Download our available apps

Perbedaan Blok RX King Y1 dan Y4 Bagi Penggemar Motor

Pewarta - Prana Hikmat
Perbedaan Blok RX King Y1 dan Y4 Bagi Penggemar Motor
Gambar : Motor

BLOG OSCAS - Perbedaan blok RX King Y1 dan Y4 harus dicermati jika Anda penggemar motor tua dan ingin tahu perbedaannya. Hal ini dikarenakan dua jenis blok mesin ini terlihat serupa dan hampir tanpa beda. Namun, dari segi performa, Y1 dianggap lebih unggul dari Y4.


Perbedaan Blok RX King Y1 dan Y4 Yang Penting Diketahui


Blok RX King Y1 dan Y4 adalah keluaran RX King Cobra. Yang memisahkan keduanya adalah tahun pembuatan. Blok mesin Y1 pada tahun 1991, sedangkan Y4 pada tahun lebih muda, sekitar tahun 1994. Lalu, adakah perbedaan blok RX King Y1 dan Y4 lainnya?


1. Permukaan Mesin


Tekstur pada permukaan blok mesin Y1 dan Y4 berbeda. Pada Y1 permukaan mesin cenderung halus sehingga nampak lebih mengkilap. Sedangkan pada Y4, permukaan mesin lebih bertekstur dan akan terasa lebih kasar ketika Anda meraba permukaannya.


2. Kualitas Baja Mesin


Bagian luar Y1 dan Y4 rupanya tidak hanya beda tekstur saja, tapi juga material penyusunnya juga berbeda. Seri Y1 dibuat dari baja kualitas sehingga tidak mudah panas dan lebih awet, keunggulan ini hanya ada pada seri Y1 dan tidak ditemukan pada seri RX King lainnya.


3. Tulisan Timbul Sebagai Tanda


Perbedaan blok RX King Y1 dan Y4 lainnya ada pada tulisan timbul di permukaan mesin. Anda bisa melihat tulisan timbul pada bagian kiri bawah. Ada 4 macam tulisan yang bisa Anda temui, yaitu Y1, Y2, Y3, dan Y4 yang masing-masing menunjukkan kode generasi mesin.


Jadi, jika Anda ingin membeli blok mesin Y1, pastikan Anda menemukan kode Y1 pada bagian kiri bawah. Demikian juga jika membeli Y4, cari pula tulisan ini pada bagian kiri bawa tulisan 29N. Ingat, harus ada juga tulisan 29N untuk memastikan keaslian mesin yang Anda beli.


Nah, jika Anda menemukan tulisan 29N pada blok mesin tapi tidak ada kode Y1, Y2, Y3, atau Y4, bukan berarti blok mesin RX King tersebut palsu, ya! Bisa jadi, blok mesin yang Anda temui adalah onderdil dari motor RX King yang beredar di tahun 1980 sampai 1982.


4. Harga


Selain perbedaan secara fisik, blok RX King Y1 dan Y4 juga memiliki perbedaan dari segi harga. Y1 yang merupakan generasi lebih tua dan dibanderol lebih mahal dibandingkan Blok RX King Y4. Harganya bahkan bisa mencapai 20 jutaan untuk satu blok mesinnya saja.


Kalau Y4 harganya masih lebih terjangkau sekitar 4 sampai 7 jutaan, sesuai dengan kondisinya. Kalau membeli yang second tentu harganya bisa lebih murah lagi. Tapi kalau dibandingkan antara keduanya, harga Y1 jauh lebih mahal dibandingkan blok Y4.


Sedangkan blok mesin Y1 second dengan kondisi terawat bisa dihargai diatas 4,5 juta. Jadi, Anda dapat memutuskan sendiri dari sisi harga akan membeli Y1 dan Y4. Pertimbangkan biaya dan juga perbedaan lain yang sudah dibahas sebelumnya antara dua blok tersebut.


5. Mudah Ditemukan


Karena blok RX King Y1 adalah keluaran yang lebih dahulu keluar, mencarinya juga jadi lebih sulit. Bahkan yang second pun tidak mudah ditemukan. Kalaupun ada, umumnya akan dibandrol dengan harga yang mahal sampai puluhan juta, tergantung dengan kondisinya.


Blok Y4 lebih mudah ditemukan di pasaran dan harganya juga jauh lebih murah. Kalau Anda bisa puas dengan blok RX King Y4, maka akan lebih mudah untuk menemukannya baik secara online maupun offline di berbagai toko onderdil motor yang ada di daerah Anda.

BACA JUGA :

Penyebab Motor X Ride Mati Mendadak dan Solusinya


Nah, itulah tadi perbedaan blok RX King Y1 dan Y4. Berbekal perbedaan ini, Anda bisa berburu blok mesin asli keluaran Yamaha yang diproduksi di Jepang. Namun, Anda perlu kerja ekstra untuk menemukannya karena blok mesin RX King Y merupakan barang langka.


Motor RX King memiliki penggemarnya sendiri yang akan rela meluangkan waktu dan uang untuk menemukan spare part yang tepat. Itulah beda antara blok mesin RX King bai Y1 maupun Y4. Anda bisa lebih menentukan pilihan setelah mengetahui perbedaannya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita