Download our available apps

Begini Cara Menghilangkan Noise Pada Preamp Mic dengan Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
Begini Cara Menghilangkan Noise Pada Preamp Mic dengan Mudah
Gambar Preamp Mic

BLOG OSCAS - Preamp mic adalah sebuah perangkat yang letaknya berada setelah microphone dan sebelum tone control atau yang biasa dikenal juga sebagai amplifier. Rangkaian yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk kegunaan microphone sehingga jika ada kerusakan harus segera diperbaiki dengan cara menghilangkan noise pada preamp mic.


Salah satu masalah yang kerap datang pada microphone yang digunakan adalah adanya noise diakibatkan dari preamp mic itu sendiri. Nah agar Anda bisa mengatasi dengungan pada preamp mic, yuk simak ulasan yang akan kami kupas habis di bawah ini. Penasaran apa saja informasinya? Let’s check this out!


Fungsi Preamp Mic


Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan noise pada preamp mic, tahukah Anda apa fungsi dari rangkaian preamp mic? Nah ternyata komponen yang satu ini berfungsi untuk menguatkan sinyal listrik dari microphone yang masih lemah.


Sehingga nantinya sinyal listrik yang dikeluarkan akan sesuai dengan kriteria sebelum masuk ke perangkat amplifier dan dipilih melalui equalizer serta tone control. Dalam penggunaanya, preamp mic menggunakan cara kerja yang dimulai dari penangkapan sinyal suara oleh microphone.


Nantinya sinyal suara ini diubah menjadi sinyal listrik dengan frekuensi tertentu. Awalnya sinyal suara ini sangat lemah sehingga perlu dikuatkan agar sesuai dengan standar yang dibutuhkan. Yang dibutuhkan merupakan penguat awal dengan daya yang tidak terlalu besar tetapi memiliki keakuratan yang tepat.


Keakuratan ini berguna untuk menjaga frekuensi gelombang suara yang masih dalam bentuk sinyal listrik agar tetap bersih tanpa noise atau gelombang pengganggu lainnya. Nah dalam proses kerja ini diperlukan rangkaian preamp mic rakitan yang benar.


Hal inilah yang membuat preamp mic harus terjaga dengan baik karena digunakan untuk menguatkan sinyal suara. Nah ternyata preamp mic ini memiliki 2 tipe seperti yang akan kami ulas berikut ini.


  1. Preamp mic condenser yang berbentuk sederhana dan kecil sesuai dengan mic yang berjenis condenser.
  2. Preamp mic dynamic yang memiliki echo. Jenis ini merupakan preamp mic yang kompleks karena memiliki fitur tambahan berupa rangkaian echo digital.


Itulah jenis-jenis preamp mic yang wajib Anda ketahui. Selanjutnya Anda tidak boleh melewatkan informasi tentang cara menghilangkan noise pada preamp mic. Hal ini bertujuan agar nantinya jika ada masalah pada preamp mic Anda bisa langsung memperbaikinya.


Cara Menghilangkan Noise Pada Preamp Mic Paling Ampuh


Untuk menghasilkan suara yang jernih, diperlukan preamp mic yang berkualitas tanpa kerusakan dan noise yang mengganggu. Namun, bagaimana jika preamp mic yang dirakit mengalami gangguan seperti adanya dengungan? Tidak usah khawatir karena Anda bisa memperbaikinya dengan cara menghilangkan noise pada preamp mic di bawah ini.


  1. Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada kabel mic. Pastikan semua kabel terpasang dengan baik dan jauh dari sumber gangguan noise seperti tegangan, power supply dan lain sebagainya.
  2. Lalu ukur tegangan yang mengalir pada preamp mic. Tegangan yang keluar bisa saja lebih kecil ataupun lebih besar, tetapi jika tegangannya tidak sesuai maka bisa jadi ini adalah penyebab timbulnya noise.
  3. Selanjutnya periksa volume yang dikhawatirkan terlalu besar karena bisa membuat degungan semakin parah. Pada rangkaian preamp mic  ini jika menggunakan trimpot, pastikan pengaturannya sudah tepat dan tidak terlalu besar volumenya.
  4. Langkah terakhir adalah dengan memastikan bahwa instalasi grounding sudah berjalan dengan lancar. Instalasi ini menggunakan rangkaian preamp mic dan body.


Dari beberapa informasi yang telah kami bahas di atas dapat disimpulkam bawah rangkaian preamp mic ini berhubungan dengan audio yang bisa saja menimbulkan dengungan jika kurang hati-hati dalam pemasangannya. Risiko dengungan ini akan semakin tinggi jika Anda tidak melakukan pengecekan secara keseluruhan.

BACA JUGA :

Inilah Cara Menghilangkan Karat Pada Gilingan Mie Yang Perlu Anda Ketahui


Padahal jika ada kerusakan atau noise hal ini harus diperbaiki secara menyeluruh. Dengan demikian, untuk menghindari hal tersebut pastikan Anda melakukan instalasi dengan baik. Dan jika ada kerusakan atau noise yang muncul segeralah perbaiki dengan cara menghilangkan noise pada preamp mic di atas.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita