebih mudah dihilangkan. Berikut adalah cara menghilangkan cat pilox pada kaca yang dilakukan dengan benda yang ada di rumah.


1. Cuka


Salah satu cara ampuh dan mudah menghilangkan cat pilox pada kaca adalah dengan menggunakan cuka. Sifat asam cuka akan melunakkan cat yang menempel, sehingga lebih mudah dibersihkan. Namun, cuka terlebih dahulu dipanaskan untuk hasil maksimal.


Panaskan cuka hingga mendidih, lalu menggunakan lap bersih yang dibasahi cuka untuk menggosok kaca. Lakukan berulang-ulang hingga cat pilox melunak dan mudah dikerok dengan cutter atau lap barah. Lakukan perlahan agar kaca tidak tergores.


2. Paint Stripper


Jika Anda tidak ingin repot, menggunakan paint stripper dapat menjadi cara menghilangkan cat pilox pada kaca yang bisa diandalkan. Paint stripper merupakan zat kimia yang memang dirancang khusus untuk menghilangkan noda cat atau pilox.


Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu hanya dioles pada bagian cat yang ingin dibersihkan. Setelah itu, didiamkan beberapa saat agar cat meresap. Lalu digosok dengan handuk yang sudah dibasahi atau dengan cutter. Pastikan tidak meninggalkan goresan.


3. Minyak Kayu Putih


Sama halnya dengan paint stripper, minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan segala jenis cat, termasuk juga cat pilox. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada bagian yang terkena pilox atau cat dan biarkannya beberapa detik.


Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak terlalu lama mendiamkannya agar mudah diangkat. Gosok kaca yang terkena pilox dengan sedikit diberi tekanan. Namun, cara ini mungkin akan membuat sisa cat pilox melebar ke bagian kaca lain, sehingga lakukan dengan hati-hati.


4. Cutter


Cara menghilangkan cat pilox pada kaca yang paling sederhana adalah dengan menggunakan cutter. Hanya saja, cara ini butuh kesabaran ekstra dan seringkali menimbulkan suara berdecit yang tidak nyaman di telinga dan goresan pada kaca.


Cara menghilangkan cat dengan cutter harus sangat hati-hati dari pada cara-cara lainnya. Jika tidak, cutter bisa saja menggores kaca yang akhirnya menimbulkan bekas dan membuat kaca terlihat kurang indah. Pilihan lain adalah kain yang sudah dibasahi air.


5. Cairan Air Sabun


Jika Anda memilih membersihkan pilox dengan cutter tapi tidak ingin menggores kaca, ada trik khusus yang bisa dipraktekkan. Anda bisa mencoba melumuri kaca dengan cairan sabun dan air hangat sebelum mulai menggoreskan cutter.


Air sabun hangat akan melumasi kaca, sehingga tidak akan tergores dan tidak menimbulkan suara berdecit. Selain itu, cairan sabun akan membuat permukaan kaca lebih licin dan lebih mudah untuk dibersihkan baik dengan cutter maupun cukup dengan lap basah.


6. Compound


Cara menghilangkan pilox pada kaca yang bisa Anda tiru adalah dengan compound. Material agak kasar ini sangat cocok untuk menangani bekas pilox yang agak tebal. Tentu membersihkannya harus perlahan agar bisa mengikis dengan kuat tapi tidak merusak kaca.


7. Bensin


Kaca yang terkena pilox dapat memakai bensin. Gunakan lap dan basahi dengan bensin. Kandungan bensin termasuk ampuh untuk memastikan bekas cat atau pilox terangkat. Lakukan sekali lagi penggosokan dengan lap memakai air untuk memastikan bersih total.


Dari sekian banyak cara menghilangkan cat pilox pada kaca, mana yang ingin Anda coba? Cara-cara tersebut memang terkesan gampang, namun bukan berarti Anda bisa menganggap enteng masalah cat pilox pada kaca. Bersihkan dengan hati-hati agar kaca bersih sempurna.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Cat Pilox di Tembok


Akan jauh lebih baik jika Anda melindungi kaca dari cat pilox sejak awal. Anda bisa menutup kaca dan bagian lain dengan koran sebelum mulai mengecat atau memakai pilox. Dengan demikian, Anda tidak perlu memikirkan cara membersihkan kaca dari pilox, kan?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita