Download our available apps

Simak Kekurangan Dan Kelebihan Menggunakan Stabilizer Rantai Motor Sebelum Memasang

Pewarta - Prana Hikmat
Simak Kekurangan Dan Kelebihan Menggunakan Stabilizer Rantai Motor Sebelum Memasang
Ilustrasi Stabilizer Rantai Motor

BLOG OSCAS - Pemasangan stabilizer pada rantai motor memiliki fungsi yaitu supaya motor tetap berada pada kondisi normal dan menjaga ketegangan motor. Sehingga driver tidak perlu sering melakukan penyetelan untuk rantai.


Stabilizer ini juga sering digunakan untuk memperindah tampilan motor. Namun penggunaannya ini bertujuan supaya pengendara tidak menyetel rantai yang dilakukan satu kali dalam jarak 500 km. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan menggunakan stabilizer rantai motor yang perlu Anda ketahui sebelum mengaplikasikannya di kendaraan Anda.


Kelebihan Menggunakan Stabilizer Rantai Motor


Simak beberapa kelebihan dari menggunakan stabilizer pada rantai motor berikut ini:


1. Menjaga Supaya Rantai Tidak Mudah Lepas


Penggunaan stabilizer pada rantai motor memberikan banyak kelebihan, pertama dengan adanya stabilizer ini dapat mencegah rantai motor lepas dengan mudah. Kencangnya terjaga dan rantai motor dan gear juga akan lebih awet dari biasanya.


Pada beberapa motor yang saat bergerak rantainya akan cepat kendor. Dimana jika rantai sudah mulai kendor maka akan memudahkan untuk terlepas. Sehingga pemasangan stabilizer pada rantai ini bisa menjaga rantai tetap terjaga dan tidak akan terlepas dengan mudah dari gear.


2. Bisa Menjaga Kebersihan Rantai


Penggunaan stabilizer pada rantai motor dapat membuat rantai tetap dalam keadaan bersih. Selain itu stabilizer ini juga bisa menjadi pembersih untuk rantai-rantai yang kotor dari debu, tanah dan lumpur.


3. Rantai Tetap Kencang


Adanya stabilizer rantai pada motor ini bisa memberikan tekanan pada rantai sehingga rantai tetap kencang pada setelan normal. Sehingga rantai tidak cepat kendor dan tetap stabil.


Beberapa orang menggunakan komponen tambahan untuk menekan rantai supaya tidak kendor, namun dengan menggunakan stabilizer ini rantai motor akan tertekan sehingga tidak mudah kendor dan tetap terjaga pada jalur yang sama saat rantai bergerak.


4. Menjaga Rantai Tetap Stabil


Saat berbelok dan menikung rantai motor akan berbunyi jika tidak menggunakan stabilizer pada rantai. Dimana gear belakang akan bergesekan. Namun jika menggunakan stabilizer, gear tersebut tidak akan bergesekan sehingga tidak berbunyi.


Khususnya untuk motor trail, stabilizer ini sangat dibutuhkan. Sehingga rantai motor umumnya akan tetap berada pada jalurnya. Motor Anda juga dapat memberikan peredam untuk getaran pada rantai dan tidak berisik.


5. Menjadi Komponen Tambahan yang membuat Tampilan Motor Keren


Kelebihan lain dari pemasangan stabilizer rantai motor ini yaitu sebagai tambahan yang menjadikan tampilan motor menjadi lebih keren. Selain itu pemasangan stabilizer pada rantai motor ini juga tidak akan membuat kantong Anda langsung kering.


Harganya yang cukup terjangkau dan memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan pada kendaraan Anda.


Kekurangan Menggunakan Stabilizer Rantai Motor


Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan dari menggunakan stabilizer rantai motor, simak penjelasan berikut ini:


1. Tidak Cocok pada Semua Jenis Motor


Pemasangan stabilizer rantai motor harus dilakukan di bengkel yang terpercaya dan resmi. Hal ini supaya Anda bisa mencocokkan jenis, merek dan bahan dari stabilizer sebelum memasangnya ke rantai motor Anda.


Supaya nantinya Anda tidak menyesal jika terjadi hal buruk pada motor Anda. Kekurangan menggunakan stabilizer motor ini bisa cocok-cocokan di jenis motor tertentu. Sehingga Anda perlu hati-hati dan teliti sebelum memasang di rantai motor.


2. Tidak Bisa Digunakan untuk Ngebut-ngebutan


Pada beberapa kondisi motor, pemasangan stabilizer pada rantai motor malah membuat penggunanya rugi. Dimana kekurangannya yaitu saat dibawa ngebut dan menggunakan kecepatan tertinggi, rantai motor bahkan bisa langsung kendor, lepas dan kepala stabilizer bisa patah.


Kekurangan lainnya jika rantai motor tidak cocok dengan motor Anda yaitu rantai bisa aus dan terbakar. Selain itu laher motor juga bisa jebol.

BACA JUGA :

Perbedaan Blok RX King Y1 dan Y4 Bagi Penggemar Motor


Kekurangan dan kelebihan menggunakan stabilizer rantai motor tergantung pada jenis kendaraan Anda. Sehingga Anda perlu mengecek kecocokan rantai motor Anda dengan stabilizer tersebut sebelum memasang. Hal ini dikarenakan stabilizer rantai motor memiliki beberapa merek yang bagus dan kurang bagus.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita