Download our available apps

Cara Mengecat Kayu dengan Pilox agar Mengkilap

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengecat Kayu dengan Pilox agar Mengkilap
Ilustrasi : engecat Kayu dengan Pilox

BLOG OSCAS - Bagi yang ingin tampilan furniture atau perabot berbahan kayu agar mengkilap, maka bisa aplikasikan cara mengecat kayu dengan pilox. Dengan persiapan dan teknik yang tepat bisa menghasilkan tampilan cat yang bagus, lho!

Pada umumnya mengecat kayu menggunakan alat kuas, namun kadang hasilnya kurang rapi dan meninggalkan bekas sapuan kuas. Maka dari itu, cat kayu dengan pilox atau alat semprot bisa menjadi alternatif agar hasilnya rapi dan mengkilap.

Nah, sebelum melakukan pengecatan pada media kayu dengan cat semprot, ketahui terlebih dahulu tentang cat kayu yang cocok untuk diaplikasikan. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!


Sekilas Tentang Cat Kayu


Cat kayu yang paling cocok diaplikasi untuk furniture atau perabotan bahan dasar kayu adalah cat kayu solid, salah satu jenis cat yang terkenal dengan keunggulannya dalam menutup permukaan kayu secara sempurna.

Cat kayu solid bahkan mampu menutup permukaan kayu yang rusak lho! Agar hasilnya sempurna maka bisa menggunakan teknik mengecat kayu dengan pilox atau cat semprot, hasil warna pada kayu jadi lebih halus dan mengkilap.

Pengaplikasian cat kayu dengan pilox atau cat semprot harus memperhatikan dan menguasai teknik pengecatan, tujuannya agar hasilnya lebih mengkilap. Lantas, bagaimana cara mengecat permukaan kayu dengan pilox ini?


Cara Mengecat Kayu dengan Pilox


Jika ingin mengecat permukaan kayu dengan pilox, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai proses pengecatan. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:


1. Persiapan


Langkah pertama siapkan alat dan bahan cat, seperti amplas, dempul dan cat semprot. Untuk cat semprot atau pilox, siapkan cat pilox primer, cat pilox warna solid, dan cat pilox gloss, selain menyiapkan furniture atau kayu yang akan di cat.


2. Pengamplasan


Kemudian mulai amplas permukaan kayu terlebih dahulu secara merata, jika ada bagian kayu yang rusak bisa ditambal dengan dempul. Kemudian diamplas kembali agar bagian kayu yang di dempul benar-benar rata dan halus.

Proses amplas dan dempul ini berguna agar permukaan kayu bisa lebih menyerap cat pilox, pengamplasan bisa dilakukan secara manual, rasakan tingkat kehalusan yang diinginkan dengan telapak tangan.


2. Pengecatan


Setelah permukaan kayu halus dan rata, selanjutnya naik proses pengecatan. Cara mengecat kayu dengan pilox bisa dilakukan dengan tiga tahap agar hasilnya maksimal dan mengkilap. Adapun tahapannya sebagai berikut :

  • Tahap pertama, mengecat kayu dengan cat pilox primer agar permukaan kayu lebih tertutup dan rapi
  • Tahap kedua, cat kayu solid untuk menghasilkan warna yang diinginkan, sebaiknya pilih warna cerah
  • Tahap ketiga, cat gloss untuk membuat tampilan kayu menjadi mengkilap dan cat kayu solid tahan lama

Pada proses pengecatan ini bisa lakukan dua kali hingga tiga kali lapisan, pastikan warna kayu dan serat kayu tertutup dengan sempurna. Sementata penggunaan cat pilox gloss memberikan kesan mengkilap pada kayu.


3. Pengeringan


Setelah cat benar-benar merata dan mengkilap, selanjutnya keringkan kayu di bawah terik matahari langsung agar cat cepat meresap ke dalam permukaan kayu, serta seluruh bagian kayu bisa kering secara maksimal.

Pastikan kembali cat sudah merata dan menutup permukaan kayu, jika ada bagian yang cacat maka bisa amplas terlebih dahulu, kemudian cat ulang dengan tahapan yang benar agar hasilnya merata dan mengkilap.

BACA JUGA :

7 Cara Menghilangkan Cat Kayu di Tangan Sampai Bersih


Itulah cara mengecat kayu dengan pilox atau cat semprot untuk menghasilkan warna yang mengkilap dan tahan lama. Terpenting pada proses pengecatan harus dengan teknik yang tepat agar hasilnya semakin maksimal.




Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita