Download our available apps

Cara Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU
Gambar Motor Satria FU

BLOG OSCAS - Saat menggunakan sepeda motor, Anda harus mengetahui seluk beluk mesin dan atribut lainnya yang digunakan. Bukan tanpa alasan, hal ini akan membantu Anda untuk mengenal setiap risiko kerusakan yang bisa saja terjadi. Bahkan Anda pun harus tahu apa itu sim klep dan ukuran sim klep Satria FU.


Sebagai jenis sepeda motor tercepat dalam kategori underbone 4-tak, Satria FU memiliki sebuah teknologi bernama sim klep. Nah sebagai pengguna kendaraan roda dua, Anda wajib mengenali sim klep ini beserta kegunaannya.


Dengan demikian, untuk membantu Anda mendapatkan informasi lengkap terkait apa itu sim klep, fungsi, hingga ukuran sim klep Satria FU, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya khusus untuk Anda. Penasaran apa saja informasinya? Let’s check this out!


Apa itu Sim Klep?


Jadi sim klep adalah sebuah komponen kecil yang letaknya berada di antara pelatuk klep atau rocker arm dan klep atau valve di bagian Head Cylinder. Biasanya jenis komponen yang satu ini dapat ditemukan pada motor jenis CBR dan All New CB150R atau motor DOHC. Namun tahukah Anda apa pentingnya penggunaan sim klep?


Ternyata sim klep ini berguna untuk membantu motor agar jarak kerenggangan antar valve dan rocker arm tetap terjaga sesuai standar. Umumnya standar kerenggangan klep untuk motor CBR ini sekitar 0,16 mm dan Anda bisa melakukan pengecekan setelah motor menempuh jarak 24000 km.


Sedangkan untuk motor Suzuki Satria FU, standar ukuran sim klep sekitar 1,10 hingga 0,20 mm dengan buang 0,26 sampai 0.30 mm. Perlu Anda ketahui juga bahwa ukuran kerenggangan sim klep ini dapat berubah seiring dengan bertambahnya umur kendaraan roda dua yang dimiliki.


Tidak hanya itu, dalam merawat sim klep Anda wajib memperkasa ulang setiap jarak tempuh 5.000 km agar tidak terjadi kerenggangan yang semakin lebar. Sehingga dalam penggunaannya Anda harus memperhatikan komponen motor yang satu ini agar mesin dapat digunakan dengan baik.


Untuk ukuran standar sim klep jenis motor lain adalah 1,2 mm hingga 2,9 mm. Dan hingga sekarang terdapat 69 perbedaan ketebalan sim klep dari yang paling tipis hingga yang paling tebal. Dalam memilih sim klep yang cocok, pastikan untuk menggunakan jenis sim klep menggunakan tabee sim untuk mengukur ketebalan yang sesuai dengan ukuran sebenarnya.


Nah setelah mengetahui apa itu sim klep beserta dengan kegunaannya dalam sepeda motor, selanjutnya kami akan membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengukur ukuran sim klep Satria FU seperti yang akan kami bahas di bawah ini.


Cara Mengetahui Ukuran Sim Klep Satria FU


Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa sim klep ini memiliki berbagai ukuran yang kadang membingungkan pengguna. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda untuk menemukan jawaban tentang bagaimana cara mengetahui ukuran sim klep Satria FU.


Dalam mengukur ukuran sim klep, Anda wajib mengetahui tabel ukuran sim klep Satria FU, lalu lihat intervalnya. Patokan ukurannya dapat dihitung dengan feeler gauge dan sim lama yang sudah terpasang dan belum pernah diotak-atik.


Mari kita ambil contoh interval sim klep sebesar 0,5 mm yang sesuai dengan bengkel resmi Suzuki. Nah jika celah berubah menjadi 0,30 mm maka sim klep yang terpasang saat ini adalah nomor 170. Selanjutnya Anda bisa mencocokan dengan tabel, pada tabel ukuran sim klep Satria FU nomor 170 ini sama dengan 1,85 mm.


Sehingga nantinya dalam memilih sim klep yang sesuai Anda harus menggunakan ukuran 1,85 mm atau nomor 185 untuk ukuran klep in. Dalam menghitung ukuran sim klep yang dibutuhkan Anda wajib menggunakan tabel agar perhitungan bisa akurat.

BACA JUGA :

Simak Kekurangan Dan Kelebihan Menggunakan Stabilizer Rantai Motor Sebelum Memasang


Demikianlah pembahasan lengkap tentang pengertian, fungsi, hingga cara mengukur ukuran sim klep Satria FU. Dengan adanya informasi yang sudah kami ulas di atas, diharapkan dapat membantu dan untuk mengetahui ukuran sim klep pada kendaraan roda dua yang dimiliki. Bagaimana menurut Anda?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita