Download our available apps

Inilah Cara Menghilangkan Karat Pada Gilingan Mie Yang Perlu Anda Ketahui

Pewarta - Prana Hikmat
Inilah Cara Menghilangkan Karat Pada Gilingan Mie Yang Perlu Anda Ketahui
Gambar Gilingan Mie

BLOG OSCAS - Cara menghilangkan karat pada gilingan mie sama dengan benda – benda yang terbuat dari stainless steel, aluminium atau logam lainnya. Karat pada gilingan mie bukan hanya tidak sedap dipandang tapi bisa merusak kualitas makanan yang dihasilkannya.

Cara Menghilangkan Karat Pada Gilingan Mie dengan Bahan Mudah


Anda tidak selalu harus membuang gilingan mie yang berkarat. Ada berbagai cara ampuh untuk mengatasinya dengan bahan – bahan yang Anda temukan di rumah. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan karat pada gilingan mie yang bisa Anda coba sendiri.

1. Cuka dan Garam


Bahan yang selalu ada di tiap rumah adalah cuka dan garam. Keduanya ampuh untuk menghilangkan karat. Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi karat pada logam seperti gilingan mie adalah mencampurkan kedua bahan tersebut pada wadah tertentu.

Ambil setengah sendok makan garam dan dua sendok makan cuka lalu campur dan aduk sampai rata. Kalau yakin sudah tercampur, oleskan pada bagian berkarat pada gilingan mie dan lalu diamkan selama 30 menit. Biarkan meresap pada karat agar mudah dibersihkan.

Setelah didiamkan beberapa saat, gosok dengan lembut tapi dengan sedikit menekan bisa dengan sabut besi atau kain basah. Gunakan sabun cuci piring yang dicampur dengan air untuk membilasnya dengan bersih. Lakukan langkah ini berulang – ulang sampai hilang.

2. Perasan Lemon dan Soda Kue


Cara menghilangkan karat pada gilingan mie bisa dengan campuran perasan lemon dan soda kue. Keduanya memiliki kandungan keasaman yang mirip dengan cuka untuk menghilangkan karat pada permukaan logam. Jadi kalau tidak ada cuka bisa pakai cara ini.

Anda bisa memeras satu buah lemon yang ditambahkan dengan 2 sendok teh soda kue. Anda perlu memastikan tercampur dengan rata dan baru oleskan pada bagian yang berkarat. Tunggu selama 30 menit, kalau karat cukup tebal, Anda bisa diamkan lebih lama.

Setelah merasa sudah cukup lama, gosok bagian yang sudah diolesi dengan perasan lemon dan soda kue hingga bersih. Kalau noda karat tidak kunjung hilang, coba rendam gilingan mie atau alat masak berkarat lainnya dalam campuran ini dan air hangat.

3. Kentang


Ada kentang di dapur? Ini juga bisa jadi pilihan untuk mengatasi karat pada perangkat masak Anda. Cara membersihkannya diawali dengan melumatkan kentang dan menutupi bagian yang berkarat dengan kentang sampai semalaman.

Keesokkan harinya, bersihkan kentang yang sudah didiamkan tersebut dan oleskan soda kue diatasnya. Diamkan beberapa menit dan baru gosok dengan lap basah atau sabut besi sampai karat benar – benar hilang. Kalau dilakukan dengan tepat, umumnya karat akan mudah dilap.

4. Minuman Bersoda


Cara menghilangkan karat pada gilingan mie lainnya adalah memakai minuman bersoda. Anda tinggal mengambil mangkuk yang sesuai dengan ukuran gilingan mie dan merendamnya dalam minuman bersoda. Pastikan sampai terendam sepenuhnya.

Semakin banyak karat yang ada, membutuhkan bahan penghilang karat yang lebih banyak. Jadi, kalau memakai minuman bersoda, mungkin Anda akan memerlukan beberapa kaleng untuk sepenuhnya bisa mengatasi gilingan mie yang sudah berkarat.

Setelah didiamkan semalaman, Anda bisa mengelapnya dengan kain basah atau spon cuci piring keesokkan harinya. Lakukan dengan gerakan memutar dengan sedikit menekan agar karat yang membandel sekalipun tetap bisa diangkat dengan sedikit upaya.

5. Baking Soda


Bedakan antara baking soda dan kue. Kalau untuk baking soda, Anda buat adonan pasta yang dibalurkan pada alat masak seperti gilingan mie yang memiliki karat. Biarkan beberapa saat untuk memastikan adonan meresap pada karat dan membuatnya jadi mudah dibersihkan.

Anda kemudian menggosok bagian berkarat bisa memakai lap basah, spons alumunium foil atau bahkan sikat gigi bekas untuk memastikan karat bisa terkikis dengan sempurna. Kalau sudah terlihat karat yang terangkat, bisa bilas dengan air untuk melihat hasilnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada gilingan mie yang berbahan dasar logam seperti aluminium, stainless steel atau besi. Cara tersebut juga bisa diaplikasikan untuk alat masak lainnya yang terbuat dari bahan yang sama. Pilih cara yang mudah untuk Anda.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita