Download our available apps

Fungsi dan Cara Menentukan Diameter Venturi Karbu Motor

Pewarta - Prana Hikmat
Fungsi dan Cara Menentukan Diameter Venturi Karbu Motor
Gambar Motor

BLOG OSCAS - Venturi merupakan sebuah komponen yang ada pada motor berbentuk lubang pada karburator. Umumnya venturi karburator ini digunakan sebagai lubang keluar masuknya udara dan meningkatkan kevakuman udara. Lalu, bagaimana cara menentukan diameter venturi karbu motor?


Komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting agar BBM, yang ada di dalam karbu dapat terhisap masuk ke ruang bakar. Karena memiliki fungsi yang berpengaruh untuk menunjang kenyamanan saat berkendara, maka Anda harus tahu informasi lengkap terkait fungsi dari venturi karburator ini.


Nah untuk membantu Anda mendapatkan jawaban tentang fungsi diameter venturi hingga cara mengetahui ukuran karburator, yuk simak informasi yang akan kami bahas di bawah ini. Let’s check this out!


Fungsi Diameter Venturi Karbu Motor


Secara umum, venturi karburator berfungsi untuk meningkatkan kevakuman udara yang disebabkan karena adanya perbedaan diameter lubang karbu. Hal ini akan membuat bahan bakar yang ada di dalam mangkuk karbu dapat terhisap ke ruang pembakaran. Proses ini akan melalui lubang spuyer karburator yang biasa disebut dengan main jet dan pilot jet.


Cara kerja venturi karburator ini dimulai dari fluida yang bergerak dari tekanan tinggi ke rendah yang disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan di dalam mangkuk karburator yang lebih besar dibandingkan venturi. Hal ini akan membuat bensin lebih mudah naik menuju karburator dari mangkok.


Tidak hanya itu, ternyata venturi karburator juga memiliki 3 jenis. Adapun ketiga tipe venturi karburator tersebut adalah sebagai berikut.


1. Venturi Karburator Tetap


Jenis venturi karburator yang satu ini memiliki diameter yang tidak berubah alias tetap. Ciri dari jenis ini yaitu menggunakan diameter venturi tertentu dan besar kecil kevakumannya akan dihasilkan oleh udara yang mengalir disesuaikan dengan kecepatan alirannya.


2. Venturi Karburator Variabel


Berbeda dari venturi karburator tetap, jenis venturi yang satu ini merupakan tipe venturi yang dikontrol sesuai dengan banyak udara yang dihisap oleh intake manipol. Dan juga diameter venturi karburator variable ini dapat berubah-ubah.


3. Venturi Karburator Air Valve


Banyak pengguna yang kadang tidak bisa membedakan jenis venturi karburator air valve dengan venturi karburator variable karena cara kerjanya yang sama, padahal keduanya memiliki struktur yang berbeda. Diameter venturi karburator jenis ini dapat berubah-ubah tetapi terbukanya katup udara dikontrol oleh besar kecilnya udara yang masuk.


Nah setelah mengetahui serba serbi terkait pengertian hingga cara kerja venturi karburator, apakah Anda sudah paham? Jika sudah, mari beralih informasi ke cara menentukan diameter venturi karbu motor seperti yang akan kami bahas di bawah ini.


Cara Menentukan Diameter Venturi Karbu Motor Lengkap


Seperti yang kita ketahui bahwa ukuran venturi karbu tiger untuk setiap jenis dan merek motor itu berbeda-beda. Sehingga Anda harus tahu table diameter venturi karburator untuk masing-masing jenis motor. Meskipun demikian, Anda tetap bisa menghitungnya secara manual menggunakan rumus.

Adapun dibawah ini adalah rumus yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jumlah diameter venturi karburator yang dimiliki.

Rumus:

D = K x (C x N)

Keterangan:

  • D adalah diameter venturi dengan satuan mm
  • C menyatakan volume silinder dalam satuan liter
  • N melambangkan putaran maksimum dengan satuan rpm
  • dan K menunjukkan ketepatan nilai 0,65 mm hingga 0, 9 mm


Dengan mengetahui bagaimana cara menentukan diameter venturi karbu motor seperti yang sudah kami bahas di atas, semoga dapat membantu Anda agar lebih paham tentang ukuran yang tepat jika hendak mengganti venturi karburator motor Anda.

Pasalnya jika menggunakan ukuran venturi karburator yang tidak sesuai standar, hal ini akan membuat mesin motor cepat panas bahkan bisa membuat karburator banjir. Namun selain menggunakan rumus di atas, Anda juga bisa menemukan table khusus terkait ukuran diameter venturi karburator sesuai dengan merek motor yang digunakan.

BACA JUGA :

Simak Kekurangan Dan Kelebihan Menggunakan Stabilizer Rantai Motor Sebelum Memasang


Memahami cara menentukan diameter venturi karbu motor merupakan keharusan bagi semua pengguna kendaraan roda dua. Nah setelah mengetahui informasi lengkap yang sudah kami bahas di atas, yuk segera praktikan pada kendaraan motor yang Anda miliki untuk mengetahui ukuran venturi karburatornya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita