Download our available apps

Paling Ampuh! Inilah Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King

Pewarta - Prana Hikmat
Paling Ampuh! Inilah Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King
Gambar Motor RX King

BLOG OSCAS - Dalam menggunakan kendaraan roda dua, Anda wajib tahu bagaimana cara memperbaiki pompa oli samping Rx King agar bisa menemukan solusi di setiap masalah yang terjadi. Oli sendiri memiliki fungsi yang sangat penting untuk melumasi bagian piston, kruk as, hingga silinder.


Karena oli ini bertugas sebagai komponen penting untuk menunjang kenyamanan motor saat digunakan untuk berkendara, hal ini menyebabkan banyak pengguna yang tidak terlalu fokus pada bagian pendukung lainnya. Padahal selain kualitas oli, banyak komponen yang tidak kalah penting.


Salah satu komponen yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pompa oli yang berfungsi untuk mengalirkan oli samping ke bagian mesin yang membutuhkan. Namun tahukah Anda kenapa komponen ini harus dirawat dengan baik?


Ternyata jika ada masalah pada bagian pompa oli samping akan mengakibatkan oli samping tidak mengalir sempurna dan akan membuat piston macet sehingga nantinya akan menghasilkan panas. Pada kondisi ini umumnya akan berdampak pada kerusakan di bagian komponen lain yang terhubung dengan pompa oli samping.


Dengan demikian, dalam penggunaannya Anda wajib mengetahui ciri ciri pompa oli motor rusak agar bisa ditangani langsung secara cepat. Nah untuk membantu Anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab pompa oli samping rusak dan bagaimana cara memperbaiki pompa oli samping Rx King, yuk simak ulasannya di bawah ini.


2 Penyebab Umum Pompa Oli Samping Rusak


Kendaraan roda dua memerlukan oli samping guna melumasi bagian kruk as dan silinder. Sehingga dalam penggunaannya oli samping ini sangat berperan penting dan tidak boleh ada kerusakan. Adapun beberapa penyebab yang membuat pompa oli samping rusak adalah sebagai berikut:


  • Usia pakai yang sudah habis. Hal ini ditandai dengan bagian gear yang botak karena mengalami pengikisan terus menerus.
  • Gangguan fungsi pompa yang terjadi karena udara masuk ke dalam selang pompa oli. Udara yang masuk ini akan mengakibatkan aliran oli tidak mengalir dengan baik dan bahkan bisa sampai terjadi kebocoran.


Nah itulah 2 penyebab pompa oli samping rusak. Kedua risiko tersebut tentunya bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda bisa merawat kondisi pompa oli samping secara rutin dan menghindari hal-hal yang akan meningkatkan risiko kerusakan.


Jika pompa oli motor Anda sudah terlanjur rusak, tidak usah khawatir karena berikut ini kami akan membahas informasi lebih lanjut tentang cara memperbaiki pompa oli motor. Langsung saja simak solusinya ini.


3 Cara Memperbaiki Pompa Oli Samping Rx King Termudah


Ada beberapa penyebab yang akan membuat pompa oli bermasalah. Meskipun demikian, hal ini tetap bisa diatasi dengan mengikuti cara memperbaiki pompa oli samping Rx King di bawah ini.


1. Penyetelan Pada Volume Oli di Pompa


Oli samping berguna untuk membantu mesin motor agar tidak overheat. Volume yang kurang dari oli samping akan menyebabkan panas tinggi tetapi volume yang berlebihan akan membuat asap motor semakin hitam. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan pengaturan ulang pada pompa oli samping.


Pengaturan ini berguna untuk mengeluarkan jumlah volume oli sehingga nantinya oli yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. Jika cara ini tidak manjur juga, maka lakukan cara kedua ini.


2. Ganti Gear Pompa


Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa salah satu penyebab pompa oli samping rusak adalah karena ada komponen gear yang aus. Untuk memperbaiki hal ini cara yang paling tepat adalah dengan mengganti gear pompa yang sudah aus tersebut.


Namun ada juga masalah yang sering terjadi lainnya seperti selang yang kemasukan banyak air. Jika hal ini terjadi Anda cukup membuka selang dan keluarkan airnya, lalu pasang kembali selang tersebut dengan benar.


3. Memeriksa Kondisi Aki


Cara memperbaiki pompa oli samping Rx King yang selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi aki. Pasalnya kondisi pompa oli yang tidak berfungsi benar dapat disebabkan karena suplai listrik tidak berjalan dengan baik.


Hal ini dapat diatasi dengan melihat kondisinya apakah aki tersebut berjalan normal atau tidak. Jika aki dibiarkan begitu saja akan membuat kerusakan pada komponen yang membutuhkan asupan listrik.

BACA JUGA :

Perbedaan Blok RX King Y1 dan Y4 Bagi Penggemar Motor


Nah itulah 3 cara memperbaiki pompa oli samping Rx King yang bisa Anda lakukan untuk membuat kinerja motor kembali prima. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kondisi komponen motor lainnya agar dapat digunakan dengan baik saat berkendara.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita