Download our available apps

5 Cara Menghilangkan Getah Pisang Pada Pakaian Berwarna dengan Mudah dan Praktis

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Menghilangkan Getah Pisang Pada Pakaian Berwarna dengan Mudah dan Praktis
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Getah Pisang Pada Pakaian Berwarna

BLOG OSCAS - Ketika ada getah pisang yang menempel pada baju Anda pasti itu sangat mengganggu dan merusak penampilan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan getah pisang pada pakaian berwarna. Cara ini bisa membuat baju Anda bersih kembali.


Meski begitu, getah pisang yang menempel pada baju seringkali sulit dibersihkan hingga benar-benar kinclong. Dibutuhkan kerja keras dan cara yang tepat untuk membersihkannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perlu berhati-hati saat menuai pisang.


5 Cara Menghilangkan Getah Pisang Pada Pakaian


Saat pakaian Anda terkena noda seperti getah pisang, alangkah baiknya segera dibersihkan agar tidak menempel terlalu lama. Berikut 5 cara menghilangkan getah pisang pada pakaian dengan mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu


1. Langsung dibersihkan dengan alkohol


Jika getah pisang pada pakaian masih basah Anda bisa menggunakan salah satu cara ini. Cara menghilangkan getah pisang pada pakaian berwarna menggunakan alkohol. Caranya sangat mudah, cukup siapkan alkohol dan kapas.


Oleskan alkohol pada kapas kering lalu usapkan pada pakaian yang terkena getah pisang, jika getah hanya sedikit dan masih basah akan mudah hilang. Akan tetapi jika getah dalam jumlah banyak, Anda bisa mencucinya dengan tambahan deterjen untuk hasil yang maksimal.


Pastikan Anda tidak menyikat pakaian terlalu keras, karena bisa merusak tekstur atau warna pada pakaian.


2. Bersihkan dengan detergen


Noda getah pisang pasti membuat Anda tidak nyaman saat memakai pakaian Anda, setelah membersihkan dengan alkohol. Anda dapat menggunakan cara menghilangkan getah pisang pada pakaian berwarna dengan detergen. Pastikan Anda memberikan perbandingan 1:1 agar deterjen berbentuk pasta, dan mampu membersihkan getah dengan total.


Anda cukup mencampur detergen dengan air, lalu gosokkan pada pakaian yang terkena getah. Diamkan sebentar agar detergen meresap, lalu bilas dengan air mengalir. Agar getah dapat terangkat sempurna, jemur pada tempat yang memiliki udara cukup agar warna pakaian Anda tidak luntur.


3. Masukkan dalam freezer


Jika noda getah pisang masih basah, tentunya menggunakan alkohol dan detergen sudah cukup membantu. Akan tetapi jika getah nya sudah kering? Cara menghilangkan getah pisang pada pakaian berwarna yang sudah kering dengan cara membekukan getah pisang.


Anda dapat memasukkan pakaian yang terkena getah pisang pada freezer hingga getah benar-benar beku. Jika sudah beku Anda dapat mengeluarkannya dari freezer. Rendam kurang lebih 30 menit, agar noda getah pisang dapat terangkat. Jika sudah Anda dapat mengucek sedikit dengan tambahan deterjen, lalu bilas dengan air mengalir.


4. Menggunakan jeruk nipis


Cara menghilangkan getah pisang pada pakaian berwarna menggunakan jeruk nipis, caranya sangat mudah dan bahan yang digunakan sudah marak di pasaran. Anda cukup menyiapkan jeruk nipis, potong jadi dua. Lalu peras, nah air perasan jeruk nipis ini akan digunakan untuk membersihkan noda getah pisang.


Cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada pakaian berwarna Anda, lalu kucek sedikit hingga noda sedikit memudar. Lakukan hingga noda benar-benar pudar, jika noda sudah pudar. Anda dapat mencucinya seperti biasa dengan deterjen.


5. Menggunakan soda kue


Cara menghilangkan noda getah pisang pada pakaian berwarna menggunakan soda kue, mungkin Anda sudah tidak kaget jika menyebutkan soda kue. Pasalnya soda kue memang ampuh dalam membersihkan noda membandel pada pakaian. Bahan ini juga seringkali digunakan untuk mencuci item lainnya seperti sepatu.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Bau Solar Di Baju Yang Mudah dan Pasti Berhasil


Adapun caranya sangat mudah yakni cukup rendam pakaian Anda dengan campuran air, detergen cair dan soda kue. Tunggu hingga larut, lalu kucek sedikit.
Bilas pakaian menggunakan air mengalir, noda akan sedikit memudar. Lakukan hingga noda benar-benar memudar, untuk hasil yang lebih memuaskan.


Itulah 5 cara menghilangkan noda getah pisang pada pakaian berwarna yang Anda lakukan. Cara-cara tersebut sangat mudah bukan? Segeralah cuci pakaian Anda yang terkena getah pisang agar nodanya tidak semakin membandel!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita